+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 10 Cara Menanam Pohon Kersen di Rumah (Panduan Lengkap) Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

10 Cara Menanam Pohon Kersen di Rumah (Panduan Lengkap)

Pohon kersen, atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan pohon Cherry adalah sebuah pohon yang dapat memberikan kita kesejukan, memberikan keindahan karena bunganya yang asri, serta buah yang dapat dinikmati oleh semua kalangan yang ada. Karena kepopulerannya ini, tanaman kersen adalah salah satu tanaman yang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia karena kita dapat menemukannya dimana saja salah satunya adalah tempat tinggal masing-masing. (Baca Juga: Cara Menanam Daun Ketumbar)

Tanaman ini adalah salah satu tanaman yang paling sering dipanjat oleh anak-anak untuk mengambil buahnnya yang miliki warna merah serta rasaya yang manis dan enak ini. Sifat dari tanaman ini adalah buahya yang tergolong sangat cepat untuk tumbuh dan sifat alami dari pohon ini yang bersifat peneduh.

Oleh karena itu, pohon ini ketika besar tumbuh dengan cara melebar daripada tumbuh keatas dan menjadi pohon ini sangat mudah untuk dipanjat. Karena kemudahannya serta manfaatnnya yang didapat sangat banyak, tanaman ini salah satu tanaman yang menarik untuk ditanami di perkarangan rumah.

Baca Juga:

  • Cara Menanam Bunga Melati
  • Cara Menanam Bunga Kertas
  • Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma
  • Oleh karena itu, simaklah terlebih dahulu teknik yang diperlukan untuk cara menanam pohon kersen ini.

    1. Memilih Bibit Kersen

    Untuk bibit kersen sendiri dapat kita lakukan lebih awal. Pembibitan pada tanaman ini juga sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan cara generatif maupun vegetatif. Apabila kita adalah seorang yang baru saja belajar menanam tanaman.

    Sebaiknya kita melakukan pembibitan dengan cara membeli pada toko bibit. Bibit yang perlu diperhatikan adalah bibit yang sebelumnya terbebas dari berbagaimacam hama serta penyakit pada tanaman, daun yang tidak mudah layu atau segar, memiliki batang yang tumbuh tidak lurus dan memiliki banyak cabang pada batang-batangnya.

    Baca Juga:

  • Cara Menanam Daun Seledri
  • Cara Menanam Anggur
  • Cara Menanam Buah Naga
  • 2. Memilih Area Penanaman

    Tempat terbaik untuk melakukan pada tanaman kersen ini adalah daerah dengan ketinggian sekitar 1000 m dpl. Seperti tanaman pada umumnya, usahakan pada sekitar tanaman kersen tersebut tidak memiliki tanaman pengganggu seperti gulma. Terdapat tanah yang memiliki banyak unsur hara yang kemudian dapat dijadikan nutrisi pertumbuhan, area penanaman yang terbilang tidak sempit. Kemudian sinar matahari yang tergolong cukup serta tidak tertutupi oleh tanaman lainnya. (Baca Juga: Cara Budidaya Bunga Mawar)

    3. Penggalian Lubang Tanam

    Ketika sebelumnya telah mempersiapkan bibit kersen dan memilih area penanaman yang dapat ditanami tanaman kersen. Kini kita mulai mempersiapkan lubang penanaman. Untuk melakukan proses pembuatan lubang dapat menggunakan alat bantu seperti pacul dan buatlah lubang dengan ukuran sekitar 50 x 50 x 50 cm.

    Kemudian kita juga perlu mempersiapkan media tanam yang akan digunakan untuk menanam tanaman kersen, yaitu campuran dari bekas bahan galian pada pembuatan lubang yang dicampurkan dengan menggunakan pupuk organik yang telah melakukan proses pematangan yang telah digabungkan dengan sekam. (Baca Juga: Cara Menanam Brokoli)

    4. Pengistirahatan Pada Lubang Tanam

    Ketika telah mempersiapkan semua bahan, sebaiknya kita melakukan proses pengistirahatan pada tanah yang akan digunakan untuk menanam tanaman. Lubang tersebut sebaiknya diistirahatkan selama kurang lebih 2 – 3 hari dan terkena sinar matahari secara langsung.

    Tujuan dari hal ini adalah guna untuk membuang semua racun yang mengendap di dalam tanah, membuat terjadinya perputaran oksigen yang berada di dalam tanah, mengusir bibit dari hama yang kemungkinan berada di dalam tanah, serta membuat potensi penyakit yang berada di dalam tanah menghilang. (Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Arwana)

    5. Proses Penanaman Tanaman Kersen

    Setelah mempersiapkan lubang tanam yang sebelumnya telah dilakukan proses pengistirahatan. Kemudian bibit kersen sudah mulai saatnya dapat kita lakukan penanaman. Untuk menanam bibit, sebaiknya bagian pangkal dari bibit tanaman ditaruh pada lubang tanam.

    Kemudian, apabila bibit kersen yang sebelumnya masih terdapat pada media seperti polybag, sebaiknya kita telah membukanya terlebih dahulu sebelum ditanam. Lakukanlah pemotongan pada polybag tetapi jangan sampai membuat akarnya menjadi rusak. Kemudian pada tanaman yang telah ditanam pada lubang tanam, sebaiknya tanaman tersebut berdiri tegak lurus. (Baca Juga: Cara Menanam Lidah Buaya)

    6. Penutupan Lubang Tanam

    Setelah membuat bibit tanaman kersen berdiri tegak lurus pada lubang tanam yang telah dibuat sebelumya. Kali ini adalah melakukan penutupan lubang tanam dengan cara menggunakan tanah yang sebelumnya digali untuk lubang tanam. Tanah tersebut dicampur dengan menggunakan pupuk organic serta dicampur dengan menggunakan sekam.

    Media tanam yang akan digunakan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam lubang tanam hingga merata hingga ke tanam bagian atas. Pada bagian pangkal dari batang, sebaiknya sedikit dibuat lebih padat karena menghindari tanaman agar tidak roboh.

    Baca Juga:

  • Cara Budidaya Durian
  • Cara Menanam Apel
  • Cara Menanam Cabe Merah
  • Cara Budidaya Ikan Koi
  • 7. Penyiraman

    Setelah proses dari penutupan lubang untuk melakukan penanaman tanaman kersen. Kemudian dilakukan penyiraman yang akan dilakukan pada kersen yang telah ditanam. Cara melakukan penyiraman adalah dengan cara memberikan air kepada seluruh bagian tanaman dengan mengggunakan selang penyiraman hingga air tersebut menyerap ke dalam tanah, tetapi tidak terlalu membanjiri tanaman agar menghindari tanaman tersebut menjadi busuk atau terkena hama tanaman. Lakukanlah penyiraman secukupnya. (Baca Juga: Cara Menanam Kacang Panjang)

    8. Memasang Ajir Pada Tanaman

    Cara menanam pohon kersen setelah bibit yang sebelumnya telah ditanam dan telah diberikan penyiraman. Pada awal penanaman dari budidaya penanaman sebaiknya adalah dengan cara melakukan pemasangan ajir. Tujuan dari ajir ini sebenarnya adalah menjadi pengganti batang induk yang akarnya masih belum terlalu kuat sehingga ajin akan membantu untuk menopang dari batang induk untuk tetap berdiri kuat dan tidak membuatnya menjadi mudah patah.

    Pembuatan ini tergolong cukup mudah dengan cara memotong atau membelah sebatang bambu menjadi beberapa bagian yang kemudian masing-masing dari potongan tersebut akan dibuat panjang dengan ukuran 1.5 meter. Potongan kayu tersebut kemudian ditanamkan ke tanah dan dibuat melingkar pada tanaman seperti membuat lingkaran. Ikatkan kawat pada ajir agar ajir tersebut saling terikat satu sama lainnya. (Baca Juga: Cara Menanam Kaktus)

    9. Pemupukan Susulan

    Setelah melakukan pemberian ajin pada tanaman. Seperti tanaman pada umumnya, pemberian nutrisi adalah hal yang krusial bagi tanaman agar tanaman tersebut tumbuh dengan sehat, subur, dan maximal. Dalam pemupukan tahap selanjutnya adalah dapat dengan cara memberikan pupuk organic maupun kombinasi dengan pupuk anorganik.

  • Kombinasi Pupuk Anorganik: 1 kg pupuk kompos/kandang + 20 butir NPK + 1 sdt POC BMW
  • Kombinasi Pupuk Organik: 1 sdt POC BMW + 1 adm KOCOR BMW
  • Untuk pemberian pupuk yang dilakukan setelah penanaman ini adalah sekitar satu bulan sekali. (Baca Juga: Cara Menanam Tomat)

    10. Membuat Pembuahan Lebih Cepat

    Agar tanaman tumbuh lebih cepat dan membuat tanaman melewati beberapa fase pada pertumbuhan buahnya, maka sebaiknya kita melakukan pemberian hormone buah, batang dan daun terhadap tanaman. Hormor yang akan diberikan pada kenyatannya tidaklah sebagai alat perangsang untuk membuat produksi buah lebih cepat, tetapi juga akan menghasilkan buah-buahan yang lebat serta berkualitas pada tanaman tersebut. Hormon tumbuhan yang biasanya digunakan untuk tanaman kersen ini adalah POC BMW.

    Hal yang perlu dilakukan adalah dengan cara memberikan POC BMW kepada tanaman dengan cara disemprotkan dengan memberikan dosis sekitar 2 – 3 tutup dari POC BMW yang telah dicampurkan dengan satu tangki yang berisi 15 liter air. Apabila pemberian POC BMW pada tanaman kersen yang telah dewasa, kita dapat memberikan POC BMW dengan cara membuat batang induk pada tanaman kersen terluka dengan menggunakan pisau sepanjang sekitar 30 cm.

    Kemudian, cairan dari POC BMW diberikan ke batang utama dengan cara menguaskan cairan POC BMW pada luka di batang utama yang telah dibuat. Proses pemberian hormone ini sebaikya dilakukan selama 1 bulan sekali. (Baca Juga: Cara Menanam Daun Kemangi)

    Tips Budidaya Pohon Karsen

    Supaya tanaman kersen dapat tumbuh dengan baik, perlu dilakukan penambahan pemeliharaan tambahan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penyiraman yang rutin dilakukan pada tanaman sebanyak 1 – 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan sore hari. Tetapi kita perlu memperhatikan kondisi dari media tanam pada tanaman kersen tersbut, apabila terlalu lembab pada bagian tanahnya sebaiknya kita tidak perlu melakukan pemberian air.

    Bersihkan area penanaman pada tanaman kersen, hal ini disebut dengan penyiangan, proses penyiangan ini dilakukan agar tanaman kersen tumbuh dengan nutrisi yang benar digunakan oleh tanaman kersen, bukan menuju tanaman lain seperti gulma atau parasit. Bersihkan area tanam apabila terdapat gulma serta parasit yang berada di sekitar area tanam dengan cara mencabutnya hingga ke bagian akar supaya tanaman yang menggangu tersebut tidak tumbuh kembali.

    Tanaman kersen adalah salah satu tanaman yang sangat jarang untuk terkena hama serta penyakit. Tetapi apabila terkena dua hal tersebut, kita dapat memberikan insektisida ANTILA yang digabungkan dengan fungisida NOPATEK selama 5 hari sekali. Banyaknya yang harus diberikan untuk tiap-tiap penyakit dan hama adalah sekitar 4 tutup botol setiap 17 liter air. (Baca Juga: Cara Menanam Kamboja)

    Berikut ini cara menanam pohon kersen dengan baik dan benar:

    Tanaman ini adalah salah satu tanaman yang sangat cocok ditanam untuk didaerah perkotaan karena sifat rindang dari tanaman ini, serta kita dapat menanamnya di perkarangan rumah untuk membuat rumah kita dapat terlihat lebih teduh. Jadi, cara menanam pohon kersen sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah.

    Baca Juga:

  • Cara Mencangkok Tanaman dengan Mudah
  • Cara Budidaya Bunga Aster
  • Cara Menanam Eceng Gondok
  • Cara Budidaya Jamur Tiram
  • Artikel 10 Cara Menanam Pohon Kersen di Rumah (Panduan Lengkap) merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook