+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 10 Cara Menanam dan Merawat Bunga Sedap Malam Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

10 Cara Menanam dan Merawat Bunga Sedap Malam

Bunga harum sundal malam atau disebut juga bunga sedap malam memiliki nama latin Polianthes tuberosa , tanaman ini termasuk tanaman annual atau tanaman berumur panjang yang berkerabat dengan  agaves , selain memiliki bunga yang indah, ekstrak bunganyanya digunakan sebagai bahan utama dalam industri parfum.

Nama spesies tuberosa berasal dari bahasa Latin , yang berarti bengkak atau umbi yang mengacu pada sistem akarnya. Di India tuberose atau sedap malam dikenal dengan sebutan Nishigandha.

Bunga harum sundal malam adalah tanaman natif yang berasal dari Meksiko , seperti halnya spesies Polianthes lainnya . Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 45 cm dan menghasilkan kelompok bunga putih nan wangi yang mekar dari bawah ke arah puncak tumbuhan. Daunnya yang panjang dengan warna hijau cerah berkerumun di dasar tanaman menempel di sepanjang tangkai.

Bunga harum sundal malam atau Polianthes tuberosa ditemukan oleh penjelajah di Meksiko pada awal tahun 1500an dan merupakan salah satu bunga yang dintroduksi ke Eropa, di mana ia mendapatkan popularitas di Spanyol dan termasuk bunga mekar yang umum ditemukan di Amerika Serikat. Tanaman ini tumbuh di daerah teluk Texas dan Florida dan dibudidayakan untuk kepentingan komersial di San Antonio.

Meskipun sudah dipotong, bunga ini dapat tetap segar 5-10 hari setelah dipotong. Bunga harum sundal malam akan berbunga pada umur 4 – 5 bulan setelah tanam. Selain itu bunga harum sundal malam yang merupakan flora lambang Identitas provinsi Jawa Timur ini juga memiliki beragam khasiat medis yang ampuh untuk mengobati beragam macam penyakit seperti :

  • Bisul dan Bengkak
  • Katarak
  • Rematik
  • Radang Tenggorokan
  • Influenza
  • Penambah Stamina
  • Campuran Parfum
  • Aroma terapi untuk menenangkan hati
  • Syarat Tumbuh Bunga Harum Sundal Malam

    Bunga harum sundal malam dapat mengalami pertumbuhan yang baik dan menghasilkan bunga yang cantik apabila ditanam di dataran rendah dengan ketinggian antara 600 – 1.500 meter dari atas permukaan laut. Penanaman di dataran sedang akan menghasilkan bunga dengan tangkai panjang yang lunglai. selain itu Anda juga bisa melihat cara menanam hydrangea.

    Hal yang perlu diperhatikan dalam menanam bunga harum sundal malam adalah penggunanan tanah yang subur, gembur, mengandung banyak bahan organik (humus), memiliki aerasi dan porositas yang baik serta berada pada rentang derajat kemasaman tanahnya (pH) antara 5,0 – 5,7 mendekati netral.

    Langkah-langkah menanam bunga harum sundal malam:

    Berikut ini adalah cara menanam dan merawat bunga sedap malam:

    1. Gemburkan tanah pada kondisi kering dengan cara dicangkul atau dibalik menggunakan garpu taman hingga terlihat bongkahan tanah yang menjadi gembur tanpa ada gulma sebelum musim hujan, pembalikan tanah berfungsi untuk mematikan gulma dan penyakit yang tersisa di tanah. Diamkan tanah yang dibalik di bawah terik matahari selama tiga hari.
    2. Apabila tanah masih banyak gulma maka perlu dilakukan pembabatan, cabut hingga terbebas dari gulma kemudian dicangkul dan diberi pupuk organik.
    3. Buat bedengan dengan lebar 100 cm, tinggi 20 – 30 cm dan panjang yang disesuaikan dengan kondisi lahan.
    4. Diantara bedengan tersebut buat saluran air atau kanal dengan lebar 30-40 cm dan kedalaman 40 cm.
    5. Beri dolomit sesuai dosis yang tertera di kemasan apabila pH tanah terlalu asam.
    6. Setelah lahan siap tanam bunga harum sundal malam pada lubang sedalam 30 cm.
    7. Pilih bibit bunga yang memiliki kambium yang utuh, sehat, segar, dan tidak keropos agar dapat menghasilkan bunga yang sehat.
    8. kemudian tutup dengan kompos dan jangan terlalu ditekan agar tetap gembur.
    9. Beri gundukan tanah setebal berkisar ± 7,5 cm untuk menstabilkan suhu, mempercepat larutnya pupuk dengan air tanah dan merangsang pertumbuhan umbi. kemudian lakukan penyiram untuk menjaga kelembaban.
    10. Bunga bisa dipanen sekitar 4 – 5 bulan setelah penanaman.

    Apabila anda tidak memiliki lahan yang luas, anda masih bisa menanam bunga harum sundal malam di pot atau polybag atau menanam hewan seperti cara budidaya hamster campbel. Keuntungan yang anda peroleh ketika menanam bunga harum sundal malam di pot selain hemat tempat juga mudah dalam memindahkannya.

    Namun anda harus tetap harus merawatnya lebih insentif terutama dalam menyiraminya karena akar tidak bisa mencari nutrisi dan air di dalam pot atau polybag. Berikut ini cara menanam bunga harum sundal malam di dalam pot atau polybag :

    1. Persiapan Media Tanam

    penggunaan pot atau polybag menyebabkan akar tidak leluasa mencari sendiri nutrisi dan air sehinga media tanam yang harus disiapkan wajib memiliki sifat-sifat seperti:

  • dapat mempertahankan kelembaban
  • Memiliki nutrisi yang cukup
  • Memiliki porositas yang tinggi
  • Memiliki pH yang netral
  • sehingga media tanam yang sesuai sebagai isian polybag atau pot sebaiknya terdiri dari beberapa bahan alami. Media tanam yang baik adalah perpaduan tanah, arang sekam, dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1.

    Setelah anda mencampur ketiga bahan media tanam tersebu dengan rata, kemmudian  masukkan media tanam tersebut ke dalam pot atau polybag. Pastikan bahwa sebelumnya Anda menggunakan pot atau polybag yang memiliki lubang-lubang kecil (drainase) untuk mengeluarkan air yang berlebih pada bagian bawahnya. Sehingga dapat meminimalisir risiko akar tanaman busuk akibat kelembaban yang tinggi oleh kurangnya lubang drainase air di bawah media pertumbuhan. apabila anda ingin menanam yang tidak biasa, anda juga bisa melihat cara menanam rumput laut di air tawar.

    2. Proses Penanaman Bunga Sedap Malam

    Setelah anda selesai meongisi pot atau polybag anda dengan media tanam maka kegiatan selanjutnya adalah penanaman. Proses menanam bunga harum sundal malam cukup mudah:

  • Buatlah lubang dengan kedalaman 5 cm pada media tanam yang sudah anda masukkan ke dalam pot atau polybag.
  • kemudian masukkan umbi bunga harum sundal malam ke dalam lubang tanam, lalu tutup dengan media tanam dan buat gundukan kecil diatasnya.
  • Setelah selesai ditanam, langsung sirami umbi dengan air secukupnya pada tanaman tersebut. Sirami terus secara teratur agar umbi lebih cepat bertunas.
  • Apabila umbi sudah bertunas, Anda hanya perlu melakukan perawatan terutama memperhatikan kelembaban media tanam agar tidak kering dan tidak terlalu basah.

    3. Perawatan Bunga dan Umbi Tuberose

    Saat bunga harum sundal malam mekar, lakukan defoliasi atau menghabiskan dedaunan pada batang bunga harum sundal malam. Pada beberapa daerah di belahan bumi barat perlu menyimpan umbi bunga harum sundal malam untuk ditanam di musim semi karena tidak tahan di suhu dingin 7 derajat dibawah titik beku, namun hal ini tidak berlaku di Indonesia karena sejatinya Bunga harum sundal malam adalah bunga tropis. 

    Tips merawat bunga harum sedap malam

    Berikut ini adalah cara menanam dan merawat bunga sedap malam:

    1. Agar bunga harum sundal malam dapat kontras dengan lingkungan sekitarnya, pilih pot berwarna gelap sehingga dapat memunculkan warna putih bunganya sehingga terlihat mencolok namun tetap indah.
    2. Apabila ditanam di tanah beri tumpukan batu hitam agar dapat mempertegas warna bunga harum sundal malam. Selain dapat memunculkan kesan kontras bunga harum sundal malam, memberikan tumpukan batu hitam dapat melindungi bunga harum sundal malam dari rumput liar atau gangguan gulma lain serta menjaga kelembaban tanah dari penguapan berlebih.
    3. Setelah panen atau sekitar 6 bulan, tanah perlu dipupuk lagi dengan pupuk dasar untuk menjaga tekstur tanah dam memperkaya nutrisi dalam tanah.

    Tanaman ini merupakan anggota genus Manfreda, akan tetapi nama tuberosa tidak mengcu kekerabatan tanaman ini dengan bunga rose atau mawar. Di Indonesia, bunga harum sundal malam juga dapat digunakan dalam memasak. selain bunga ini, anda juga dapat mencoba cara menanam bunga mose rose.

    Untuk membuat parfum dari bunga ini dibutuhkan lebih dari 1200 kilo kuncup untuk menghasilkan 200 gr biang parfum. Hal ini yang menjadikan bunga sedap malam menjadi salah satu bahan baku alami parfum yang paling mahal untuk digunakan.

    Artikel 10 Cara Menanam dan Merawat Bunga Sedap Malam merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook