+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 10 Cara Menanam Flame Moss Paling Mudah Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

10 Cara Menanam Flame Moss Paling Mudah

Tanaman Flame Moss atau yang memiliki nama lain Taxiphyllum sp adalah nama latin dari tanaman ini. Tanaman flame moss ini memiliki bentuk yang sangat unik, dimana berkelompok seperti kobaran api yang memiliki warna hijau gelap.

Pertumbuhan dari batang tanaman flame moss cenderung menjalar dan memutar kearah atas dan pertumbuhan daun juga cendering menuju keatas sehingga tampak seperti nyala api di lilin. Suhu yang di bawah 30 derajat C adalah suhu normal yang di sukai oleh tumbuhan ini.

Karena pada habitat asal, tanaman ini biasanya akan subur dan tumbuh di daerah dingin. Jika dibandingkan dengan cara merawat tanaman hias air, maka flame moss akan lebih cepat di bandingkan dengan jenis riccardia dan fissiden. Biasanya tanman ini, akan menjadi salah satu tanaman utama yang ada di dalam aquascape. Karena perawatan dari tanaman aflame moss terbilang mudah, hingga anda tidak lagi memerlukan karbon dioksida tambahan lagi di dalam aquarium. Agar pertumbuhan flame moss optimal, maka anda harus menjaga agar suhu tetap dingin namun tetap terkena sinar matahari.

Cara Mudah Menanam Flame Moss

Jika anda sedang mencari cara terbaik dalam menanam lumut air atau tanaman flame moss, maka berikut panduan praktis yang kami anjurkan :

1. Pemilihan Ukuran Tank atau Akuarium

Sebenarnya untuk pemilihan jenis dan ukuran tank maupun akuarium tidak menjadi sebuah masalah. Anda bisa mengunakan jenis dan ukuran apa saja. Namun, pemilihan ukuran yang di sarankan adalah 30 cm agar anda nantinya bisa menikmati keindahan dari flame moss tersebut.

2. Pemilihan Air

Tumbuhan flame moss tidak terlalu memilih media dan wadah tempat pertumbuhannya. Tidak jauh berbeda dengan cara menanam hidroponik, jika anda ingin melakukan penanaman flame moss, maka anda memerlukan setidaknya yang bersih dan tidak terkontaminasi berbagai kuman penyebar penyakit agar bisa mudah tumbuh dengan maksimal dan berkembang dengan baik.

3. Tingkat Pencahayaan

Bagian utama dalam menanam tanaman flame moss adalah adanya pengaturan tentang tingkat pencahayaan. Tanaman flame moss ini akan tumbuh dengan baik berdasarkan dari level tingkat pencahayaan yang anda berikan.

Flame moss akan tumbuh lebih subur jika pencahaayaan yang di berikan pas untuk tanaman di dalam akuarium maupun di dalam tank. Seperti misalnya tank yang berukuran 30 cm, maka anda harus menggunakan lampu 11 watt.

Karna flame moss akan berkembang dengan baik jika bisa melakukan fotosintesis dengan benar maka semakin baik pencahayaannya maka semakin cepat ia berkembang. Walaupun tumbuhan flame moss bisa hidup dengan pencahayaan yang terbilang minim, namun sebenarnya tumbuhan ini lebih menyukai cahaya. Pertumbuhan flame moss akan lebih maksimal jika menggunakan cahaya yang pas. Flame moss akan semakin rimbun dan tumbuh secara cepat dengan banyaknya cahaya yang di berikan di media pertumbuhan. 

4. Pemupukan dan CO2

Biasanya anda akan memberikan berbagai jenis pupuk untuk menunjang pertumbuhan tanaman flame moss seperti halnya cara budidaya rumput laut di air tawar.

Namun pemberian pupuk maupun CO2 tidak selalu harus anda lakukan, karena tanaman flame moss bisa subur dengan atau tanpa pemberian co2 maupun pupuk tersebut. Pertumbuhan flame moss akan jauh lebih cepat jika anda menggunakan CO2 dalam penanaman tumbuhan ini. Apalagi jika digunakan kombinasi dengan tingkat pencahayaan yang baik, ini akan membuat flame moss kian sehat dan rimbun.

5. Suhu Air

Flame moss akan tumbuh lebih subur di dalam suhu yang lebih rendah dan sejuk, biasanya di sarankan untuk menggunakan suhu penanaman di bawah 28 derajat C. Hanya saja sebagian jenis flame moss seperti java moss bisa ditanam di suhu diatas 30 derajat C. 

6. Penataan atau Aquascaping

Flame moss memiliki keindahan dan akan tampil sempurna jika kita merangkai dan menempelkannya pada benda lain seperti driftwood, batu dan menjadi sebuah latar di aquarium.

Walaupun demikian, flame mos merupakan tanaman air yang akan mudah tumbuh walaupun di telantarkan dan di buang begitu saja. Jika anda menanamnya dengan benar maka anda bisa menghasilkan keindahan aquascaping dengan melakukan penataan flame moss dengan melakukan penataan di lingkungan hidup yang benar.

Flame moss yang memiliki daun yang tipis dengan berbagai macam jenisdapat menambah keindahan dari detail aqua scape yang akan anda lakukan. Penampilan dari lumut air ini yang terkesan lebih natural dan indah adalah aspek yang di tonjolkan oleh tumbuhan air ini. Ada banyak jenis flame moss yang sekarang tersedia, seperti peacock moss ataupun java moss. Cara menanam Flame Moss juga sangat mudah.

7. Tempelkan Mos pada Benda Lain

Imbas dari sifat epifit yang dimiliki oleh flame moss akan membuatnya mudah dan lebih suka menempel pada benda lain. Biasanya para penanam flame moss akan menempelkan mereka pada kayu maupun batu, karena tumbuhan ini akan selalu menempel pada benda dengan serat akarnya yang kuat.

Caranya mudah hanya dengan mengikat moss menggunakan benang biasa ke benda yang nantinya akan menjadi wadah pertumbuhan flame moss.

Biasanya moss yang sudah di ikat dan menempel pada objek tersebut akan tumbuh dalam waktu 14 hari dan mulai menyebar.

8. Lakukan Pembersihan Flame Moss Secara Berkala

Flame moss merupakan salah satu tumbuhan air yang nantinya bekerja sebagai filter yang baik dalam menjebak semua sisa sia dan kotoran. Ini akan menyebabkan sebuah masalah jika tidak langsung di bersihkan secara berkala. Beberapa jenis alga jahat bisa tumbuh jika tidak rutin membersihkan flame moss tersebut. Gunakan jemari anda untuk mengeluarkan semua kotoran yang terjebak di dalam flame moss ketika anda hendak mengganti air dari aquarium. 

9. Lakukan Trimming atau Pemangkasan Flame Moss

Proses trimming atau pemangkasan sebenarnya akan sangat disayang kan oleh sebagian orang, karena flame moss yang telah tumbuh subur dengan baik harus di pangkas. Namun jika anda rutin melakukan hal ini, maka hal baik akan terjadi dimana pertumbuhannya akan semakin bagus dan menebal. Melakukan pemotongan dan membersihkan sisa potongan dari flame moss yang besar ke yang kecil adalah salah satu tips ampuh dalam menambah kesuburan tumbuhan ini.

10. Hindari Adanya Pertumbuhan Alga 

Akan ada banyak jenis alga yang bisa tumbuh subur diantara tumbuhan air ini. Dan adanya pertumbuhan dari alga tersebut akan lebih sulit di buang di antara flame moss tersebiut. Biasanya anda harus mengeluarkan semua hal termasuk flame moss itu sendiri ketika membersihkan alga.

Karena kesulitan dalam membersihkan alga di sebabkan daun dari flame moss yang rapuh dan sedikit kecil. Agar pertumbuhan dari alga bisa di kendalikan maka anda sebaiknya tetap mengatur adanya kadar CO2 di dalam aquarium. Jangan lupa untuk selalu rutin dalam membersihkan semua jenis alga yang bersifat parasit. Karena ini akan menghambat pertumbuhan dari flame moss tersebut. Jadi, itulah cara menanam Flame Moss juga sangat mudah.

Artikel 10 Cara Menanam Flame Moss Paling Mudah merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook