+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 10 Cara Merawat Tanaman Anthurium Agar Tumbuh Subur Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

10 Cara Merawat Tanaman Anthurium Agar Tumbuh Subur

siapa yang tidak kenal dengan tanaman tanaman anthurium ?. Tanaman hias yang satu ini dahulu pernah menjadi primadona di pasaran karena memiliki harga yang tinggi. Harga yang tinggi bagi para pecinta tanaman sebenarnya tidak akan jadi masalah karena tanaman anthurium memiliki keunikannya tersendiri.

Bagi anda yang memiliki tanaman anthurium, memiliki pengetahuan tentang cara merawat tanaman anthurium sangat penting. Kali ini, kami akan menyampaikan beberapa informasi penting menegenai tanaman anthurium, salah satunya cara merawat tanaman anthurium. Penjelasannya lebih lanjut anda bisa baca informasi selengkapnya berikut ini.

Syarat Tanaman Anthurium Tumbuh Dengan Baik

Syarat pertama yang harus anda ketahui, apabila ingin memelihara tanaman anthurium adalah mengetahui syarat tanaman anthurium dapat tumbuh dengan baik. Kegagalan seseorang yang sangat jelas terlihat dalam menanam tanaman hias adalah kondisi tempat tumbuh tanaman yang tidak mendukung sehingga tanaman lebih mudah mati atau pertumbuhan dan perkembangannya kurang baik.

Syarat tanaman anthurium dapat tumbuh dengan baik jika tumbuh di wilayah tropis lembab dan bisa bertahan di lingkungan dengan iklim tropis kering namun hanya sebagian. Media tanam yang porousAdapun karakteristik pertumbuhan tanaman anthurium adalah lambat. Oleh karena itu sangat diwajarkan jika harga tanaman anthurium ini bisa melambung tinggi.

Budidaya Tanaman Anthurium

Anthurium dapat dibudidaya dengan penyerbukan bunga (biji) dan penanaman bibit. Kegiatan penyerbukan bunga pada anthurium bisa dilakukan apabila ada bantuan manusia maupun hewan. Sedangkan pada penanaman bibit tanaman anthurium hampir sama dengan tanaman hias yang lain.

Tahapan penananam dilakukan dengan bibit tanaman anthurium yang sudah disediakan ditanam pada pot yang sudah diberi lubang tanam. Lalu anda bisa menutup lubang tanam tersebut dengan tanah yang ada disekitar tanaman anthurium. Baca : Cara budidaya anthurium jemani.

1. Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Anthurium

Pertumbuhan dan perkembangan tanaman anthurium menjadi tolak ukur keberhasilan mereka yang menanam anthurium. Berikut ini pertumbuhan dan perkembangan tanaman anthurium yang perlu anda ketahui.

  • Pada beberapa bunga anthurium ada yang mengalami pembungaan dan ada yang tidak mengalami pembunggan. Tanaman anthurium yang mengalami pembungaan akan tampak ketika umur bunga anthurium bertambah.
  • Munculnya bunga pada tanaman anthurium akan berlanjut pada pembentukan buah. Pembentukan buah pada bunga betina dan bunga jantan terjadi apabila bunga betina tampak berlendir di sepanjang spadiks dan serbuk sariny sedangkan bunga jantang terlepas dari kotak sari.
  • Saat pembuahan terjadi maka lama kelamaan buah anthurium akan muncul bergerombol melekat pada spadiks.
  • 2. Hama dan Penyakit Tanaman Anthurium

    Anthurium terkenal dengan tanaman hias yang tahan dari serangan hama dan penyakit. Namun kemungkinan tanaman anthurium terserang hama dan penyakit mungkin saja terjadi. Berikut ini hama dan penyakit tanaman anthurium yang bisa menyerang tanaman anthurium.

  • Semut
  • Dipekarangan sering kali anda menemukan semut. Tanaman anthurium bisa dirusak oleh semut apabila jumlah semut banyak. Semut bisa menyerang tanaman anthurium ketika semut sudah membuat sarang karena akan merusak bagian tubuh tanaman anthurium. 

  • Laba-Laba Merah
  • Laba-laba juga menjadi hama yang biasa menganggu pertumbuhan tanaman hias. Laba-laba merah yang menganggu tanaman anthurium bisa disebut sebagai spider mite. Hama jenis ini merusak tanaman anthurium dengan menghsap cairan daun dan batang sehingga sangat mudah ditemukan di bagian ketiak daun. Hasil dari hisapan spider mite ini bisa membuat daun anthurium berwarna kusam dan kering pada bagian daun atau batang.

  • Fungus Gnat
  • Fungus gnat adalah jenis nyamuk berwarna hitam yang suka bersarang di tanaman anthurium. Gejala yang ditimbulkan dari serangan fungus gnat adalah bagian kuncup bunga membusuk dan warna daun akan berbintik hitam.

    3. Cara Merawat Tanaman Anthurium

    Beberapat cara merawat tanaman anthurium dapat dilakukan oleh anda. hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan tanaman anthurium adalah media tanam, mencegah tanaman anthurium dari serangan hama dan penyakit, pemupukan, dan penyiraman.

    Cara merawat tanaman anthurium pun perlu diperhatikan ketika musim hujan dan musim kering. Berikut ini beberapa cara merawat tanaman anthurium yang bisa anda lakukan sendiri. Baca : Cara mencangkok tanaman hias. 

  • Media Tanam
  • Tahapan awal tanaman dapat tumbuh dengan baik adalah dengan menyiapkan media tanam yang pas untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang anda tanam. Anthurium dapat tumbuh dengan baik apabila media tanam yang digunakan tidak menimbulkan genangan air. Jika media tanam tanaman anthurium mudah tergenang air maka akar tanaman anthurium akan lebih mudah membusuk.

    Beberapa media tanam yang bisa digunakan sebagai campuran pada media tanam anthurium adalah cacahan pakis, sabut kelapa, sekam, dan kulit kayu kering. Campuran media yang disebutkan tersebut berfungsi untuk menambah unsur hara pada media tanam dan berfungsi untuk membuat media tidak terlalu padat. Dengan demikian tanaman anthurium akan terjaga pertumbuhan akarnya.

  • Sterilisasi
  • Faktor akar tanaman anthurium yang mudah busuk perlu dilakukan tindakan sterilisasi. Sterilisasi bisa dilakukan ketika anda sedang menyiapkan media tanam. Teknik sterilisasi bertujuan untuk memudahkan tanaman anthurium supaya tidak terkena hama dan penyakit.

    Cara sterilisasi bisa anda lakukan dengan menjemur media supaya tidak terlalu basah menggunakan matahari dan sebelumnya disangrai terlebih dahulu. Adapun menggunakan cara kimia. Dengan menaburkan furadan ke media tanam sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan.

  • Pencahayaan Tanaman
  • Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, tanaman anthurium dapat tumbuh di lingkungan yang beriklim tropis lembab dan tropis kering. Apabila menanamnya di lingkungan yang berbeda seperti pekarangan rumah dan di dalam rumah , anda perlu memperhatikan pencahayaan tanaman anthurium. Anda bisa menempatkan tanaman anthurium pada tempat yang teduh namun tetap mendapatkan sinar matahari.

  • Penyiraman
  • Penyiraman pada tanaman anthurium bergantung pada musim yaitu musim hujan dan musim kering. Saat musim hujan, tanaman anthurium tidak perlu dilakukan penyiraman karena sudah ada bantuan air hujan. Keadaan ini terjadi apabila anda menanamnya di pekarangan rumah menggunakan pot atau langsung tanam di tanah. Pada saat hujan pastikan tanaman anthurium anda tidak terlalu basah supaya tidak membusuk bagian akarnya.

    Musim kering menjadi hal yang intens bagi anda untuk menyiram tanaman anthurium. Tanaman anthurium saat musim kering perlu dilakukan penyiraman agar terjaga kebutuhan airnya.

  • Pengendalian Hama dan Penyakit
  • Pengendalian hama dan penyakit bisa anda lakukan dengan cara memindahkan pot tanaman anthurium di lokasi yang tidak dekat dengan banyak semut. Adapun tanaman yang sudah terserang semut, anda bisa memberinya obat anti semut. Jika tanaman anthurium anda terserang laba-laba merah, anda bisa mengelap bagian daun  yang sudah ada jaring laba-laba dengan lap/ kain basah supaya tidak  bersarang di bagian daun.

    kalaupun anda menyiram daun tanaman anthurium menggunakan air bisa saja dilakukan namun penyiramannya perlu hati-hati supaya daun tanaman anthurium tidak rusak. Selain itu anda bisa memberikan insektisida apabila tanaman anda terserang fungus gnat. Baca : Cara mengatasi semut pada tanaman buah naga.

    Artikel 10 Cara Merawat Tanaman Anthurium Agar Tumbuh Subur merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook