+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 15 Cara Merawat Tanaman Kakao agar Berbuah Lebat Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

15 Cara Merawat Tanaman Kakao agar Berbuah Lebat

Kakao mungkin belum terlalu familiar di telinga anda-anda, tapi begitu mendengar kata cokelat,kalian pasti langsung tau ,malah saya yakinsekali  kalian semua pernah memakannya. Ya, cokelat merupakan penganan manis yang sangat disukai. Ada cokelat bar, cokelat cake, puding cokelat, susu cokelat dan masih banyak lagi penganan yang menggunakan bahan cokelat sebagai campurannya

Kakao dan cokelat adalah hal yang sama. Buah kakao lah yang merupakan bahan baku dasar pembuatan cokelat. Rasa buah kakao atau buah cokelat sebenarnya pahit. Oleh sebab itulah di tambahkan berbagai macam bahan tambahan seperti gula dan susu agar rasanya bisa diterima oleh lidah kita. Pada tulisan ini saya akan mengajak anda untuk lebih mengenal tanaman kakao, saya juga akan mengajak anda untuk mengetahui bagaimana cara merawat tanaman kakao setelah kita membahas tentang Cara Menanam Coklat

Asal usul kakao

Tanaman kakao yang mempunyai nama latin Theobroma cacao berasal dari Amerika selatan. Orang indianlah yang pertama kali mengolah buah kakao sebagai minuman. Disebutkan bahwa salah satu suku bangsa indian yaitu suku Maya mengolah kakao menjadi minuman.

Karena belum adanya penambahan gula, minuman ini juga dikenal sebagai “minuman pahit” yang anehnya menjadi minuman wajib yang sangat disukai. Biji buah kakao tidak hanya dimanfaatkan oleh bangsa indian sebagai bahan baku minuman tetapi juga sebagai mata uang pada kala itu,oleh sebab itu cokelat merupakan komoditi yang sangat berharga bagi bangsa indian.

Penyebaran kakao

Penyebaran kakao pertama kali dilakukan oleh bangsa spanyol. Pada abad 18 bangsa spanyol memulai invasinya ke wilayah Amerika Selatan. Mendengar kepopuleran biji kakao, bangsa spanyol yang mulai membentuk koloninya pun membuat perkebunan kakao sendiri.

Mereka kemudian membawa kakao ke spanyol dan menyebarkannya ke seluruh eropa. Kala itu kakao populer sebagai minuman dan bahan campuran pembuatan kue. Negara swiss yang identik dengan cokelat kemudian mengolah cokelat menjadi snack yang merupakan cikal bakal cokelat bar yang kita nikmati sekarang ini. 

Cara menanam dan merawat tanaman kakao

Berikut ini adalah cara merawat tanaman kakao agar tumbuh subur:

  1. Tanamlah kakao pada sebidang tanah dengan curah hujan 1.100 ‐3000 mm per tahun.
  2. Tanaman ini memerlukan air yang banyak sepanjang tahun Jika curah hujan rendah, pakailah teknik iriga
  3. Teknik alamiah melalui biji. Pilihlah biji dari buah dan pohon yang kualitasnya bagus, kemudian cuci dengan air bersih dan jemur. Siapkan polybag yang diisi tanah dan pupuk lalu tanam biji.Bila biji sudah menjadi tumbuhan dan sudah agak besar, pindahkan ke tanah. Baca juga tentang Cara Merawat Tanaman yang Hampir Mati Paling Efektif
  4. Bisa juga menggunakan teknik okulasi. Buat sayatan pada kulit dahan yang bertunas,kemudian tempelkan ke dahan pohon lain yang sudah di sayat. Bungkus dengan sabut kelapa,tunggu sampai akar tumbuh. Pindahkan ke media tanaman
  5. Jarak tanam yang ideal antar pohon kakao adalah 3×3 m
  6. Lakukan penyulaman
  7. Berikan tanaman pelindung, ya, walaupun habitat asli tanaman ini adalah iklim tropis,tetapi tanaman ini tidak tahan terhadap sinar matahari langsung.
  8. Tanaman pelindung yang ideal adalah pohon pete karena pohon ini tinggi,dan menggugurkan daunnya secara berkala sehingga membuat pohon kakao tetap terkena sinar matahari dan mendapat pupuk alamiah dari daun-daun pete yang berguguran dan menyatu dengan tanah sekitar.
  9. Jarak tanaman dengan tanaman pelindung kurang lebih 1,5×1,5m
  10. Berikan pupuk secara berkala, pupuk diberikan dengan cara dimasukan ke dalam tanah disekitar pohon.
  11. Pupuk yang di gunakan bisa pupuk kandang ataupun pupuk urea atau bisa juga campuran keduanya
  12. Pemupukan biasanya dilakukan setahun dua kali . Yaitu pada saat musim hujan, sekitar bulan oktober-november atau pada bulan Maret-April.
  13. Pangkaslah pohon kakao. Pemangkasan berguna untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kakao.
  14. Pangkaslah dahan-dahan yang tidak produktif atau tidak ada buahnya.
  15. Bersihkan tanah di sekitarnya, pastikan tidak ada benalu maupun rumput.

Cara merawat tanaman kakao agar tumbuh subur adalah dengan terus menyiramnya secara rutin sesuai kebutuhan tanaman. Juga, membarikan pupuk dan menjaganya dari hama atau penyakit.  Baca juga tentang Cara Mengatasi Busuk Buah pada Melon

Pengendalian hama

  1. Bungkuslah buah kakao dengan jaring untuk menghindari hama tikus
  2. Semprotkan Insektisida
  3. Gunakan senjata alami untuk mengusir hama yaitu peliharalah semut merah atau hitam di sekitar pohon
  4. Semut hitam dan semut merah juga ikut membantu proses penyerbukan.

Baca juga tentang: Cara Menanam Apel Malang – Cara Menanam Mangga dengan Cangkok

Manfaat cokelat

Menurut penelitian, cokelat mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia. Cokelat mengandung antioksidan yang bernama fenol dan flavonoid. Fenol dan flavonoid ini dapat membantu menurunkan kadal kolesterol,menangkal radikal bebas, mencegah penyakit jantung ,mencegah terjadinya stroke dan darah tinggi. Cokelat juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin E, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan vitamin D.

Selain itu, coklat juga mengandung zat lain yang diperlukan tubuh seperti zat besi, kalium,kalsium dan magnesium. Namun, yang perlu diperhatikan adalah, semua manfaat dari cokelat ini hanya bisa kita dapatkan kalau kita mengkonsumsinya secara benar.

Cara sehat mengkonsumsi cokelat adalah dengan tidak mencampurnya dengan bahan lain,terutama gula. Cokelat yang kita temui di sekitar kita memang adalah cokelat yang kurang baik,tinggi gula dan lemak seperti misalnya cokelat dalam bentuk bar maupun cake. Untuk sehatnya, pilihlah jenis cokelat dark chocolate.

Cokelat jenis ini mengandung cokelat murni yang lebih banyak dibandingkan jenis cokelat lainnya. Dark cokelat mengandung cokelat murni lebih dari 70% dari keseluruhannya, walaupun tetap ada campuran susu dan gula,tapi setidaknya, kita masih bisa merasakan manfaat dari mengkonsumsinya.

Artikel 15 Cara Merawat Tanaman Kakao agar Berbuah Lebat merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook