+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 10 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Tidak Layu Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

10 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Tidak Layu

Bunga mawar termasuk salah satu jenis bunga yang banyak dicari karena keindahannya. Salah satu sebabnya adalah karena bunga mawar banyak dipakai dalam acara-acara khusus. Hanya saja, walaupun seperti itu, terdapat sebuah pertanyaan yang mengganjal bagi banyak orang. Bagaimana cara merawat bunga mawar agar tidak layu?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat bunga mawar yang anda miliki tetap segar dan tidak cepat layu. Cara-cara ini termasuk cara yang mudah dilakukan sama seperti cara menanam bunga ros. Jika anda sudah tidak sabar, berikut beberapa cara merawat bunga mawar agar tidka layu yang bisa anda coba sendiri:

  1. Petik Bunga Pada Pagi Hari

Salah satu cara agar bunga mawar tidak layu adalah dengan memperhatikan cara pemetikkannya. Usahakan tidak memetik bunga mawar pada saat siang hari karena pada waktu itu tanaman sedang dalam proses fotosintetis. Usahakan me

metik bunga pada saat malam atau pagi hari pada saat bunga sudah tidak dalam proses fotosintesis. Bunga yang dipetik pada pagi hari memiliki daya tahan yang lebih baik dibanding yang dipetik pada siang hari.

Tidak hanya dalam proses pemetikkan, cara stek bunga mawar juga lebih baik tidak dilakukan pada saat tanaman sedang dalam proses fotosintesis karena akan mempengaruhi tingkat perkembangan bunga nantinya.

  1. Pastikan Vas Anda Bersih

Jika anda ingin menggunakan vas sebagai wadah bunga mawar, pastikan vas dalam keadaan bersih. Jangan sampai anda menggunakan vas yang masih dalam keadaan kotor karena dikhawatirkan vas mengandung bakteri atau kotoran yang dapat mengganggu pertumbuhan bunga mawar dan menyebabkan bunga mawar cepat layu. Tidak hanya vas, wadah yang bersih juga sangat penting dalam cara budidaya bunga mawar secara umumnya.

  1. Potong Bunga Secara Benar

Masih terkait dengan poin nomor satu, selain pemetikan, cara pemotongan yang tidak benar juga dapat mempengaruhi bunga mawar agar cepat layu. Biasanya, pemotongan bunga mawar dilakukan secara menyamping atau 45o dengan ujung runcing.

  1. Isi Vas Dengan Air Hangat

Air adalah hal yang sangat penting bagi perawatan bunga mawar. Namun, ternyata mengisi vas dengan air hangat lebih disarankan dibanding dengan menggunakan air dingin. Salah satu sebabnya adalah karena air hangat akan membantu penyerapan nutrisi yang ada didalam air oleh tanaman bisa lebih maksimal.

Air hangat juga sangat disarankan untuk mengetahui mana biji yang baik atau tidak dengan cara merendamnya. Cara ini biasa dilakukan sebagai salah satu menanam mawar hitam dari biji.

  1. Buang Kelopak Yang Sudah Mulai Layu

Cara merawat bunga mawar agat tidak layu selanjutnya adalah dengan membuang kelopok yang sudah mulai layu. Selain dapat mengurangi keindahan dari bunga mawar, kelopak yang layu juga dapat mempengaruhi kelompak lain agat ikut layu. Selain menjadikan bunga tidak cepat layu, kelopak mawar yang layu juga harus dibuang jika anda ingin menanam mawar dengan cangkok

  1. Hindari Sinar Matahari Langsung

Menjauhkan bunga mawar dari cahaya matahari langsung adalah cara merawat bunga secara umum sehingga cara ini juga bisa diberlakukan kepada bunga mawar. Namun tidak hanya menjauhkan dari cahaya matahari langsung, menjauhkan bunga dari sumber panas juga sangat penting untuk dilakukan. Hal ini penting karena jika terlalu dekat dengan cahaya matahari ataupun sumber panas, bunga akan terkena radiasi panas sehingga lebih cepat layu.

  1. Rendam Dunga Didalam Air Dan Potong Tangkai Didalam Air

Setelah bunga dipetik, yang anda harus lakukan dengan segera adalah merendam bunga didalam air. Alasannya adalah agar bunga tidak kehilangan kesegarannya. Dan jika dirasa tangkai terlalu panjang dan ingin memotongnya lagi agar lebih pendek, lakukan juga didalam air.

Seperti kita tahu, bunga hanya bisa terus dalam keadaan segar jika kebutuhan airnya tercukupi. Jika bunga setelah dipotong tidak langsung dimasukkan kedalam air, bunga akan lebih cepat layu karena kekurangan air dan nutrisi yang ada didalam air tersebut. Tidak hanya penting dalam membuat bunga mawar tetap segar, air juga sangat penting dalam proses menanam bunga kertas dan juga bunga lainnya.

  1. Lakukan Pemotongan Tangkai Setiap Hari

Tidak dapat dipungkiri bahwa tangkai yang direndam didalam air pasti lama kelamaan akan membusuk atau daya serap airnya akan berkurang. Untuk itulah, pemotongan tangkai perlu dilakukan agar daya serap air yang dilakukan tangkai bisa tetap maksimal. Salah satu cara melihat dasar serap tangkai sudah tidak maksimal adalah dengan melihat apakah tangkai tersebut sudah berubah warna menjadi gelap atau belum. Tangkai yang sudah gelap mengindikasikan tangkai tersebut sudah mulai membusuk dan daya serapnya terhadap air sudah berkurang. Cara ini juga bisa dilakukan dalam cara menanam bunga melati. 

  1. Ganti Air Vas Dua Hari Sekali

Seperti sudah disinggung diawal, air adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Selain memotong tangkai, mengganti air yang berada didalam vas juga penting untuk dilakukan dua hari sekali. Ini dilakukan untuk menjaga kesegaran air sekaligus mencegah bunga mawar tidak layu karena menyerap air yang sudah kotor.

  1. Jangan Membuang Duri Pada Tangkai

Cara terakhir dalam cara merawat bunga mawar agat tidak layu adalah jangan membuang duri yang ada di tangkai. Walaupun duri tersebut bisa membuat kita terluka, namun pada dasarnya duri tersebut adalah bagian inti dari bunga. Duri adalah bentuk

pertahanan bunga yang jika dibuang, tentu akan membuat bunga kehilangan pertahanan diri dan membuatnya lebih mudah layu dan mati. Tidak hanya berlaku pada bunga mawar, karena secara umum masing-masing bunga memiliki bentuk pertahanan dirinya masing-masing yang perlu diperhatikan. Memperhatikan struktur bunga adalah hal yang penting dalam cara menanam bunga hias hidroponik yang jarang diketahui orang.

Itulah 10 cara merawat bunga mawar agar tidak layu yang bisa anda coba sendiri dirumah agar bunga mawar anda tetap segar dan cantik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel 10 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Tidak Layu merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook