+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 11 Cara Menanam Bunga Bakung (Panduan Lengkap) Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

11 Cara Menanam Bunga Bakung (Panduan Lengkap)

cara menanam bunga bakungPada postingan kali ini kita akan membahas cara menanam bunga bakung yang merupakan tanaman yang populer di masyarakat Indonesia. Seperti kita ketahui bahwa sebagian masyarakat Indonesia menamai bunga bakung dengan julukan bunga lili.

Bunga ini memiliki tampilan yang menarik dan fresh serta memiliki aroma yang harum sehingga memang cocok ditanam sebagai penghias kebun, taman atau rumah. Bahkan pada skala yang besar, bunga bakung ini bisa dijadikan usaha yang menjanjikan.

Tanaman bunga bakung sendiri termasuk tanaman bunga dengan ukuran medium. Ia akan cocok untuk ditanam sendiri atau berkelompok. Agar hasil tampilan tanaman ni semakin menarik, tentunya kita harus bisa mengusahaan agar tanaman bunga bakung yang kita tanam tumbuh dengan subur dan sehat. Maka dari itu jika anda memutuskan ingin menanam bunga bakung alias bunga lili ini, maka sebaiknya anda memahami terlebih dahulu cara menanam bunga bakung yang baik dan benar.

Kami akan menginformasikan kepada anda tahapan cara menanam bunga bakung sebagaimana berikut ini agar anda bisa mempelajari dan memahaminya. Langkah-langkah menanam bunga bakung :

1. Persiapan Lahan

lahan tanam bunga bakungTanaman bunga bakung sendiri sebenarnya mampu beradaptasi dengan baik bila ditanam di dataran rendah maupun dataran tinggi. Namun demikian anda sebaiknya tidak sembarangan memilih lahan. Pada cara menanam bunga bakung ini maka lahan yang ideal  ialah setidaknya memiliki kriteria sebagai berikut ini :

  • Tanahnya gembur
  • Memiliki pH tanah yang normal yaitu antara 5 – 7,5
  • Terpapar cukup sinar matahari minimal 4 jam sehari
  • Lingkungan bersuhu sejuk (Jika pada dataran rendah maka anda bisa menempatkannya didekat tanaman perindang)
  • Memiliki drainase yang baik
  • Memiliki cukup unsur hara
  • Jauh dari pantai agar tidak terkena aerosol air asin
  • Tanaman bakung ini memang lebih subur dan memiliki tampilan yang lebih segar jika ditanam di area yang cenderung sejuk atau dingin semisal pegunungan. Namun bagi anda yang tinggal di dataran rendah pun tak perlu khawatir karena anda bisa memanfaatkan tanaman perindang semisal jambu air, mangga, dan jambu biji sebagai penyejuk lokasi.

    Untuk cara menanam jambu air lalu cara menanam mangga dan cara menanam jambu biji bisa anda baca di daftar postingan situs ini. Setelah anda mendapatkan lokasi yang ideal, maka lanjut ke tahap pengolahan lahan.

    2. Penggemburan Tanah

    Untuk menanam bunga bakung terutama  jika jumlahnya lebih dari satu maka anda harus menggemburkan tanah lahan tanam terlebih dahulu. Tujuan penggemburan tanah pada cara menanam bunga bakung ini ialah agar akar tanaman mampu berkembang dengan baik sehingga unsur hara dalam tanah lebih mudah diserap. Untuk penggemburan tanahnya, anda bisa menggunakan cangkul atau mesin traktor jika skalanya cukup luas.

    3. Pembuatan Alur Tanam dan Aur Pupuk Dasar

    Cara menanam bunga bakung yang selanjutnya setelah tanahnya digemburkan ialah membuat lubang alur bakal bedengan yang harus diisi pupuk dasar dahulu. Buatlah lubang alur yag memanjang untuk diisi pupuk dasar nantinya. Jarak antar satu alur dengan alur lainnya ialah sekitar 40-50 cm. Jarak ini juga yang nantinya akan menjadi jarak bedengan. 

    4. Pemberian Pupuk Dasar

    Pupuk dasar berfungsi untuk meningkatkan kandungan unsur hara dalam tanah sekaligus menjaga suplai unsur hara selama tanaman hidup dilokasi tersebut.

    Pupuk dasar yang digunakan pada cara menanam  bunga bakung ini adalah pupuk organik saja. Dengan syarat bahwa pupuk organik tersebut siap diserap tanaman. Jika itu pupuk kandang atau pupuk kompos maka anda harus menjadikannya bokashi terlebih dahulu dengan bantuan bakteri EM4 atau jamur tricodherma.

    Untuk cara pebuata bokashinya ialah sebagai beriut :

  • Siapkan pupuk organiknya (kandang/kompos), jerami/sekam, serbuk kayu lalu dicampur
  • Siapkan 1 botol EM4, 1 ons gula, 1 ember air dan 1 buah pepaya matang
  • Blender atau cacah buah pepaya hingga halus
  • Larutkan gula dalam seember air lalu tambahkan 200 ml EM4
  • Masukkan jus pepaya atau cacahan pepaya tadi
  • Tutup dan biarkan minimal 3 hari
  • Siramkan secara merata pada campuran pupuk tadi dan pupuk kemudian ditutup terpal minimal 7 hari
  • Kini pupuk sudah menjadi bokashi dan siap diaplikasikan.
  • Untuk langkah praktisnya, maka anda bisa menggunakan butiran organik yang banyak dijual di toko pertanian sebagai pupuk dasarnya. Setelah diisi dengan pupuk dasar maka selanjutnya ialah menutupnya dan membentuk bedengan

    5. Pembentukan Bedengan

    Memang mirip dengan cara menanam cabe rawit atau cara menanam terung dan cara menanam bunga tulip yang sebaiknya ditanam pada bedengan. Bedanya pada cara menanam bunga bakung ini maka anda tidak perlu menutupi bedengan dengan plastik mulsa.

    Bedengan ini dibentuk setelah alur tadi diisi pupuk. Tinggi gundukan bedengan ialah sekitar 15 cm dengan lebar menyesuaikan. Jika anda hanya akan menanam 1 baris diatas bedengan maka lebarnya cukup sekitar 30 cm atau kurang. Namun jika ingin menanam 2 baris daiatas 1 bedengan maka buatlah lebar bedengannya menjadi 60 cm atau lebih. 

    6. Pembuatan Lubang Tanam

    Lubang tanam dibuat dengan melubangi permukaan bedengan. Untuk cara menanam bunga bakung, maka buatlah lubang dengan kedalaman sekitar 5 cm. Jarak antar lubang juga harus diatur, yakni sekitar 20-30 cm antar lubang. Sebelum ditanami maka anda bisa mengkocorkan insektisida dan fungisida terlebih dahulu pada lubang tersbut agar tanaman nantinya bebas dari serangan serangga atau jamur pengganggu.

    7. Penanaman Umbi atau Bibit Bunga Bakung

    Tanaman bunga bakung atau bunga lili ini memiliki cara perkembangbiakan melalui umbi jadi cara menanam bunga bakung ini hampir mirip dengan cara menanam bawang putih, cara menanam bawang bombay atau cara menanam talas.

    Kita harus memilih umbi  yang berasal dari tanaman bunga bakung yang sehat. Pisahkan umbi tersebut agar segera ditanam. Umbi yang terlalu lama disimpan malah justru akan kering dan kurang sehat.

    Jika anda kesulitan mendapatkan umbi yang baik, maka anda bisa membeli bibit tanaman bunga bakung di toko bunga, namun tentunya anda harus mengeluarkan biaya lebih. Tanam umbi dan sisiakan sedikit bagian atasnya yaitu bagian yang tumbuh tunas. Sebaiknya dipilih waktu pagi atau sore saat menanam lalu segera disirami agar umbi tetap segar dan cepat tumbuh.

    8. Penyiraman Tanaman Bunga Bakung

    Tanaman umbi seperti bunga bakung ini memerlukan suplai  air yang memadai agar menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Ia membutuhkan pengairan yang ideal yakni jika model pengairan sistem pompa air disela-sela bedengan, maka anda bisa mengairinya sekitar 7-10 hari sekali sedangkan untuk siste gembor, maka anda bisa menyiraminya 2 hari sekali.

    Tanaman tipe berumbi  termasuk pada cara menanam bunga bakung ini membutuhkan kadar air yang pas tidak boleh terlalu lama kekeringan atau terlalu lama tergenang air yang mana malah akan membusukkan umbinya.

    9. Penyiangan Tanaman Liar (Gulma)

    Karena bedengan yang dibuat tidak dilapisi plastik mulsa maka kemungkinan tumbunhnya rumput liar akan lebih besar. Sebenarnya rumput ini bisa anda manfaatkan untuk menambah background warna taman atau bunga sehingga yang perlu anda lakukan ialah hanya memangkas dan menjaga ketinggian rumput tersebut. Cara lainnya ialah dengan menanam jenis rumput hias dibedengan sehingga bedengan tampak hijau.

    10. Pemupukan Kocor Susulan

    Sebenarnya ini tidak terlalu penting dalam cara menanam bunga bakung, namun jika anda lakukan maka hasil perkembangan tanaman bunga bakung akan lebih optimal. Pupuk yang digunakan ialah pupuk NPK yaitu dengan cara melarutkan 1 gelas NPK kedalam 40 L air lalu disiramkan kesetiap pangkal tanaman yakni sekitar 50-100 ml per tanaman. Pengkocoran ini dilakukan setelah tanaman tumbuh sekitar 15 cm dengan interval 10-14 hari sekali.

    11. Penanggulangan Hama dan Penyakit

    Cara menanam bunga bakung sebenarnya tergolong mudah. Namun demikian tetap saja ada hama yang bisa merusak tanaman bunga  bakung ini. Beberapa hama yang menyerang bunga bakung ini ialah dari golongan serangga semisal ulat dan uret. Namun yang paling sering menyerang malah dari golongan jamur yakni jamur amarylis.

    Untuk penanggulangannya maka dibedakan dari jenis hamanya. Jika itu dari jenis serangga maka  untuk mengatasinya gunakan insektisida sedangkan jika itu dari jenis jamur, maka gunakan fungisida.

    Anda bisa menikmati hasil kerja keras anda ketika melihat bunga bakung mulai muncul dan merekah terutama ketika pagi hari. Ada berbagai varietas bunga bakung yang bisa anda tanam seperti bunga bakung merah, bunga bakung putih, bunga bakung kuning dan bunga bakung ungu.

    Cara menanam bunga bakung bisa dibilang cukup mudah sebagaimana cara menanam bunga krokot atau cara menanam bunga mawar. Nah, agar hasilnya lebih bagus lagi anda bisa membaca tips sukses menanam bunga bakung berikut ini.

    Tips Sukses Budidaya Bunga Bakung

    Setelah membaca tahapan cara menanam bunga bakung, maka anda bisa menyimak beberapa tips sukses budidaya bunga bakung berikut ini :

  • Tanamlah bunga bakung dalam jumlah yang banyak agar semakain banyak bunganya
  • Tanamlah berbagai varian bunga bakung yang posisinya diatur dalam bedengan sehingga bunganya akan tampak indah dan bercorak / berpola
  • Gunakan ZPT auxin pada saat tanaman sudah dewasa sehingga nantinya bunga yang muncul akan semakin banyak
  • Anda bisa menggunakan semprotan selang untuk menyirami daun tanaman di musim kemarau agar daun tetap tampak segar
  • Tinggi bedengan dapat dibuat lebih tinggi pada jenis tanah liat agar tidak becek saat hujan.
  • Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara menanam bunga bakung yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagia anda ang ingin menanam bunga bakung sehingga akan mendapatkan hasil yang indah dan memuaskan saat dipandang.

    Selain itu, kami juga memiliki artikel mengenai cara menanam semangka inul dan cara menanam jagung hibrida yang bisa menambah wawasan anda mengenai dunia budidaya. Selamat menanam.

    Artikel 11 Cara Menanam Bunga Bakung (Panduan Lengkap) merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook