+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 12 Cara Menanam Cabe Gendot di Pot Hingga Panen Sukses Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

12 Cara Menanam Cabe Gendot di Pot Hingga Panen Sukses

Salah satu cabe yang berasal dari daerah semenanjung Yucatan ini adalah cabe yang menduduki cabe pedas yang konon mengalahkan rasa pedas dari cabe rawit. Jika dilihat dari bentuk fisik justru cabe ini terlihat amat mirip dengan paprika yang memang tidak pedas.

Namun, ini adalah jenis yang berbeda dan tentunya akan mebuat anda menjadi kepedasan jika mencicipinya. Pastinya penggemar cabe pedas sudah penasaran bagaimana cara menanam cabe gendot di pot ini bukan? Yuk simak penjelasan berikut ini:

1. Persiapan Biji

Untuk menumbuhkan cabai gendot, pertama-tama Anda perlu biji seperti cara menanam cabe rawit organik. Ada banyak jenis cabai yang fantastis untuk dipilih. Tetapi untuk pemula yang lengkap yang menginginkan buah cab e gendot dan tidak ingin menunggu terlalu lama untuk mendapatkannya maka dapat membeli bibit dari pusat kebun setempat atau melihat beberapa pemasok benih yang direkomendasikan.

2. Proses Pengecambahan

Ini mungkin adalah tahap paling dasar yang dibicarakan dari cara menanam cabe gendot di pot ini. Sekarang Anda memiliki benih Anda triknya adalah mengubahnya menjadi tanaman. Tahap pertama adalah membuat mereka bertunas. Persyaratan utama untuk benih untuk berkecambah adalah panas, kelembaban dan oksigen. Adalah mungkin untuk menumbuhkan biji Anda dalam segala hal mulai dari kertas tisu hingga batu batu kubik, tetapi media yang paling mudah tumbuh adalah tanah.

Tidak masalah apa yang Anda gunakan untuk manmpung tanah Anda. Apakah itu propagator atau kotak plastik sederhana dengan beberapa lubang drainase kecil memotong ke bawah untuk menghentikan tanah mendapatkan air tanah. Tabur benih Anda dengan menempatkannya di permukaan tanah, lalu tutupi dengan lebih banyak tanah kira-kita sedalam tiga milimeter. Untuk mendapatkan kelembapan biji yang Anda butuhkan untuk menyiram permukaan tanah. Tidak terlalu banyak, Anda ingin tanah menjadi lembab, bukan air yang menggenang.

Hal terakhir adalah panas. Pada tahap ini tidak ada persyaratan untuk cahaya sehingga Anda mungkin menemukan sesuatu seperti lemari yang ditayangkan sangat ideal. Di atas radiator, di mana saja yang cukup hangat untuk pertumbuhan nya. Panas dan kelembaban masih penting tetapi kunci sekarang adalah jumlah cahaya yang diterima bibit Anda. Tempatkan tanaman Anda di jendela yang menghadap ke sinar matahari atau rumah kaca hangat jika Anda bisa.

4. Memilih Pot

Untuk menanam cabe gendot dalam wadah atau pot, pilih wadah yang memiliki lubang drainase yang cukup walaupun Anda juga bisa menggunakan kantong plastik atau polybag. Pot besar dengan lebar sama cukup untuk satu tanaman untuk sebagian besar varietas. Gunakan sedang untuk varietas kecil dan pot yang lebih besar untuk menanam varietas besar atau jika Anda tinggal di iklim hangat karena cabai adalah tanaman tahunan di sana.

5. Cara Menanam

Beli tanaman muda dari pembibitan terdekat atau mulai benih Anda sendiri. Perkecambahan biasanya memakan waktu 1-3 minggu, tergantung pada kehangatan dan kelembapan. Taburkan biji hampir 2 cm jauh di dalam campuran awal benih . Tempatkan nampan benih di tempat yang hangat, suhu di atas15 C penting untuk perkecambahan. Jauhkan sering gerimis baki benih dan jagalah agar tanah tetap lembab. Untuk membuat perkecambahan biji lebih mudah tutup benih dengan bungkus plastik dan simpan di tempat yang hangat.

6. Atur Posisi

Menumbuhkan cabe gendot dalam wadah atau pot membutuhkan posisi yang menerima sinar matahari penuh. Mereka adalah tanaman yang suka panas seperti tomat dan terong . Jika Anda kekurangan ruang, cobalah menanam cabai di dalam ruangan di jendela yang cerah. Juga, pilih tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik untuk menghindari penyakit.

7. Tanah

Tanah yang baik adalah kunci untuk tanaman cabe yang produktif. Beli campuran pot berkualitas terbaik yang dikeringkan dengan baik dan longgar, atau buat sendiri. Itu harus kaya bahan organik dan subur. Untuk ini, Anda bisa menambahkan pupuk kandang atau kompos yang sudah lapuk ke dalamnya pada saat penanaman. Ini juga ide yang baik untuk mencampur 5-10 gram kue mimba pada saat persiapan tanah; itu akan melindungi tanaman muda dari penyakit dan hama yang terbawa oleh tanah.

8. Pengairan

Jaga agar tanah tetap lembab dan jangan biarkan tanaman mengering sepenuhnya. Hindari penyiraman di atas karena ini dapat menyebabkan dedaunan basah, yang dapat menyebabkan infeksi jamur. Pada saat itu, ketika bunga mulai muncul dan buah mulai terbentuk sedikit penyiraman. Tapi hati-hati, mengeringkan tanah benar-benar menghasilkan bunga jatuh.

9. Suhu

Suhu tanah di atas 15 C diperlukan untuk pertumbuhan terbaik. Suhu perkecambahan biji optimum adalah di atas 20 C. Dapat mentolerir suhu hingga 35 C dan turun ke 10 C dengan mudah seperti cara menanam cabe merah keriting. Suhu tumbuh yang ideal adalah antara 70-90 F (21-32 C).

10. Perawatan Tanaman Cabe

Seperti semua tanaman lain dalam keluarga tomat, cabai adalah pengumpan berat. Cara sederhana terbaik adalah menggunakan pupuk tomat untuk memberi makan sayuran ini. Aplikasi pupuk kompos dan pupuk yang busuk juga menguntungkan. Memberi makan sekali dalam sebulan dengan teh kompos atau pupuk kandang meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Menjepit di awal pertumbuhan membuat tanaman lebih kokoh. Ketika tanaman sekitar enam inci tinggi, klip ujung tumbuh, yang membantu untuk menjadi lebih banyak jenis semak. Jika Anda melihat bunga muncul lebih awal, keluarkan. Lakukan ini juga pada saat transplantasi.

Selama pertumbuhan, waspadai penyakit atau dedaunan atau cabang yang terinfeksi dan keluarkan juga. Menumbuhkan cabe dalam wadah membutuhkan dukungan terutama jika Anda menyimpan tanaman di tempat yang berangin. Cukup pukulkan tongkat di dekat batang utama dan ikat tanaman cabe anda tersebut.

Jika tanaman Anda berbunga terlalu dini, bunganya mati, itu penting. Ini akan mengarahkan energi tanaman menjadi tumbuh dan menjadi sehat. Seperti tomat, tanaman cabai subur, dan Anda tidak perlu melakukan apa pun seperti cara menanam cabe hidroponik dalam polybag.

11. Hama dan Penyakit

Kutu daun adalah musuh terbesar tanaman lada, jadi awasi mereka. Juga, laba-laba cuaca kering dan panas dapat mempengaruhi tanaman. Hama lain yang harus dilihat adalah cacing pita, cacing tanduk, dan kutu kutu. Penyakit umum adalah busuk, lumut dan tempat bakteri seperti cara menanam cabe hidroponik sistem sumbu.

12. Panen

Waktu untuk memanen dapat bervariasi dan tergantung pada bagusnya bibit yang Anda tanam dan kondisinya, tetapi sebagian besar varietas membutuhkan waktu 2-4 bulan. Anda dapat mengidentifikasi ini ketika mereka siap dari ukuran mereka.

Semakin lama Anda meninggalkan buah cabe tersebut menggelantung di tanaman, semakin pedas rasanya, tetapi pada saat yang sama meninggalkan mereka di tanaman setelah siap untuk panen akan menurun dan tentunya juga akan membusuk jika dibiarkan. nah demikianlah cara menanam cabe gendot di pot yang dapat kami jabarkan, semoga bermanfaat.

Artikel 12 Cara Menanam Cabe Gendot di Pot Hingga Panen Sukses merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook