+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 10 Cara Merawat Bunga di Dalam Ruangan Agar Tetap Tumbuh Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

10 Cara Merawat Bunga di Dalam Ruangan Agar Tetap Tumbuh

Untuk menambah kecantikan ruangan, bunga adalah salah satu pilihan yang tepat untuk digunakan. Karena kecantikan yang dimilikinya mampu menambah kesan kecantikan dan kesan alami ruangan. Hanya saja, banyak yang mengeluhkan bunga yang ditaruh di dalam ruangan cepat layu dan mati.

Untuk itu, dalam artikel ini, kita akan membahas cara merawat bunga di dalam ruangan sehingga permasalahan yang anda hadapi bisa teratasi dengan segera.

Cara merawat bunga didalam ruangan tidak jauh berbeda dari cara merawat tanaman hias pada umumnya. Dimana salah satunya adalah dengan mengenal karakteristik dari bunga yang kita miliki. Dengan mengenal karakteristiknya, sudah pasti anda akan dimudahkan dalam perawatannya. Dan jika anda membutuhkan cara-cara merawat bunga di dalam ruangan lainnya, berikut cara-cara yang bisa anda coba:

  1. Mengganti Air Vas

Jika anda menanam bunga didalam vas, cara merawat bunga didalam ruangan pertama yang bisa anda coba adalah dengan mengganti air yang ada didalam vas. Jangan sampai air didalam vas terlalu kotor karena justru akan membuat bunga anda layu dan mati.

Air yang kotor mengandung banyak bakteri ataupun kuman-kuman yang dapat mengganggu pertumbuhan bunga. Selain itu, air yang kotor adalah air yang sudah tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh bunga. Mengganti air dua hari sekali sangat penting karena mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman anda. (baca juga: Cara Menanam Bunga Krisan)

  1. Tidak Terkena Sinar Matahari Langsung

Walaupun setiap tanaman membutuhkan sinar matahari, namun usahakan tanaman anda yang berada didalam ruangan tidak terkena matahari secara langsung. Terlebih jika tanaman anda merupakan tanaman yang berada didalam vas yang tangkainya sudah dipotong. Jadi taruhlah tanaman anda di tempat yang teduh namun tetap terpapar sinar matahari walaupun secara tidak langsung.

  1. Jauhkan Dari Sumber Panas

Selain sinar matahari, usahakan tanaman anda tidak berada dekat sumber panas. Tanaman yang dekat dengan sumber panas dikhawatirkan akan terpapar radiasi panas sehingga tidak akan tumbuh secara maksimal. (

Cara Budidaya Bunga Aster)

  1. Buat Tanah Dalam Pot Tetap Dalam Keadaan Lembab

Jika tanaman dalam ruangan anda menggunakan tanah, yang harus anda lakukan adalah tetap menjaga kelembaban tanah tersebut.

Lembab bukan berarti basah ataupun kering. Tanah yang lembab adalah tanah yang memiliki cadangan air yang cukup bagi tanaman anda.

Jadi, menyiram tanaman yang berada didalam ruangan adalah hal yang sangat penting dilakukan karena tanaman hanya akan mendapatkan air dari air siraman tersebut berbeda dari tanah yang berada di pekarangan yang dapat memenuhi cadangan airnya dari hujan. 

  1. Gunakan Air Dengan Suhu Ruangan

Cara merawat bunga di dalam ruangan selanjutnya adalah dengan memperhatikan suhu ruangan. Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, usahakan tanaman dalam ruangan milik anda disiram dengan air yang memiliki suhu sama seperti suhu ruangan. Ini sangat penting untuk diperhatikan karena jika tanaman disiram dengan air yang berbeda suhu bisa membuat tumbuhan sulit beradaptasi sehingga akan berdampak pada pertumbuhannya.

Tanaman yang sudah lama berada didalam ruangan pasti sudah terbiasa dengan suhu didalam ruangan tersebut. Tanaman tersebut beradaptasi dengan suhu ruangan. Jadi, jika anda menyiramnya dengan suhu yang lebih tinggi atau lebih rendah dari suhu ruangan, bisa jadi adaptasi tanaman bunga tersebut akan terganggu. (

Cara Menanam Bunga Desember)

  1. Tidak Terlalu Sering Memindahkan Tanaman

Ini poin selanjutnya yang cukup sering dilupakan. Salah satu contohnya adalah ketika seseorang ingin mendapatkan tata ruangan yang pas untuk ruangan mereka sehingga harus mengatur tata letak barang-barang yang ada termasuk tanaman. Tapi tahukah anda? Tanaman yang terlalu sering dipindahkan adalah salah satu hal yang membuat tanaman menjadi stress karena tanaman harus kembali beradaptasi berulang-ulang karena terus dipindahkan.

  1. Berikan Pupuk Yang Cukup

Sama seperti tanaman pada umumnya, pupuk adalah hal yang harus diberikan agar tanaman dalam ruangan anda tetap tumbuh secara maksimal. Pupuk selain memberikan nutrisi bagi tanaman juga mampu memberikan tanaman daya tahan agar tanaman anda terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa menyerangnya. Namun, pemberian pupuk tentu saja tidak bisa dilakukan sembarangan karena jumlah yang diberikan harus sesuai dengan besarnya tanaman yang akan diberikan pupuk. (

Cara Menanam Bunga Yolanda)

  1. Pangkas Tanaman Secara Teratur

Memangkas daun tanaman ternyata juga bisa dilakukan agar tanaman anda tetap terawat. Tidak dapat dipungkiri bahwa tanaman yang ditanam didalam ruangan juga bisa tumbuh menjadi besar. Dan agar tetap bisa berada didalam rungan, sudah pasti tanaman tersebut harus sering di pangkas. Selain itu, tanaman yang terlalu besar didalam ruangan juga pasti akan menuntut anda untuk menanam ulang tanaman tersebut di wadah yang lebih besar. 

  1. Jangan Menuang Teh Atau Kopi Kedalam Tanaman

Walaupun berada didalam ruangan, bukan berarti anda bisa menyiram sisa kopi ataupun teh kedalam tanaman bunga anda. Ini penting karena sangat sering dilakukan oleh kebanyakan orang sehingga tanaman bunga yang ditanam cepat layu dan mati. Alasan mereka biasa melakukan ini biasanya adalah karena tanah yang menjadi media tanam tanaman bunga cepat menyerap segala jenis cairan. Padahal, cairan tersebutlah yang justru akan merusak tanaman anda. (

Cara Menanam Bunga Bambu Air)

  1. Pilih Tanaman Yang Mudah Dirawat

Cara merawat bunga didalam ruangan yang terakhir dilakukan sebelum tanaman tersebut anda letakkan didalam ruangan, yaitu: memilih tanaman yang mudah untuk dirawat. Tanaman yang mudah dirawat sudah pasti tidak akan menyita waktu anda terlalu banyak hanya untuk merawatnya. Tanaman yang mudah dirawat biasanya merupakan tanaman yang tidak ‘rewel’ sehingga walaupun tidak diperhatikan, tanaman tersebut tetap bisa tumbuh dengan baik.(

Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta Dalam Pot)

Itulah 10 cara merawat bunga didalam ruangan yang bisa anda coba agar tanaman didalam ruangan anda tetap terawat dan cantik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel 10 Cara Merawat Bunga di Dalam Ruangan Agar Tetap Tumbuh merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook