+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 3 Cara Menanam Bunga Lotus di Perkarangan Anda Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

3 Cara Menanam Bunga Lotus di Perkarangan Anda

Ada berbagai jenis tanaman hias yang mungkin bisa menjadi pilihan alternatif anda dalam bercocok tanam. Bercocok tanam sendiri biasanya dijadikan sebagai hobi yang paling banyak diminati. Selain dapat memberikan sensasi tersendiri berbeda jika anda melihat Cara Mengatasi Penyakit Embun Bulu pada Melon, hobi yang satu ini merupakan salah satu jenis hobi yang sangat ramah lingkungan.

Ada berbagai manfaat yang bisa anda dapatkan dari melakukan hobi bercocok tanam. Dengan bercocok tanam, suasana rumah anda menjadi lebih asri dan segar. Anda juga bisa melepas stress ataupun penat ketika melakukan bercocok tanam.

Dan untuk tanaman hias sendriri ada banyak sekali macamnya seperti tanaman hias bunga, kaktus, hingga tanaman hias yang hanya berupa daunnya saja. Berbeda pula media tanamnya, ada tanaman hias yang dapat ditanam dengan media tanah, hingga air. Bagi anda yang tertarik untuk menanam jenis tanaman hias dengan media air, ada salah satu jenis tanaman berbunga yang saat ini sedang menjadi sorotan publik. Yaitu bunga lotus yang memiliki bentuk unik dengan habitatnya yang memang di air.

Bunga lotus sendiri lebih dikenal dengan nama bunga seroja atau teratai dengan nama ilmiah Nelumbo nucifera geratn dan merupakan jenis tumbuhan air tahunan berasal dari wilayah India. Bunga lotus sendiri sebenarnya memiliki banyak sekali macamnya, mulai dari warna, bentuk bunga, hingga bentuk daun yang berbeda. Namun bunga lotus memiliki ciri umum yaitu memiliki tangkai bunga yang tegak dengan bentuk tangkai berongga di tengahnya. Daunnya tumbuh melebar dan cenderung membulat serta mengapung di permukaan air. Daunnya sendiri keluar dari tangkai yang berasal dari rimpang yang berada di dalam lumpur atau dasar rawa.

Cara Menanam Bunga Lotus

Bunga lotus sendiri dapat tumbuh sekitar 1 hingga 1,5 meter dan berbeda jika anda melihat Cara Menanam Bunga Ekor Tupai, yang membedakan bunga lotus dengan jenis bunga lainnya yaitu daun yang melebar akan tumbuh tegak ke atas dan berlapis lilin. Untuk daunnya sendiri jika dibiarkan dapat tumbuh hingga mencapai diameter 60 cm. sedangkan bunga lotus sendiri merupakan jenis bunga yang mampu tumbuh besar hingga mencapai diameter 20 cm. untuk warnanya pun bermacam- macam mulai dari putih bersih, putih tulang, kuning, merah jambu, hingga ungu.

Dengan bentuk bunga yang cantik anda bisa menanamnya di tempat yang sesuai khususnya bagi anda yang ingin membuat suasana rumah jadi lebih damai. Cara menanam bunga lotus sendiri sangat mudah dan praktis sama halnya dengan cara perawatannya yang terbilang sangat ekonomis. Berbeda dengan jenis tanaman hias pada umumnya, cara menanam bunga lotus tidak membutuhkan banyak alat dan bahan. Cukup menyediakan benih atau bibit bunga lotus dan anda sudah siap untuk melakukan cara menanam bunga lotus. Berikut kami sampaikan penjelasannya.

  1. Benih Bunga Lotus

Langkah pertama yang harus anda lakukan terlebih dahulu dalam cara menanam bunga lotus yaitu menyiapkan benih bunga lotus. Untuk menyiapkan benih bunga lotus sangat mudah apalagi jika rumah anda dekat dengan rawa ataupun tanam lotus. Namun jika anda tidak menemukan bunga lotus di sekitar tempat anda tinggal, anda bisa membelinya di toko bibit. Adapun penjelasan untuk memperoleh benih lotus :

  • Jika anda ingin mendapatkan benih lotus di toko sama halnya jika anda melihat Cara Menanam Bunga Ekor Kucing, terlebih dahulu pilihlah toko tanaman hias yang benar- benar terpercaya. Anda bisa melihat review toko dan bertanya- Tanya pada penjualnya.
  • Pastikan benih pilihan anda merupakan benih yang layak tanam dan berkualitas baik.
  • Adapun cara jika anda ingin memperoleh benih lotus secara langsung dari indukan bunga lotus.
  • Pertama, perhatikan tanaman bunga lotus dan pilih indukan yang sehat juga bagus dengan ciri bunga terbentuk dengan sempurna dan tidak cacat.
  • Setelah itu ambil biji lotus pada tanaman bunga lotus, bunga sedikit sisi yang tenggelam dari biji lotus hingga anda bisa melihat sedikit bagian dalamnya.
  • Hati- hati saat anda membuka biji lotus, pastikan anda menggunakan pisau ataupun gunting yang tajam sehingga tidak merusak embrio pada biji.
  • Setelah itu biji bunga lotus siap untuk disemai hingga tumbuh menjadi bibit. 
    1. Bibit Bunga Lotus

    Setelah anda berhasil mendapatkan benih bunga lotus dengan kualitas yang baik dan layak tanam, langkah berikutnya yaitu anda bisa mulai menyemai benih. Dalam cara menanam bunga lotus berbeda jika anda melihat Cara Menanam Brokoli, menyemai benih sangatlah mudah, anda tidak perlu menyediakan media semai seperti pada umumnya dan berikut penjelasannya :

  • Pertama, sediakan wadah berupa ember. Untuk wadah anda bisa menyesuaikan dengan banyaknya jumlah benih lotus yang ingin anda semai dan tanam nantinya. Selain wadah, sediakan juga air bersih dan penuhi wadah tersebut dengan air.
  • Masukan benih ke dalam wadah berisi air dan rendam hingga muncul akar pada biji bunga lotus.
  • Untuk perawatan pada media semai, anda diharuskan mengganti airnya setiap 2 kali sehari pada saat pagi dan sore. Ini sangat penting selain untuk menjaga nutrisi mineral pada media juga untuk menjaga kebersihan benih yang akan tumbuh.
  • Biasanya benih akan tumbuh sekitar 1 minggu setelah disemai, adapun cirri benih yang tumbuh dan sudah siap dipindahkan yaitu benih yang sudah berakar lembut dan memiliki sekitar 2 hingga 3 helai daun.
  • Kira- kira anda sudah bisa memindahkannya ke media tanam setelah 2 minggu masa semai dimana benih telah menjadi bibit dengan ketinggian sekitar 3 hingga 5 cm. 
    1. Media Tanam Bunga Lotus

    Langkah selanjutnya dalam cara menanam bunga lotus yaitu menyiapkan media tanam. Berbeda jika anda menanam bunga pada umumnya yang membutuhkan media tanam tanah. Menanam lotus membutuhkan banyak media berupa air, dan berikut penjelasannya:

  • Untuk menyediakan media tanam bunga lotus sendiri bisa anda lakukan saat anda sedang menyemai benih lotus sembari menunggu pertumbuhan benih menjadi bibit atau sekitar 1 hingga 2 minggu setelah anda menyediakan benih.
  • Siapkan tanah dan wadah untuk media tanamnya berbeda dengan Cara Menanam Bunga Melati, untuk wadah anda bisa menggunakan pot ataupun kolam. Berbeda jika anda menanam bunga, jika anda memilih pot sebagai wadah media tanam, pastikan pot tidak memiliki lubang di bawahnya.
  • Karena bunga lotus tumbuh dengan cara melebar dan akan cenderung memenuhi permukaan wadah, pilihlah wadah yang memiliki permukaan yang luas.
  • Masukkan tanah tanpa dicampur dengan pupuk pada wadah yang anda siapkan dan biarkan selama kurang lebih 2 minggu.
  • Tanam bibit lotus pada media tanah yang ada di air. Usahakan anda benar- benar menanamnya, untuk mempermudah penanaman anda bisa sedikit menguras airnya dan menanamkan bagian akar bibit buna lotus pada tanah.
  • Beri air secukupnya hingga mencapai ketinggian di bawah batas daun sehingga akan terlihat bahwa daun lotus mengapung.
  • Berikan pupuk setelah masa pemindahan kurang lebih 2 minggu.
  • Itulah cara menanam bunga lotus yang sangat mudah dan praktis, untuk perawatannya sendiri anda hanya perlu menambah air untuk menjaga agar daun lotus tidak tenggelam dan memupuknya setiap 2 hingga 3 minggu sekali. Selamat mencoba.

    Artikel 3 Cara Menanam Bunga Lotus di Perkarangan Anda merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook