+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 10 Cara Menanam Rumput Gajah Mini dari Biji Secara Praktis Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

10 Cara Menanam Rumput Gajah Mini dari Biji Secara Praktis

rumput-gajah-miniDi era sekarang ini, banyak inovasi yang terus menerus di buat untuk memuaskan hasrat para manusia. Tidak berbeda dengan para designer yang menciptakan desain-desain rumah baru maupun furniture dan aksesoris untuk rumah tersebut. Lihat saja di perkotaan, pemandangan rumah minimalis seakan bukan hal yang asing lagi untuk kita. Hampir di setiap sudut kota kita dapat menemukan berbagai macam rumah minimalis.

Rumah minimalis kini memang sedang naik daun. Bagaimana tidak dengan uang yang tergolong tidak banyak kita sudah bisa membeli sebuah rumah. Kini ada tren terbaru yang di kenal di kalangan pemilik rumah minimalis yakni penanamaan rumput gajah mini di halaman mereka. Rumput yang berukuran mini ini memang sangat cocok untuk memperindah halaman Anda. Bukan hanya karena cara penanamannya yang mudah tetapi juga hasil nya yang sangat cantik ketika tumbuh. Rumput gajah mini biasanya di jadikan penghias halaman depan rumah atau belakang rumah agar taman kita terlihat lebih segar dan hijau.

Pada kesempatan kali ini Ilmubudidaya akan menjelaskan cara untuk menanam rumput gajah mini dari biji. Cara penanaman rumput ini jelas berbeda dari cara menanam rumput Jepang. Cara menanam rumput gajah mini dari biji ini dapat di bilang sangat praktis baik untuk pemula maupun yang sudah pernah menanam rumput ini dan ingin mencoba cara lain. Adanya cara itu adalah.

Nilai Unggul Dari Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini memiliki daya tarik tersendiri bagi para penanamnya. Salah satu nya adalah efek asri yang terlihat di rumah kita ketika menanam rumput cantik tersebut. Selain itu rumput gajah mini memiliki bentuk daun yang kecil sehingga Anda tidak akan kerepotan dan tidak memakan waktu banyak untuk perawatannya.

Hal Yang Di Perhatikan Sebelum Penanaman

  1. Lakukan penanaman ketika musim penghujan. Ini bertujuan agar rumput gajah mini mendapatkan suplay air yang maksimal, karena rumput ini termasuk jenis tanaman hias yang sangat membutuhkan air.
  2. Jangan melakukan penanaman di tanah yang tandus dan gersang. Namun jika Anda hanya memiliki tanah tandus dan gersang Anda dapat menyiasatinya dengan memberikan pupuk terlebih dahulu dan diamkan selama seminggu. Hal ini bertujuan agar tanah memiliki cukup nutrisi untuk menjaga pertumbuhan rumput gajah mini. Setelah itu baru gemburkan tanah Anda.
  3. Pastikan mendapatkan cahaya matahari yang cukup tetapi tidak berlebihan. Hal ini bertujuan agar daun rumput gajah mini tumbuh lebat kesamping lalu menjuntai ke bawah. Jika rumput gajah mini tidak begitu mendapat cahaya maka hasil daun nya akan memanjang ke atas dan tidak bisa indah.

Persiapkan Lahan Untuk Media Tanam

Lahan yang baik untuk penanaman rumput gajah mini adalah tanah yang tidak tandus dan gersang. Jika Anda memiliki media tanam yang tandus dan gersang, sebelum Anda melakukan penanaman maka lakukan pemupukan terlebih dahulu ke tanah dan diamkan selama seminggu. 

Ini bertujuan agar tanah memiliki nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan rumput gajah mini setelah masa tanam. Setelah mendapatkan media tanam yang sesuai maka lakukan penggemburan dengan media cangkul. Efektifnya penggemburan tanah dapat di lakukan sedalam 5-10 cm dan ratakan kembali jika sudah selesai di lakukan penggemburan.

Namun jika Anda tidak memiliki cukup luas lahan untuk di jadikan media tanam rumput gajah mini, Anda dapat menanam rumput gajah mini dengan cara mengurungnya terlebih dahulu dengan tanah yang Anda ambil dari pekarangan atau kebun rumah Anda. Atau Anda juga dapat membeli tanah yang khusus di gunakan untuk menanam tanaman, seperti tanah merah dan latosol.

Proses Penanaman Rumput Gajah Mini

  1. Setelah mendapatkan media tanam yang sesuai maka kita lanjutkan ke proses penanaman. Proses penanaman rumput gajah mini sebaiknya Anda lakukan ketika musim penghujan, mengingat rumput ini yang membutuhkan banyak air ketika masa pertumbuhan setelah masa tanam. Sehingga setelah masa tanam rumput akan mendapat suplay air yang cukup. Jadi ketika masa pertumbuhan, tanaman dapat tumbuh dengan baik dan sesuai dengan harapan.
  2. Untuk bibitnya Anda dapat membeli rumput terlebih dahulu seharga 15.000,-. Kemudian potong bibit rumput gajah mini menjadi bagian-bagian lebih kecil. Lakukan pemotongan hingga akar tidak terlihat dan tertutup tanah. Untuk teknik penanaman, Anda dapat menanam rumput gajah mini secara zig zag agar mendapatkan hasil yang baik.
  3. Lakukan pemukulan secara pelahan ke tanah agar jaringan tanah dan akar menjadi lebih kuat. Pemukulan ini di lakukan sampai akar benar-benar melekat ke tanah.
  4. Gunakan balok kayu untuk meratakan bagian rumput gajah mini. Setelah rata Anda dapat mengangkat balok kayu tersebut.
  5. Setelah semua proses di atas, langkah selanjutnya yang Anda lakukan adalah menancapkan rumput gajah mini ke tanah. Cara ini di lakukan dengan cara menancapkan bagian perakaran ketah rumput gajah mini sehingga akar dapat terikat dengan tanah.
  6. Jarak tanam rumput gajah mini dapat Anda sesuaikan dengan keinginan Anda. Dan untuk menjaga agar posisi bibit rumput gajah mini tida bergeser maka kurung sela-sela tanaman dengan tanah.

Baca juga tentang Cara Budidaya Rumput Azolla

Perawatan Rumput Gajah Mini

Proses selanjutnya adalah merawat bibit rumput gajah mini yang telah di tanam. Pertama berikan pupuk NPK ke tanaman rumput gajah mini setelah dua minggu masa tanam. Tujuan di berikan pupuk ini untuk merangsang jaringan tumbuh rumput gajah mini sehingga Anda mendapatkan hasil yang sempurna nantinya.

Selain memberikan pupuk, imbangi dengan penyiraman yang teratur pagi dan sore. Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa rumput gajah mini adalah tanaman yang sangat bergantung pada air. Jika di perlukan pasanglah pagar sementara selama masa tumbuh rumput gajah mini, ini bertujuan agar tidak ada hewan seperti ayam yang memakan rumput gajah mini. Proses pengurungan dengan pagar ini hanya lakukan hingga 7 hari saja setelah itu Anda lepas.

Selain air, cahaya matahari yang cukup juga menjadi faktor penting untuk masa tumbuh yang baik bagi rumput gajah mini. Pantau terus perkembangan tumbuh rumput gajah mini, jika Anda mendapatkan ada rumput gajah mini terserang gulma maka cabut hingga akar rumput yang terserang gulma tersebut. Ini bertujuan agar tidak menular ke rumput yang lain.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya tambahkan pijakan kaki untuk lewat agar rumput gajah mini tidak terinjak-injak.

Bagi Anda yang ingin mencoba menanam berbagai tanaman hias di halaman rumah Anda, Anda dapat menjadikan referensi beberapa artikel ini.

  • Cara menanam bunga daisy.
  • Cara menanam bunga violet.
  • Cara budidaya tanaman hias jenis euphorbia.
  • Cara menanam bunga begonia.
  • Itu dia cara menanam rumput gajah mini dari biji. Mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga sukses.

    Artikel 10 Cara Menanam Rumput Gajah Mini dari Biji Secara Praktis merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook