+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 11 Cara Merawat Bunga dari Pacar Agar Tidak Mudah Layu Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

11 Cara Merawat Bunga dari Pacar Agar Tidak Mudah Layu

Memiliki pasangan adalah hal yang menyenangkan, terkadang tanpa disengaja ada banyak kejutan romantis yang akan anda dapatkan seperti mendapatkan hadiah bunga.

Ada banyak ragam perayaan atau hari spesial yang menyebabkan pacar meberikan bunga pada anda, seperti perawayaan ulang tahun, hari jadian bahkan hari valentine. Dan pastinya ini akan menjadi hal yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Masalahnya adalah bunga tersebut adalah bunga yang sudah terpisah dari akarnya dan akan mudah layu. Seperti mengetahui cara menyimpan bungan kamboja agar tidak layu, berikut kami akan meberikan penjelasan tenatng cara merawat bunga dari pacar agar tidak mudah layu.

1. Tempatkan di wadah yang bersih

Hal pertama dalam cara merawat bunga dari pacar agar tidak layu adalah dengan menyiap kan wadah yang bersih agar nantinya bisa dijadukan wadah untuk menampung bunga tersebut. Jika vas bunga atau wadah yang akan anda gunakan tidak bersih dan terkontaminasi mikroorganisme.

Maka ini akan memicu adanya pembusukan yang terjadi pada bagian bunga dan akan menyebabkan bunga mudah layu. Salah satu tips adalah dengan menggunakan wadah yang memiliki leher lebar agar nantinya tidak menyebabkan masalah pada bagian batang.

2. Gunakan air hangat

Wadah atau vas bungan bersih yang telah anda persiapkan tadi bisa ditaruh air hangat didalamnya. Agar batang tidak terlalu banyak terendam maka anda harus tetap menyesuaikan ukuran dari air yang nantinya akan digunakan. Ini biasanya ddi gunakan dalam metode memperpanjang umur dari bunga potong yang akan anda lakukan. Ketika bunga potong tersebut mulai kehilangan kelembaban akan mudah di suplai kembali oleh molekul air hangat ini.

3. Simpan pada suhu ruangan

Jangan menaruh bunga potong anda di tempat yang terlalu panas. Ini akan menjadi pantangan dalam cara merawat bunga dari pacara agar tidak mudah layu seperti cara merawat bunga mawar agar tidak layu. waluapun sebagian oang juga memiliki anggapan bahwa bunga potong akan awet dalam kulkan, namun jangan ditaruhkan dalam kulkas ya.

Ini malah akan memicu cepatnya pembusukan jika nantinya anda meletakannya pada suhu normal. Bahkan and ajuga tidak dianjurkan untuk menyimpan bunga potong ini di ruangan yang memiliki pendingin ruangan seperti Ac karena akan mengeringkan udara dan ini juga akan mebuat bunga anda makin cepat layu.

4. Buang daun dengan gunting

Agar anda bisa mengurangi resiko dari pembusukan bunga maka bisa menggunakan metode dimana nad abisa mebuang daun atau potongan daun yang terlihat mulai mengering dna mebusuk. Gunakan benda yang tajam seperti gunting dan pisau bersih untuk memotong daun agar tida menginfeksi yang lainnya. Begitulah cara merawat bunga dari pacar agar tidak mudah layu. 

5. Potong miring bagian batang memakai pisau yang tajam

Agar bunga pemberian pacar anda bisa lebih tahan lama maka gunakan potongan miring di bagian batang nya tersebut. Agar batang bisa lebih mudah dalam penyerapan air karena bagian permukaan batang telah diperluas. Sangat disarankan menggunakan pisau yang tajam dan jangna memakai gunting karena hasilnya akan kurang baik seperti cara cara menanam mawar potong tanpa ribet.

6. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Tidak masalah dimana akan anda taruh bunga potong anda tersebut. Hanya saja tolong diperhatikan apakah daerah itu tidak langsung mendapat sinar matahari? karena nantinya ini akan mebuat bunga tersebut mudah layu karena sensitif terhadap matahari.

7. Rutin mengganti air

Karena bunga anda sudah bersifat bunga potong, jadi jangan lupa untuk selalu mengganti air di dalam vas, ya! karena air yang tergenang akan lebih mudah terjangkit alga, bakteri dan hal perusak lainnya. Ini akan menginfeksi bunga-bunga anda secara langsung hingga menyebabkan kelayuan dan busuk.

8. Jauhkan dari buah-buahan

Walaupun terdengan menjadi ide yang bagus, namun jika anda meletakan vas bunga potong ini di sebelah atau di dekat buah-buahan ini akan menjadi hal yang buruk. Dimana buah akan menghasilkan gas etilen yang akan mepercepat bungan menjadi layu dan busuk.

9. Perhatikan bagian batang dan daun 

Jangan menyemprotkan air pada bagian daun yang terlihat sudah mengering, namun potonglah menggunakan b]alat pemotong yang bersih dan tajam. Jika sudah terlihat hampir keseluruhan daun dan batang menjadi layu maka singkirkan dari bunga yang masih sehat. Ini akan mengantisipasi menyebarnya efek yang diberikan bunga yang layu tersebut nantinya.

10. Gunakan pengawet

anda bisa menggunakan bahan-bahan yang menjadi pengawet bunga selain hanya mengandalkan kinerja air putih. Bahan, bahan tersebut berupa jeruk lemon, cuka dan gula. Untuk menggunakannya anda harus mencapur dsedikit salah satu pengawet dnegan air hangat. takarannya dalah 2 sendok makan dengan 1 liter air. Bahkan anda juga bisa menggunakan pengawet berbahan kimia.

11. Menggunakan hidrogel

Bahkan hidrogel yang bewarna putih bening atau yang memiliki warna berwarna warni bisa menjadi salah satu alternatif menjaga kesegaran serta menjadikannya sebagai bahan yang akan mepercantik tampilan vas anda.

Tidak hnay sebagai bahan yang bisa mepercantik tampilan, tentunya hidrogel adalah bahan yang memiliki fungsi sebagai cadangan air. Ini bahkan menyisakan nutrisi sehingga bunga potong akan lebih awet didalamnya.

Nah, demikianlah serangkaian cara merawat bunga dari pacar agar tidak mudah layu yang bisa anda terapkan agar lebih tahan lama dan fresh. Bahkan serangkaian cara diatas adalah cara mudah yang bisa digunakan dan dilakukan oleh siapa saja di rumah. Selamat mencoba, ya!

Artikel 11 Cara Merawat Bunga dari Pacar Agar Tidak Mudah Layu merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook