+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id


bbppl saus manggaMangga (Mangifera indica L.) merupakan komoditas hortikultura yang banyak dikembangkan karena mempunyai peluang ditinjau dari aspek pasar, nilai ekonomi, areal pengembangan dan dukungan ketersediaan teknologi maupun kandungan gizinya. Selain itu buah mangga juga banyak digemari konsumen karena dapat dikonsumsi segar maupun dalam bentuk olahan.  Penanganan pascapanen dan pengolahan hasil produksi buah mangga memegang peranan penting dalam agibisnis dan agoindustri, karena selain dapat menekan kerusakan dan kerugian hasil juga dapat digunakan untuk meningkatkan nilai tambah (added value). Pada musim panen raya produksi mangga melimpah, harga buah rendah, banyak terbuang karena sifatnya yang mudah rusak/busuk dan dalam kondisi iklim yang kurang mendukung, buah muda ataupun yang belum siap dipanen banyak yang rontok, sehingga petani mengalami kerugian.

Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu alternatif pemecahannya adalah dengan mengintroduksikan teknologi pengolahan buah mangga sebagai usaha diversifikasi produk olahan. Dengan diterapkannnya teknologi pengolahan, mangga bermutu rendah dalam hal ini buah yang rontok/afkiran/sortiran maupun buah muda hasil penjarangan dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku olahan.

Mangga muda dapat dibuat asinan, mangga mengkal dibuat manisan dan mangga masak dapat dibuat dodol, sirup, dan lain-lain. Dengan penerapan teknologi pengolahan buah mangga, akan diperoleh bentuk produk yang lebih menarik, daya simpan lebih sehingga nilai jualnya menjadi lebih tinggi dan selanjutnya akan diperoleh keuntungan dari hasil olahan tersebut.

Mangga (Mangifera indica L.) adalah buah tropis dan sub tropis yang terkenal di seluruh dunia karena rasanya enak dan segar. Di Indonesia, banyak jenis (varietas) mangga yang memiliki keunggulan untuk dibuat produk olahan. Dengan mengetahui sifat dan manfaat jenis-jenis mangga, kita dapat mengolahnya bernilai tambah dan bisa menambah penghasilan keluarga.  
 

PENGENALAN  BUAH MANGGA

Mangga merupakan tanaman buah tahunan berupa pohon yang berasal dari negara India. Daerah penyebaran tanaman mangga paling luas di dunia adalah Asiabuah mangga Tenggara, yakni mencakup Thailand, Malaysia, Filipina dan Indonesia. Di Indonesia di kenal 3 jenis (golongan) mangga, yaitu terdiri dari:

  1. Bacang atau kweni atau bembem (Mangifera.foetida Lour). Jenis mangga ini buahnya banyak berserat, rasanya masam dan buah muda tidak enak makan;
  2. Kemang (Mangifera caesia Jack ), Jenis mangga ini buahnya berbentu bulat panjang, kulit buah berwarna kuning, keabu-abuan sampai kecoklat-coklatan dan rasanya amat masam
  3. Mangga (Mangifera indica L),

Jenis mangga ini paling banyak dibudidayakan, karena memiliki banyak varietas atau kultivar.  Pada umumnya buah mangga ini mempunyai kelebihan dari bacang dan kemang, yaitu rasanya manis atau sedikit asam menyegarkan dan tidak banyak berserat. Jenis yang banyak ditanam di Indonesia Mangifera indica L. yaitu mangga arumanis, golek, gedong, manalagi dan cengkir dan Mangifera foetida yaitu kemang dan kweni.

EFEK  FARMAKOLOGI

Para ahli meyakini mangga adalah sumber karotenoid yang disebut beta crytoxanthin, yaitu bahan penumpas kanker yang baik. Mangga juga kaya vitamin antioksidan seperti vitamin C dan E. Satu buah mangga mengandung tujuh gram serat yang dapat membantu sistem pencernaan. Sebagian besar serat larut dalam air dan dapat menjaga kolesterol agar tetap normal.

Mangga memiliki sifat kimia dan efek farmakologis tertentu, yaitu bersifat pengelat (astringent), peluruh urine, penyegar, penambah napsu makan, pencahar ringan, peluruh dahak dan antioksidan. Kandungan asam galat pada mangga sangat baik untuk saluran pencernaan. Sedangkan kandungan riboflavinnya sangat baik untuk kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan.

CARA MAMBUAT  SAUS MANGGA

Saos mangga merupakan produk berbentuk pasta dengan aroma khas mangga. Warnanya kuning merah, akibat dari campuran mangga dengan cabai merah.

Bahan  yang dibutuhkan adalah: Daging mangga 250 gr; Gula  50 gr; Garam 10 gr; Cabai merah  5 gr; Jahe  10 gr;  Merica : 10 gr ; Bawang Putih : 10 gr

Bumbu-bumbu : kayu manis 1 batang/5 gr, pala 5 gr,  cengkeh 10 bunga cengkih/5 gr;

Adapun Peralatan yang digunakan dalam pembuatan saus mangga harus dalam keadaan bersih.  Alat yang diperlukan yaitu wajan, panci, pengaduk kayu, pisau, talenan, baskom plastik, blender, kompor;  Timbangan, Botol untuk kemasan

Langkah Pembuatan :

  • Buah harus diseleksi, warna buah hijau,segar dan diperkirakan daging buah sudah kuning (matang pohon).
  • Cuci dan kupas buah menggunakan pisau.
  • Buah dipotong dengan bentuk irisan.
  • Masak buah dengan sedikit air selama 3 mnit  untuk melunakkan.. setelah itu diblender  menjadi bubur mangga dengan menambahkan 100 ml air matang..
  • Buat ekstrak rempah-rempah dengan cara melarutkan lada, cengkeh, bawang putih, dan kayu manis dengan 250 ml (setengah gelas) air dan didihkan selama 5 menit. Saring ekstrak bumbu dan ambil sarinya
  • Cabai merah dimasukkan kedalam air mendidih selama 3 menit, kemudian dihaluskan campurkan  dengan ekstrak sari  bumbu dan panaskan selama 3 menit
  • Tambahkan gula dan garam dan ekstrak rempah-rempah kedalam bubur mangga

            dan masak sampai  kental,  Tambahkan cuka (bila diperlukan)

  • Tuangkan produk kedalam botol steril dan ditutup.
  • Beri label sebelum disimpan.

SELAMAT MENCOBA…….

 

DAFTAR PUSTAKA

  • TEKNOLOGI PENGOLAHAN BUAH MANGGA
    Sri Catur B, Dwi Nugaheni danTri Reni Prastuti
    (http://jateng.litbang.deptan.go.id/ind/images/Publikasi/RekomendasiTeknologi/r8.pdf
  • Mengolah Mangga untuk Menambah Penghasilan Keluarga
    (http://www.binadesa.or.id/index.php?option=com_content&;task=view&id=98&Itemid=215
  • http://www.warintek.ristek.go.id/pertanian/mangga.pdf
  • Manfaat Buah Mangga
    http://massaidi.blogspot.com/2011/01/manfaat-buah-mangga.html
  • Rahmat Rukmana, 2002.  Mangga, Budidaya dan Pascapanen.  Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

source:http://www.bbpp-lembang.info/index.php/arsip/artikel/artikel-pertanian/602-segarnya-saus-mangga


Artikel Segarnya Saus Mangga dikutip dari BPPP Lembang untuk informasi bidadaya dan referensi petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook