+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id


bbppl-zukiniZukini (dari Bahasa Inggris  zucchini). Tanaman ini di Eropa dikenal dengan nama squash dan di Perancis sayuran ini lebih populer sebagai courgette (dibaca “kurzet”). Sayuran ini merupakan salah satu famili Cucurbitaceae dengan nama spesies Cucurbita pepo L.

Tanaman  zukini pada awalnya dibudidayakan di wilayah Selatan Meksiko hingga Barat Daya Amerika Serikat sekitar 8.000 SM. Kemudian dikembangkan di negara-negara beriklim subtropis. Sayuran ini relatif baru dikenal di Indonesia  pada paruh kedua abad ke-20, dan mulai masuk ke sentra-sentra pertanian dataran tinggi di Indonesia.

Bentuk buah zukini  menyerupai mentimun, meskipun ada pula yang berbentuk bulat atau seperti botol, tergantung kultivarnya. Warna luar buahnya bisa kuning serta hijau tua atau muda. Salah satu jenis tanaman zukini dapat dilihat pada Gambar 1.

Menurut Mas Yamaguchi (1999) klasifikasi tanaman zukini dalam sistematika tumbuh-tumbuhan sebagai berikut:

Kingdom         : Plantae    

Divisi               : Spermatophyta

Subdivisi         : Angiospermae

Kelas               : Monocotyledonae

Ordo                : Cucurbitales

Famili              : Cucurbitaceae

Genus              : Cucurbita

Spesies            : Cucurbita pepo L

Varietas yang telah beredar di Indonesia dan telah banyak ditanam petani daerah tropis diantaranya, Tendeer Finger, Jemmy, Green Champ, Hungnong Zucchini, Bulam House, Golden Zucchini, Rondo dan Black Jack F1 semuanya produk Taiwan dan Korea. Sedangkan produk dari Amerika Serikat di antaranya, Ambassador,Aristocrat, Embassy Commander dan Chefini. Semua varietas tersebut, umumnya memiliki usia panen hampir sama, hanya bentuk dan panjang buah yang berbeda.

Data Botani dan Morfologi Tanaman Zukini

Zukini termasuk tanaman monokotil dan berakar serabut. Tanaman zukini memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah dalam satu individu. Bunganya kecil berwarna kuning, bunga jantan muncul lebih dulu daripada bunga betina. Bunga tanaman ini memiliki 5 kelopak, pada bagian pangkalnya terdapat gelembung yang merupakan bakal biji.

 Zukini memiliki tangkai buah yang besarnya hampir sama dengan pangkal buahnya. Panjang buah zukini antara 15 cm sampai 30 cm dengan diameter 4 cm sampai 10 cm. Bobotnya berkisar antara 200 g sampai dengan 500 g per tanaman.

Buah muncul pada setiap ketiak daun dan  tumbuh di sekeliling pohon. Pohonnya tidak merambat dan berbuah lebat, panjang hanya 70 cm. Warna buahnya beragam ada yang hijau muda, hijau tua dengan kulit mengkilap, ada yang hijau bintik-bintik putih seperti mentimun. Warna buah yang banyak diminati di pasaran adalah warna kuning cerah mengkilap, sehingga harganya lebih unggul.

Tanaman  ini memiliki biji agak bulat dan pipih mirip dengan biji labu besar, bijinya oleh produsen benih dijadikan sebagai bahan perbanyakan secara generatif.

 Umumnya buah labu impor ini dipanen pada saat masih muda, sedangkan bila dipanen terlalu tua kurang banyak diminati karena dagingnya keras dan banyak serat. Daging zukini sangat tebal, dengan warna putih bersih dan banyak mengandung air.

Tanaman zukini merupakan tanaman  semusim yang lunak serta berbulu. Daun tanaman merupakan daun tunggal, memiliki pertulangan daun majemuk menjari. Daunnya menyebar di sepanjang batang, bentuknya menyerupai jantung dan bertangkai.

Bentuk buah zukini cukup bervariasi, contohnya zukini yang terdapat di Jepang berbentuk mirip labu air atau labu botol, memiliki 2 bulatan dibagian bawah dan atas. Labu botol memiliki bulatan diatas berbentuk hampir bulat penuh, sedangkan pada labu kuning bulatan bagian atas berbentuk lebih lonjong. Bulatan bagian atas kecil, sedangkan bagian bawah lebih besar.

Buah yang masih muda biasa dipakai sebagai sayur, sedangkan buah yang tua berkulit keras. Oleh ahli botani, buah tersebut digolongkan sebagai buah buni yang keras. Buah yang masih muda berwarna hijau dan memiliki bulu-bulu yang halus, yang tua berwarna kuning kecoklatan.

            Bentuk lain buah zukini menyerupai buah alpukat tetapi lebih besar. Ada yang berkulit halus, berlekuk-lekuk seperti pare, atau bergaris-garis ke bawah seperti semangka. Zukini di California, Amerika, berbentuk seperti pisang yang panjang. Daging buahnya mengandung banyak air seperti buah melon, kulit buahnya berbulu halus. Buah yang masih muda berwarna hijau, sedangkan yang tua berwarna kuning.

Zukini umumnya memiliki banyak biji yang berbentuk pipih, bundar telur, sampai bundar memanjang. Bagian ujung membulat, sedangkan bagian pangkal meruncing. Permukaan biji buram, licin.

Tanaman zukini dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik pada daerah yang memiliki suhu minimal 180 C sampai 240C, dengan kelembaban udara antara 60 % sampai 90 %. Tanaman ini, cocok ditanam pada lahan terbuka maupun green house.
Tanaman ini umumnya tumbuh subur di Indonesia, pada dataran menengah dan tinggi atau mulai dari ketinggian 600 meter sampai 1.200 meter di atas permukaan laut .

Sentra pertanian dataran tinggi, sangat potensial untuk pembudidayaan zukini secara agribisnis. Daerah yang cocok, untuk penanaman sayuran jenis ini di antaranya Lembang, Ciwidey Kabupaten Bandung, Cipanas, Pacet Cianjur, Cikajang, Samarang Garut, dan dataran tinggi lainnya.

Tanaman zukini dapat tumbuh dengan baik di daerah yang  memiliki jenis tanah andosol, dengan kondisi tanah gembur, kaya unsur hara, memiliki pH normal antara 5,5 – 6,8 serta aerasi dan drainasenya baik.

Varietas zukini cukup banyak dan umumnya produsen bibit masih dikuasai perusahaan-perusahaan besar seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea, Taiwan dan sebagainya, sedangkan kebutuhan benih zukini di Indonesia saat ini masih diimpor dari luar

Tabel 1. Komposisi dan Kandungan Nutrisi Zukini per 100 gram.

Zat Gizi

Satuan

Kalori (Energi)

27,00 kal

 

Karbohidrat

1,20 g

 

Protein

1,00 g

 

Lemak

0,10 g

 

Hidrat Arang

0,80 g

 

Kalsium (Ca)

22 Mg

 

Posfor (P)

44,00 Mg

 

Kalium (K)

360 Mg

 

Natrium (Na)

1 Mg

 

Magnesium (Mg)

10 Mg

 

Besi (Fe)

0,8 Mg

 

Vitamin A

1600 SI

 

Vitamin B1

0,16 mg

 

Vitamin B2

0,25 mg

 

Vitamin C

9 mg

 

Niacin

0,6 mg

 

Air

91,4%

 

 

*Dari Berbagai Sumber

 

source:http://www.bbpp-lembang.info/index.php/arsip/artikel/artikel-pertanian/823-zukini-cucurbita-pepo-l


Artikel Zukini ( Cucurbita pepo L ) dikutip dari BPPP Lembang untuk informasi bidadaya dan referensi petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook