+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 10 Cara Menanam Wheatgrass dengan Tanah Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

10 Cara Menanam Wheatgrass dengan Tanah

Wheatgrass atau lazimnya di Indonesia disebut rumput gandum, adalah makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi bila dikonsumsi. Selain itu tanaman ini juga dapat mengeluarkan racun dari tubuh atau memiliki fungsi detoksifikasi.

Di panen dari potongan pertama dan kedua kecambah gandum yang baru tumbuh. Potongan daun ketiga dianggap sudah terlalu tua dan keras untuk dikonsumsi dan mengandung sedikit gula.

Makanan ini dipercaya memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia seperti, meningkatkan vitalitas dan kesehatan, pemenuhan nutrisi, dan dipercaya mampu mengobati beragam penyakit kronis seperti kanker dan penyakit kronis lainnya karena mengandung antioksidan dan nutrisi lain dalam jumlah yang tinggi.

Karena dipanen saat masih muda makanan ini tidak mengandung gluten yang bersifat alergen bagi sebagian kecil orang semisal penderita autisme. Mengkonsumsi secangkir wheatgrass setara dengan mengkonsumsi satu setengah pound sayuran hijau. Untuk menjaga kesehatan keluarga anda tanam juga tanaman okra di cara menanam okra.

Cara menanam wheatgrass dengan tanah

Wheatgrass dapat ditanam di tanah baik dengan metode indoor ataupun outdoor, selama kecukupan nutrisi, air, dan cahaya dapat dipenuhi. Media yang umum digunakan untuk budidaya wheatgrass adalah tray (baki) ataupun pot.

Awalnya tanaman ini di budidayakan di Kansas, Amerika Serikat di luar ruang pada musim dingin dan menunjukkan pertumbuhan yang lambat selama 200 hari di karenakan tanaman ini mengalami dehidrasi pada suhu yang dingin dan di klaim telah berada pada puncak tingkat nutrisi tertinggi saat itu.

Hal ini menunjukan bahwa tanaman ini juga dapat dibudidayakan di Indonesia yang tidak terkendala suhu dingin dan telah dibuktikan dengan banyaknya keberhasilan  pembudidaya wheatgrass. Untuk menambah pengetahuan tentang menanam gandum baca juga cara menanam gandum.

 1. Mendapatkan benih wheatgrass berkualitas.

Anda bisa mendapatkan benih yang berkualitas dari online shop yang terpercaya agar mendapatkan benih yang tidak terkontaminasi pestisida berbahaya dan dapat tumbuh optimal agar dapat dipanen untuk keperluan konsumsi.

2. Merendam benih untuk perkecambahan.

  • Siapkan nampan untuk menanam benih berukuran 40×40 cm, dengan ukuran nampan sebesar ini Anda membutuhkan benih sebanyak 2 cangkir kecil ukuran cup cake
  • Kemudian cuci benih Anda dengan menggunakan saringan kecil atau dengan menggunakan kain, setelah itu tiriskan benih Anda dari air dan taruh pada suatu wadah.
  • 3. perendaman benih

    Berikut ini cara menanam wheatgrass dalam proses peredaman bibit:

  • Merendam benih bertujuan untuk memicu perkecambahan.
  • Gunakan air bersih dengan jumlah volume air sekitar 3 kali jumlah volume benih. Kemudian tutupi benih Anda dengan kain penutup atau plastik untuk menjaga kelembabannya. Perendaman ini butuh sekitar 10 jam, atau semalaman.
  • Setelah proses diatas selesai ulangi proses perendaman tersebut dengan air bersih, buang air rendaman lama dan ganti dengan air bersih yang baru dan tutupi wadah tersebut selama 10 jam atau semalam.
  • Ulangi sekali lagi proses perendaman tersebut sehingga secara total Anda melakukan 3 kali perendaman pada proses ini.
  • Pada benih yang bagus akan muncul akar kecil yang menandakan proses perkecambahan berhasil, tiriskan benih dan siapkan untuk penanaman
  • 4. Siapkan wadah nampan atau tray untuk menanam

  • Isi wadah nampan atau tray dengan tanah kompos setebal 5 cm.
  • Lapisi bagian bawah nampan atau tray dengan menggunakan kertas atau kain
  • Gunakan tanah kompos yang lembab dan bebas dari bahan kimia berbahaya untuk mendapatkan manfaat optimal dari wheatgrass
  • 5. Menanam benih.

  • Sebarkan benih diatas media tanam yang telah Anda siapkan, kemudian tekan perlahan dan jangan sampai benih terkubur.
  • Pastikan sebaran benih tidak menumpuk satu sama lain dan berikan sedikit jarak antar benih untuk tumbuh.
  • Percikan air pada benih yang Anda tebarkan sedikit demi sedikit atau gunakan sprayer agar merata.
  • Tutupi nampan atau tray dengan lembaran koran lembap untuk melindungi benih wheatgrass Anda yang baru bertunas.
  • 6. Jagalah agar benih tetap lembap.

  • Agar benih dapat tumbuh dengan baik pastikan kondisi media tetap lembab.
  • Semproti koran agar tetap lembab akan tetapi pastikan untuk tidak menggenangi media.
  • Pada hari ke empat, singkirkan koran. Kemudian teruslah Anda menyirami benih Anda dengan interval penyiraman satu kali sehari
  • 7. Tempatkan benih wheatgrass pada area yang tidak terpapar sinar matahari langsung

    Sinar matahari dapat mengganggu perkecambahan rumput gandum, sehingga penting untuk Anda menempatkannya di area yang tidak terpapar sinar matahari.

    8. Panen Saat Mulai Membelah

    Apabila Anda mendapati rumput gandum telah membelah hal itu berarti rumput gandum telah dewasa.

  • Biasanya pada tahap ini rumput gandum telah mencapai tinggi sekitar 15 cm.
  • Rumput gandum biasanya dapat dipaen setelah 9-10 hari masa tumbuh
  • 9. Pemotongan rumput gandum

    Potonglah rumput gandum menggunakan gunting tajam untuk memanen rumput gandum, potonglah tepat di atas akar.

    Anda dapat gunakan rumput gandum yang telah dipanen untuk membuat jus.

    Anda dapat menyimpan rumput gandum yang telah dipanen di dalam kulkas, namun akan memiliki manfaat terbesar apabila dikonsumsi tepat setelah dipanen.

    Rumput gandum yang telah dipanen masih dapat dipanen untuk yang kedua kali, sirami terus rumput gandum yang telah dipanen hingga dapat dipanen untuk kedua kali.

    Rumput gandum yang dipanen untuk ketiga kalinya biasanya lebih keras dengan kadar gula yang rendah sehingga tidak manis.

    10. Memulai kembali proses penanaman rumput gandum.

    Atur siklus penanaman dan pemanenan agar Anda dapat memiliki cadangan kecambah baru sementara kelompok kecambah sebelumnya sudah dipanen agar Anda dapat menikmati rumput gandum setiap hari.

    Apabila Anda memiliki dua atau tiga kelompok tanaman ini maka Anda dapat menyediakan kebutuhan rumput gandum tiap harinya

    Rumput gandum memiliki warna hijau yang cantik, Anda dapat memberikan wadah tertentu untuk menambah fungsi estetika ruangan Anda. Jadi, itulah cara menanam wheatgrass dengan tanah yang baik dan benar.

    Tips dalam Menanam Wheatgrass

    1. Rumput gandum dapat membersihkan racun (detoks) dari dalam tubuh. Anda dapat menghilangkan stres dan mengisi ulang energi yang telah hilang sehingga Anda dapat beraktifitas dan lebih produktif dari biasanya.
    2. Jika rumput gandum Anda terserang jamur, berikan rumput gandum Anda sirkulasi udara yang baik atau tempatkan di daerah yang lebih kering namun tetap sejuk demi menjaga tingkat kelembababan pada level ideal.

    Artikel 10 Cara Menanam Wheatgrass dengan Tanah merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook