+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id


bbppl-singkong1Hampir di seluruh wilayah di Indonesia tumbuh subur tanaman serelia dan umbi-umbian. Produksi serelia terutama beras sebagai bahan pangan pokok dan umbi-umbian cukup tinggi. Begitu pula dengan bertambahnya penduduk, kebutuhan akan serelia dan umbi-umbian sebagai sumber energipun terus meningkat. Tanaman dengan kadar karbohidrat tinggi seperti halnya serelia dan umbi-umbian pada umumnya tahan terhadap suhu tinggi. Serelia dan umbi-umbian sering dihidangkan dalam bentuk segar, rebusan dan kukusan, hal ini tergantung dari selera. Sebagai makanan manusia singkong mempunyai beberapa kekurangan diantaranya kadar protein dan vitamin yang rendah serta nilai gizi yang tidak seimbang. Disamping itu beberapa jenis singkong mengandung racun HCN yang terasa pahit. Sehingga dikenal ada singkong manis dan pahit.

 

Dalam upaya mengurangi kekurangan pada singkong tersebut perlu diupayakan teknologi dalam menangani singkong dan upaya penganekaragaman pangan sangat penting artinya sebagai usaha untuk mengatasi masalah tersebut. Misalnya dengan mengolah serealia dan umbi-umbian menjadi berbagai bentuk awetan yang mempunyai rasa khas dan tahan lama disimpan. Bentuk olahan tersebut berupa tepung, gaplek, tapai, keripik dan lainnya. Hal ini sesuai dengan program pemerintah khususnya dalam mengatasi masalah kebutuhan bahan pangan, terutama non-beras.

 

bbppl-singkong2Keripik singkong hampir semua orang mengenal penganan yang ini. Selain harganya yang terjangkau keripik singkong salah satu penganan yang banyak dicari orang disaat berkumpul bersama. Kalau soal rasa rasa, tidak usah diragukan lagi, sekali coba pasti ketagihan. Dalam proses pembuatannya keripik singkong sangat sederhana hanya dikupas, dipotong-potong, diberi tepung berbumbu rempah-rempah, yang kemudian digoreng hingga renyah dan garing, tanpa bahan pengawet kemudian proses terakhir adalah pengemasan, pelabelan dan penyimpanan. Dengan cara seperti itu ternyata hasilnya kadang-kadang tidak renyah atau bantat, banyak serat, banyak minyak atau bentuknya tidak menarik seperti lengket sehingga kadang-kadang menimbulkan kegagalan-kegagalan dalam membuat keripik. Keadaan demikian akan menghambat proses pemasaran karena masyarakat cenderung mencari keripik singkong yang renyah, untuk menghindari kegagalan tersebut ada beberapa hal perlu diperhatikan dalam membuat keripik singkong yaitu :

 

    Pilih varietas singkong yang baik untuk membuat keripik singkong. Diantara varietas singkong yang baik untuk membuat keripik adalah singkong mangu yang berukuran kecil dengan hasil panen 75-100 ton/ha dan berdiameter batang 4 – 5 cm, sedangkan singkong varietas gajah memiliki umbi yang sangat besar dengan diameter batang 8 cm (bisa mencapai ukuran paha manusia dewasa) dengan hasil panen 150 -200 kg. Kedua singkong tersebut merupakan jenis singkong konsumsi karena memiliki rasa yang enak dan bisa diolah menjadi aneka macam makanan seperti brownies, keripik singkong, getuk, gaplek, opak, gorengan combro/misro, tape, singkong goreng, singkong bakar, singkong rebus dan aneka kue dan masakan lainnya. Olahan terbaru adalah kerupuk dari kulit singkong dan membuat tepung mocaf.

         Untuk memperoleh irisan singkong yang merata maka gunakan alat pemotong yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

       Gunakan selalu minyak goreng yang baru untuk menggoreng keripik agar rasanya sesuai dengan bahan yang digunakan dan keripik bersih, tidak tercemar makanan yang digoreng sebelumnnya.

        Supaya keripik matang merata, goreng keripik dalam minyak panas dan banyak, serta jangan memasukkan adonan terlalu banyak kedalam gorengan.

         Untuk menghindari keripik singkong lengket 1 (satu) dengan yang lainnya, masukkan satu per satu saat minyak benar-benar sudah panas.

        Agar tidak banyak minyak pada keripik singkong, setelah ditiriskan letakkan diatas loyang atau baki beralaskan kertas merang atau tisu agar minyak terserap. Dapat juga menggunakan alat pengering minyak atau spinner sehingga kadar minyak dapat dikurangi pada keripik singkong.

      Untuk menghindari rasa kebosanan terhadap keripik singkong atau untuk memperkaya rasa, produk bahan keripik dengan bumbu-bumbu seperti bubuk BBQ, rasa bumbu thailand, rasa keju dan lain-lain.

      Supaya keripik renyah dan tahan lama masukkan keripik dalam wadah kedap udara dan masukkan dalam keadaan dingin. Pastikan ada toples ditutup atau makanan yang didalamnnya benar-benar dingin dan tidak menimbulkan uap atau embun yang bisa menyebabkan jamur. Kalau mengemas keripik singkong dengan menggunakan plastik, pastikan ketebalan plastik cukup kokoh dan saat di sealer plastik benar-benar rapat.

 

Teknologi pembuatan keripik singkong sebetulnya sangat sederhana akan tetapi beberapa pertimbangan hal tersebut diatas harus menjadi acuan sehingga keripik singkong yang renyah dan enak rasanya dapat kita peroleh. Selamat Mencoba.

source:http://www.bbpp-lembang.info/index.php/arsip/artikel/artikel-pertanian/717-kiat-membuat-keripik-singkong-yang-renyah


Artikel Kiat Membuat Keripik Singkong yang Renyah dikutip dari BPPP Lembang untuk informasi bidadaya dan referensi petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook