+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 3 Cara Menanam Bunga Cempaka di Perkarangan Rumah Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

3 Cara Menanam Bunga Cempaka di Perkarangan Rumah

Bagi anda pasti tidak asing dengan jenis bunga yang satu ini berbeda jika anda melihat Cara Menanam Durian Musang King, bunga cempaka banyak sekali di tanam di pekarangan, kebun bahkan ada yang menanamnya di depan rumah.

Bunga cempaka memiliki nama ilmiah Michelia champaca yang merupakan jenis pohon berbunga, cempaka sendiri memiliki banyak sekali variasi warna bunga mulai dari putih, kekuningan, hingga kuning terang. berbeda dengan tanaman hias ataupun pohon berbunga lainnya, cempaka memiliki bau khas yang harum dan semerbak.

Karakteristik Pohon Cempaka

Adapun ciri dari pohon bunga cempaka yang harus anda tahu sebelumnya, pohon cempaka di alam sendiri biasa tumbuh dengan ketinggian kurang lebih 30 m, namun jika cempaka ditanam ataupun dibudidaya di lingkungan anda maka tingginya rata- rata sekitar 15 hingga 25 m. Selain itu ada ciri khas dari pohon bunga cempaka yang berbeda dengan jenis pohon lainnya,  ketika anda memperhatikan sekilas memang tidak tampak namun rabalah ujung ranting pohon cempaka maka anda akan menemukan semacam rambut atau bulu halus.

Bentuk daun bunga cempaka sendiri pada umumnya tipis hampir menyerupai kulit dengan tekstur yang elastis. Adapun ciri dari bunga cempaka yang umumnya menempel pada dahan ataupun ranting pohon cempaka. Bentuk kelopak bunganya panjang dan meruncing di setiap ujungnya. Pohon cempaka juga memiliki buah berukuran sebesar ibu jari orang dewasa, buahnya sendiri mulanya berwarna hijau dengan permukaan yang kasar dan biasanya memiliki bintik ke abu- abuan lalu akan terbuka saat matang dan mengeluarkan biji yang berwarna merah tua.

Pada awalnya bunga cempaka berasal dari india dan seiring dengan berkembangnya era perdagangan dan pertanian maka bunga cempaka sudah bisa dijumpai bahkan di tanam di berbagai Negara tropis termasuk Indonesia. Selain sebagai hiasan pekarangan ataupun halaman rumah ternyata bunga cempaka memiliki banyak sekali manfaat berbeda jika anda melihat Cara Mengatasi Layu Fusarium pada Tanaman Cabe, mulai di bidang kesehatan, seni, hingga kecantikan.

Untuk kesehatan, daun bunga cempaka dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk batu ginjal, sesak napas, mengatasi bau mulut hingga kulit kayu pohon cempaka yang sangat efektif menurunkan demam pada anak.

Sedangkan untuk kecantikan sendiri biasanya orang lebih memanfaatkan bunganya, selain itu banyak sekali industri yang bergerak dibidang kecantikan membuat berbagai macam produk berbahan dasar bunga cempaka. Hal ini karena bunga cempaka yang memiliki aroma khas dan sangat wangi serta kandungan nutisinya, biasanya orang akan memanfaatkannya sebagai produk perawatan rambut dan parfum. Banyak sekali bukan manfaat yang ada pada bunga cempaka, walaupun ukuran pohon yang terbilang sangat tinggi namun lingkar batangnya tidak begitu besar malah cenderung ramping.

Cara Menanam Bunga Cempaka

Selain karena manfaatnya berbeda jika anda melihat Penyebab Penyakit Patek (Antraknosa), ternyata bunga cempaka sangat mudah ditanam terlebih di Indonesia. Untuk menanamnya pun sangat praktis dan murah, anda tidak perlu melakukan cara menanam ataupun perawatannya dengan metode khusus cukup dengan cara sederhana yang anda bisa maka pohon cempaka akan tumbuh dengan baik. 

Selain itu bunga cempaka mudah bertahan hidup dan ditanam. Bagi anda yang tertarik untuk menanamnya di rumah, berikut kami sampaikan informasi mengenai cara menanam bunga cempaka yang praktis dan murah.

  1. Bibit Bunga Cempaka

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam cara menanam bunga cempaka yaitu menyiapkan bibit bunga cempaka. Ada berbagai macam yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan bibitnya berbeda dengan Cara Mengatasi Busuk Buah pada Melon, dan berikut penjelasannya :

  • Untuk bibit bunga cempaka, anda bisa membelinya di toko bibit secara langsung ataupun online. Jika anda membeli bibit di toko online, pastikan anda melihat review toko terlebih dahulu dan bertanya kepada pemilik toko.
  • Pililah bibit yang sudah layak tanam dan memiliki kualitas yang baik, adapun ciri dari bibit bunga cempaka layak tanam dan berkualitas baik yaitu bibit tidak mengalami rusak ataupun cacat.
  • Pastikan akar pada bibit sudah tumbuh dan berkembang dengan baik, pastikan juga daun atau batangnya tidak layu. Untuk bibit siap tanam merupakan bibit yang sudah dipindahkan pada polybag berukuran sedang dengan tinggi bibit sekitar 30 hingga 50 cm.
  • Selain membeli bibit, anda juga bisa memperolehnya dari biji buah pohon cempaka secara langsung.
  • Caranya mungkin sedikit rumit karena anda perlu melakukan proses pemilihan behih, penyemaian benih hingga menjadi bibit yang layak tanam.
  • Adapun cara lain yang cepat yaitu dengan melakukan cangkok. Perlu anda ketahui pohon bunga cempaka yang sudah berumur lebih dari 3 tahun memiliki batang dan dahan yang yang mudah untuk dicangkok.
  • Jika anda ingin mencangkok, maka pilihlah indukan yang memiliki kualitas baik yaitu sehat dan jarang terkena penyakit. Pilih juga pohon cempaka yang berbunga banyak.
  • Untuk lebih praktisnya anda disarankan memilih cara pertama agar lebih praktis dan mudah yaitu membeli bibit bunga cempaka di toko bibit tanaman. Anda hanya perlu melakukan proses pemindahan bibit dan merawatnya. 
    1. Media Tanam

    Adapun langkah terpenting dalam cara menanam bunga cempaka yaitu menyiapkan media tanam yang tepat untuk bibit yang telah anda siapkan.

    Caranya sangat mudah dan praktis, berikut penjelasannya :

  • Untuk media tanam anda tidak harus menanam bunga cempaka secara langung di lahan pekarangan ataupun taman, anda juga bisa menanamnya di pot.
  • Adapun cara menanam bibit bunga kenanga di dalam pot yang mudah dan hemat yaitu campurkan tanah, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan yang sama yaitu 1: 1: 1.
  • Masukkan tanah campuran ke dalam pot, usahakan anda memilih pot dengan ukuran besar dan sisakan ruang setinggi 15cm agar tanahtidak tumpah ketika anda memindahkan pot.
  • Buatlah lubang tanam dan buka polybag pada bibit secara perlahan agar tidak merusak akarnya lalu masukkan ke dalam lubang dan tutup dengan tanah.
  • Jangan lupa padatkan sedikit agar bibit berdiri kokoh.
  • Letakkan pot tersebut di tempat yang agak teduh sekitar 2 bulan, lalu anda bisa memindahkannya di ruang terbuka.
  • Adapun cara menanam bibit di tanah langsung yaitu anda bisa memilih lokasi tanam yang mudah dijangkau dan bersih dari limbah.
  • Lakukan proses penggemburan dan pemupukan secara bersamaan terlebih dahulu agar tanah ternutrisi dengan baik sehingga dapat menunjang pertumbuhan serta perkembangan tanaman nantinya.
  • Buatlah lubang tanam dengan ukuran 50x 50x 50 cm dan masukkan bibit bunga cempaka anda yang sudah dibuka polybag ataupun plastiknya.
  • Tutup lubang dengan tanah yang sama dan padatkan, buat juga gundukan tanah untuk mencegah penyusutan tanah saat hujan ataupun penyiraman.
    1. Perawatan

    Adapun cara merawat bibit bunga cempaka dalam cara menanam bunga cempaka yang berbeda dengan Cara Menanam Bunga Kancing, perawatannya sangat mudah dan praktis. Lakukanlah perawatan berikut dengan tepat untuk menjaga keindahan bunga cempaka anda :

  • Lakukan penyiraman secara rutin terutama saat musim kemarau tiba untuk bibit yang baru saja anda tanam, jika pohon sudah berumur 1 tahun maka anda bisa menyiramnya seperlunya saja.
  • Pemupukan lanjutan bisa anda lakukan di awal musim hujan dan menjelang musim kemarau. Sembari melakukan pemupukan, anda juga bisa melakukan penyiangan untuk menjaga kebersihannya.
  • Lakukan juga pemangkasan setiap tahunnya dan semprot dengan pestisida serta beri obat tanaman untukmengatasi hama dan penyakit yang menyerang.
  • Bunga cempaka dapat dipanen sekitar setahun setelah masa tanam, untuk memanennya anda bisa melakukannya disaat sore hari untuk menjaga kesegaran bunga cempaka.
  • Itulah cara menanam bunga cempaka paling mudah, murah dan praktis. Lakukan dengan tepat dan cermat untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Selamat mencoba.

    Artikel 3 Cara Menanam Bunga Cempaka di Perkarangan Rumah merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook