+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id


kebay2LATAR BELAKANG

Bayam merupakan bahan sayuran daun yang bergizi dan digemari oleh semua lapisan masyarakat.  Daun bayam dapat dibuat berbagai jenis sayur mayur, misalnya disayur bening, dibuat gado-gado juga dibuat makanan ringan. Untuk menambah keragaman produk olahan dari bayam adalah membuat keripik bayam.

PENGENALAN  DAUN  BAYAM

Nama ilmiah daun bayam  adalah Amaranthus spp, adalah salah satu jenis sayuran daun dari famili adalah salah satu jenis sayuran daun dari famili Amaranthaceae yang digemari oleh seluruh lapisan masyarakat, karena rasanya enak, lunak. Bayam banyak dipromosikan sebagai sayuran daun sumber gizi bagi penduduk di negara berkembang.  Saat ini bayam sudah tersebar luas di daerah tropis dan daerah beriklim sedang.  Di negara subtropis seperti Belanda, sayuran sejenis bayam yaitu Spinach diproduksi dalam skala komersial, antara lain dengan diciptakan varietas-varietas Spinach hibrida. Di Indonesia sendiri, tanaman bayam tersebar di seluruh wilayah nusantara.

Di beberapa negara berkembang bayam dipromosikan sebagai sumber protein nabati, karena sayuran ini dapat berfungsi ganda bagi pemenuhan kebutuhan gizi maupun pelayanan kesehatan masyarakat.

EFEK  FARMAKOLOGI

Bayam berkhasiat sangat baik bagi sistem pencernaan karena adanya kandungan serat tinggi, disamping itu juga dapat menurunkan resiko terserang kanker,  mengurangi kolesterol, mencegah diabetes, menyembuhkan alergi, eksim, sakit punggung, rasa kejang jantung, mencegah kurang darah, memelihara kesehatan kulit, menjaga kesehatan usus, mengurangi pendarahan waktu haid, disentri.

Bagian daun bayam terutama daun tua mampu menguatkan hati, selain itu daun bayam juga digunakan untuk tambah darah dan perawatan rambut.  Akar bayam banyak digunakan untuk demam, rematik da juga tambah darah.  Bayam merah mampu mengobati kadar haemoglobin yang rendah (Hb darah rendah) dan untuk yang yang sering mengalami pendarahan serta mampu mengobati tekanan darah rendah (Hipertensi), sedangkan akar bayam merah digunakan untuk demam, radang rahim dan rematik.

LEZATNYA KERIPIK BAYAM PEDAS

 Keripik adalah adalah sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian atau buah-buahan yang mengandung pati, yang tergolong jenis makanan yang bersifat kering (crispy) dan kandungan lemaknya tinggi. Renyah keras tapi mudah patah, sifat tersebut akan hilang apabila produk tersebut menyerap air.  Keripik sangat disukai karena rasanya enak, renyah, dan tahan lama. Praktis dan mudah dibawa serta dapat dinikmati kapan saja,

Keripik yang  terbuat dari daun bayam dengan penambahan tepung sebagai media untuk memudahkan dalam mengikat bahan lain (bumbu) dan mendistribusikannya secara merata, sehingga diperoleh cita rasa keripik bayam yang khas. Keripik bayam disamping rasanya yang lezat dapat disantap dalam berbagai kesempatan, juga bahan bakunya terbilang murah. Ditambahkannya rasa pedas pada keripik bayam dapat melengkapi selera masyarakat saat ini. 

 

CARA MEMBUAT  KERIPIK  BAYAM

Bahan  yang dibutuhkan adalah: Daun bayam yang besar –besar  secukupnya; Tepung sagu 40 gram; Tepung beras 60 gram;  Ketumbar  1 sendok teh ;  Garam secukupnya; Telur 1 butir ; Mentega 1 sendok;  Bawang putih  4 siung ; 2 cabai merah atau sesuai selera pedasnya  Minyak goreng 1 liter.

Adapun peralatan yang digunakan dalam pembuatan keripik bayam, harus dalam keadaan bersih.  Alat yang diperlukan yaitu Baskom;  Pengaduk kayu; Wajan; Kompor; Sealer ;   Spinner;  ;  Alat Peniris ; nampan dan kertas Pisau ; Cobek dan ulekan.

kebay1 

Langkah Pembuatan :

  • Pilih daun bayam yang besar dan  tidak busuk.
  • Cuci daun dari kotoran, kemudian tiriskan
  • Haluskan bawang putih dan cabai merah, kemudian masukkan  ketumbar dan diulek jangan terlalu halus.
  • Kocok telur dan masukkan semua bumbu halus, tambahkan garam kemudian  aduk hingga rata.
  • Setelah itu  masukkan bumbu tersebut dan mentega  ke dalam tepung, aduk rata, dan tambahkan  sedikit air hingga menjadi adonan  tapi jangan terlalu encer.
    • Celupkan daun bayam  ke dalam adonan hingga tertutup rata oleh adonan.
    • Goreng daun bayam ke dalam minyak  goreng panas.  Daun bayam  harus terendam dalam minyak dan selalu di bolak-balik supaya matang merata.  Gunakan api kecil untuk menggoreng, supaya tidak gosong .
    • Angkat daun bayam yang sudah berubah warna menjadi kecoklatan, dan tiriskan di atas kertas.
    • §Kurangi kandungan minyak pada keripik bayam dengan menggunakan spinner.
    • §Kemas keripik bayam  dalam kemasan plastik yang memiliki ketebalan sekitar   0,8 – 0,10 mm.

SELAMAT MENCOBA…….

DAFTAR PUSTAKA

  1. 1.Budidaya Sayuran Daun,Direktorat Tanaman Sayuran, Hias, dan Aneka Tanaman, Dirjen Bina Produksi Hortikultura Deptan.
  1. 2.Ir. Rahmat Rukmana, 1995, Penerbit Kanisius

source:http://www.bbpp-lembang.info/index.php/arsip/artikel/artikel-pertanian/616-lezatnya-keripik-bayam-pedas


Artikel LEZATNYA KERIPIK BAYAM PEDAS dikutip dari BPPP Lembang untuk informasi bidadaya dan referensi petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook