+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 14 Cara Merawat Bunga Mawar 1 Tangkai Agar Tetap Hidup dan Segar Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

14 Cara Merawat Bunga Mawar 1 Tangkai Agar Tetap Hidup dan Segar

Bunga mawar adalah salah satu bunga yang identik dengan pengungkapan cinta. Nah, jika misalnya anda mendapatkan sepotong bunga mawar dari teman, kekasih maupun gebetan, apa yang akan anda lakukan? Pastinya sangat sanyang jika harus layu dan dibuang begitu saja.

Nah, berikutakan kami jelaskan cara merawat bunga mawar 1 tangkai yang mudah dipraktekan dan bisa menjadi “pengawet” alami bunga mawar tersebut. Sehingga anda bisa menikmati keindahannya lebih lama seperti cara merawat buket bunga mawar asli pada artikel kami sebelumnya.

1. Segera Rendam Dengan Air

Usahakan sesegera mungkin anda merendam bunga mawar tersebut dengan air setelah anda mendapatkannya. Ini akan meberikan dan mengembalikan kesegaran yang dibutuhkan oleh bunga mawar tersebut dan menjadi hal yang penting dalam cara merawat bunga mawar 1 tangkai ini.

2. Air Hangat 

Cara yang lebih dianjurkan untuk kesegaran bunga mawar adalah dengan menggunakan vas bunga yang bersih dan gunakan air hangat. Suhu air yang digunakan adalah 45 derajat C, karena partikel air hangat akan lebih mudah diserap ketimbang jika anda menggunakan air

dingin.

Inilah mengapa lebih banyakdianjurkan penggunaan dari air hangat demi mengembalikan kesegaran bunga mawar anda tersebut seperti cara menanam bunga potong. Dan hal terakhir hanyalah memasukan bunga mawar tersebut.

3. Nutrisi Tanaman 

Jika kita mebicarakan masalah nutri bunga mawar maka ada banyak sekali nutrisi tanaman yang bisa ditemukan di toko pertanian. Komposisi nutrisi tersebut haruslah menggunakan sumber makanan, biosida untuk melindungi dari serangan bakteri dan acidifer sebagai pengontrol pH air.

4. Pangkas Daun 

Agar mengurangi tingkat penguapan maka diperlukan pemangkasan daun pada bangian pangkal bunga mawar. Ini juga berguna untuk mengurangi pertumbuhan bakteri dalam air dan menghindari kebusukan.

5. Potong Batang 

Hal selanjutnya dari cara merawat bunga mawar 1 tangkai ini adalah dengan memotong pada bagian batang setidaknya 2 cm. potong mereng batang mawar tersebut agar mudah menyerap air nantinya dengan permukaan yang lebih lebar.

6. Rawat Dengan Baik

Ulangi kembali langkah-langkah diatas setidaknya sekali per tiga hari agar mawar tersebut tetap betahan dalam waktu seminggu. Tambahkan lagi air hangat dan periksa kondisi mawar tersebut.

7. Letakkan di Tempat yang Pas

Jauhkan dari paparan sinar mataharilangsung dan juga jangan meletakan mawar ini pada ruangan ber AC karena akan mengurangi tingkat kelembaban di uadara dan menyebabkan bunga cepat layu.

8. Jauhkan dari Buah 

Jangan dekatkan dengan buah, karena ini akan menghasilkan gas etilen yang akan mebuat bunga menjadi cepat layu dan membusuk.

9. Soda

Untuk kembali menyegarkan bunga mawar potong yang layu maka anda bisa merendamnya dengan campuran soda dan air. Karena soda memiliki fungsi untuk mengembalikan kesegaran bunga mawar potong tersebut.

Caranya mudah anda hanya perlu menuangkan setidaknya seperempat gelas soda ke dalam vas bunga mawar tersebut dan celupkan kembali tangkai bunga mawar, sebelumnya anda bisa memiting sedikit ujung tangkai danegan potongan miring. Mawar akan mekar dan lebih tahan lama karena kandungan gula yang ada di dalam soda tersebut.

10. Semprotan rambut

Hairspray atau semprotan rambut ini berguna untuk menambah masa kesegaran dari bunga mawar tersebut tidka hanya berfungsi baik bagi pertahanan rambut saja loh. Caranya anda hanya perlu menyemprotkan hair spray ke bagian daun dan kelopak bunga tersebut seperti cara menanam bunga mawar yang sudah dipetik.

11. Cuka apel

Jika anda masih ingin meperlama sisa masa kebugaran dan freshnya bunga mawar tersebut maka anda bisa menggunakan campuran air dan cuka apel ini seperti cara merawat bunga mawar agar tidak layu.

Dimana caranya adalah dengan menggunakan 2 sendok cuka apel dengan ditambahkan juga 2 sendok gula pasir ke dalam vas bunga tersebut. Jangan lupa untuk setiap hari mengganti air campuran ini. Bunga mawar tersebut akan tahan lebih lama dengan metode ini.

12. Aspirin

Tidak hanya untuk pengobatan ternyata aspirin juga ampuh memperpanjang masa kesegaran mawar potong loh. Caranya tinggal menghaluskan pil aspirin dan masukan ke dalam air di vas bunga mawar, jangan lupa mengganti air secara berkala.

13. Pemutih pakaian

Tidak akan ada yang menyangka bahwa pemutih pakaian juga bermanfaat untuk menjaga kesegaran bunga mawar. Cukup mencampurkan 1/4 sendok teh ke dalam air yang dimasukanke vas temapat wadah mawar tersebut dan untuk hasil yang lebih maksimal anda bisa mencampurkan atau menambahkan penggunaan satu sendok teh gula kedalam campuran air tersebut. Cairan pemutih ini akan berfungsi sebagai anti bakteri sehingga mawar bisa bebas dari pembusukan.

14. Uang koin

Kesegaran bunga mawar bisa di dapat dari tembaga yang didapat dari uang koin tersebut. Caranya tinggal mencampurkan sesendok gula dan masukan uang koin ke dalam vas bunga tempat menampung air untuk kesegaran bunga mawar. Jangan lupa untuk mengganti air tersebut ya agar tidak ditumbuhi bakteri.

Nah demikianlah beberapa cara dan bebrapa bahan yang bisa menambah kesegaran bunga mawar anda. Selamat mencoba!

 

Artikel 14 Cara Merawat Bunga Mawar 1 Tangkai Agar Tetap Hidup dan Segar merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook