+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 12 Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

12 Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga

Tanaman anggrekApakah saat ini anda sedang bingung karena bung anggrek yang anda tanam tidak kunjung berbunga? Apakah anda frustasi karena sudah menanam lama namun tidak ada tanda – tanda bahwa bunga anggrek anda akan berbunga?

Anda ingin tahu bagaimana cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga? Memang kondisi ini banyak dialami oleh seseorang yang ingin menanam bunga anggrek karena mungkin mereka baru pertama kali menanam bunga jenis ini.

Bunga anggrek merupakan jenis bunga masuk masuk ke dalam jenis tanaman hias. Bunga anggrek bisa anda temukan di dalam hutan yang gelap maupun juga bisa anda temukan pada batu yang terjal, selain itu anda juga bisa menemukan bunga anggrek pada daerah pantai dengan garis pasang surunya lumayan tinggi.

Bahkan beberapa orang mengatakan bahwa ia telah menemukan bunga anggrek di tepi gurun pasir. Bunga ini tumbuh dari kutub utara hingga menuju daerah khatulistiwa dan juga tumbuh mulai kutub selatan sampai semua benua, kecuali benua antartika. Adapun jenis anggrek yang banyak digemari atau menjadi favorit para pecinta tanaman hias adalah jenis anggrek epifit yang berasal dari daerah yang beriklim tropis.

Kami menyarankan anda agar supaya mengetahui beberapa informasi seperti di bawah ini:

  • Cara mengatasi hama lalat buah pada tanaman
  • Cara mengatasi hama tikus pada tanaman
  • Cara merawat tanaman bumbu air
  • Jenis Bunga Anggrek

    Perlu anda ketahui bahwa terdapat banyak jenis bunga anggrek dibandingkan dengan jenis tanaman hias lainnya. Terdapat lebih dari 25.000 jenis tanaman anggrek yang ada di dunia, akan tetapi dewasa ini populasi tanaman anggrek menurun drastis akibat kerusakan hutan yang dilakukan oleh manusia. Hal inilah yang menyebabkan species tanaman anggrek menjadi berkurang secara drastis.

    Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal karena memiliki banyak sekali jenis bunga anggrek yang mana di sini anda akan menemukan lebih dari 4000 jenis tanaman anggrek yang tersebar di berbagai pulau seperti Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Papua, Jawa, dan lain sebagainya. Adapun jenis tanaman anggrek yang tumbuh di sini adalah antara lain Vanda, Cymbidium, Bulbophyllum, Phalaenopsis, Dendrobium, Coelogyne, dan lain sebagainya yang mana jenis anggrek tersebut banyak sekali dicari oleh para pecinta tanaman hias dan juga mereka tidak segan – segan untuk mematok harga tinggi bagi siapa saja yang memiliki jenis tanaman – tanaman tersebut.

    Tips dan Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga

    Berikut ini akan kami berikan beberapa informasi yang sangat penting mengenai bagaimana cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga.

  • Cahaya Matahari
  • Cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga yang pertama adalah anda harus memperhatikan cahaya matahari. Mengapa hal ini penting? Karena memang cahaya matahari  sangat penting dalam proses fotosintesis dan juga dengan cahaya matahari maka akan membantu tanaman anggrek anda agar bisa cepat tumbuh dan berbunga.

    Cahaya matahari digunakan sebagai sumber energi bagi tanaman anggrek anda sehingga kemudian akan sangat berguna bagi seluruh bagian tanaman anggrek anda seperti misalnya daun, bunga, dan juga biji. Selain itu, dengan bantuan sinar matahari maka kemudian akan bisa memperbaiki bagian tanaman yang rusak serta juga bisa digunakan untuk cadangan makanan. Perlu anda tahu bahwa intensitas dan juga jumlah cahaya yang dibutuhkan akan relatif berbeda antara tanaman anggrek yang satu dengan tanaman anggrek lainnya. Hal ini juga sama berlakunya ketika anda membaca tentang cara menanam bunga Flame of Irian.

  • Ketinggian Tempat
  • Cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga yang kedua adalah dengan memperhatikan ketinggian tempat. Secara umum, tanaman anggrek akan cepat tumbuh pada daerah yang memiliki iklim tropis dan juga ketinggian tempat untuk menanam anggrek pun dibagi menjadi tiga, yaitu antara lain:

    1. Tanaman anggrek yang tumbuh di dataran tinggi, yakni dengan suhu antara 18 sampai 21 derajat celcius di siang hari, sementara untuk malam hari suhunya mencapai 13 sampai dengan 18 derajat celcius. Adapun jenis anggrek yang biasanya tumbuh di daerah tersebut adalah seperti Miltonia, Cymbidium dan juga Paphiopedilum.
    2. Sementara itu, anggrek yang tumbuh di daerah sedang dengan memiliki ketinggian yakni antara 501 sampai dengan 1000 di atas permukaan laut.
    3. Sementara untuk suhunya adalah ketika di siang hari maka suhu bisa mencapai 19 sampai dengan 32 ° C maupun juga di siang hari suhu tersebut bisa mencapai 19 sampai dengan 21° C. Adapun jenis tanaman anggrek yang cocok untuk bisa tumbuh di sini adalah Dendrobium, Onchidium, Phalaenopsis, dan juga  Cattleya.
    4. Untuk tanaman anggrek selanjutnya adalah tanaman anggrek yang tumbuh di dataran rendah dengan memiliki ketinggian kurang lebih 500 m di atas permukaan laut yang mana memiliki suhu di siang hari sebesar 34 – 38°C. Jenis tanaman anggrek yang cocok untuk bisa tumbuh di sini adalah seperti Vanda, Arachnis, dan juga Renanthera.

    Adapun hal lainnya yang harus anda perhatikan adalah seperti di bawah ini:

  • Sirkulasi Udara
  • Kelembapan Udara
  • Fotoperioditas
  • dan juga dengan memperhatikan Faktor Genesis
  • Sementara itu, cara merawat bunga anggrek selanjutnya yang harus memperhatikan beberapa faktor seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Yang pertama adalah dengan memilih rumah lindung yang cocok. Perlu anda tahu bahwa anggrek harus ditaruh di dalam rumah yang memiliki intensitas cahanya antara 50 sampai dengan 70 %, maka dari itu atap dari rumah lindung harus diberi paranet.
  • Yang kedua adalah dengan memperhatikan bagaimana penyusunan anggrek. Agar supaya anggrek bisa berbunga dengan cepat maka anda juga harus memperhatikan tentang bagaimana penyusunan tanamannya. Kami menyarankan agar sebaiknya penyusunan rak-rak anggrek ditaruh secara datar dengan ketinggian kurang lebih 1 m dan jangan anda disarankan untuk tidak meletakkan secara berjenjang sebab dikhawatirkan akan mengganggu sirkulasi udara.
  • Yang ketiga adalah dengan memperhatikan kelembaban udara. Agar nantinya anggrek bisa tumbuh dengan cepat, maka kelembaban udaranya harus antara 60 – 80%. Sementara itu, untuk mejaga agar supaya kelembaban tetap terjaga, maka dibawah rak bisa bisa anda buatkan kolam atau bisa juga dengan membuat kabut didalam rumah lindung dengan cara menerapkan pemasangan sprinkle.
  • Media tanam juga termasuk ke dalam faktor yang menentukan cepat tidaknya anggrek akan berbunga. Media tanam yang pas untuk untuk membuat anggrek cepat berbunga adalah harus tersusun 2 bagian. 1/3 bagian bawah harus anda isi dengan potongan batu bata dan juga 2/3 sisanya anda isi pake pakis.
  • Konstruksi pot juga memiliki pengaruh besar dalam tanaman hias anggrek supaya rajin berbunga. Adapun pot yang paling ideal untuk anda digunakan ialah pot yang terbuat dari tanah liat dan juga memiliki banyak lobang.
  • Supaya anggrek rajin berbunga, maka anda sangat perlu memperhatikan masalah kandungan air dari media yang digunakan. Bila pada waktu itu cuacanya sangat panas, maka anda harus melakukan penyiraman sebanyak 2 kali. Jika cuacanya sedang hujan, maka anda tidak harus melalukan penyiraman.
  • Selain itu hal lain yang amat perlu diperhatikan ialah kadar air media. Waktu penyiraman yang pas ialah sekitar jam 07 – 09 pagi dan juga jam 03 – 05 sore.
  • Pemupukan juga harus anda perhatikan supaya anggrek rajin berbunga yaitu dengan memberi pupuk yang memiliki kandungan unsur hara P yang tinggi. Pemupukan bisa anda lakukan melalui penyemprotan maupun juga penyiraman dengan memakai pupuk slow rilis yang nantinya akan ditaburkan pada media tanam anggrek.
  • Untuk membuat anggrek rajin berbunga kadang dibutuhkan pemberian ZPT atau yang juga disebut dengan hormon. Hal lain yang bisa anda gunakan adalah dengan air kelapa dengan konsentrasi sebesar 15 % (150 ml air kelapa dibuat larutan semprot 1 liter)
  • Yang terakhir adalah dengan memperhatikan Pengendalian hama dan penyakit. Pengendalian hama dan penyakit merupakan salah satu cara merawat bunga anggrek agar supaya rajin berbunga. Seperti halnya tanaman hias lainnya, anggrek juga takan luput dari serangan hama dan penyakit. Untuk membuat anggrek rajin berbunga, maka anggrek harus dibersihkan dari kotoran, gulma ,maupun juga dedaunan yang busuk. Pemakaian insektisida bias juga menjadi alternatif lainnya bila terserang hama. Anda juga bisa menggunakan fungisida bila tanaman anggrek anda terserang jamur dan bakterisida bila tanaman anda terserang bakteri. Anda juga harus mengetahui tentang cara menanam kunyit dari umbi.
  • Demikianlah artikel ini disampaikan, semoga bermanfaat.

    Artikel 12 Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook