+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 3 Cara Menanam Bunga Puring dan Perawatannya Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

3 Cara Menanam Bunga Puring dan Perawatannya

Bagi anda yang memiliki hobi bercocok tanam ataupun mengoleksi tanaman hias pasti familiar dengan jenis tanaman hias yang satu ini. Selain ditanam sebagai penghias lahan berbeda jika anda melihat Cara menanam Jagung di Gelas Plastik , tanaman ini juga dapat ditemui dengan mudah karena di beberapa daerah tanaman ini dapat tumbuh liar.

Puring merupakan salah satu tanaman yang saat ini banyak sekali dicari bahkan tanaman ini sudah menjadi kebutuhan banyak orang mengingat bahwa di beberapa daerah diwajibkan untuk menanam puring sebagai bentuk usaha penghijauan.

Selain itu puring merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak sekali jenisnya, inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Berbeda pula dengan jenis tanaman hias lainnya, harga puring tidaklah mahal. Hal ini karena puring merupakan jenis tanaman yang sangat mudah untuk dibudidayakan. Secara ilmiah, puring memiliki nama latin Codiaeum variegatum dan memiliki nama lain kroton. Secara fisik, puring memiliki bentuk tanaman seperti perdu dan sangat populer sebagai tanaman pekarangan.

Jenis dan variasi puring ini dibedakan menurut bentuk dan warna daun berbeda jika anda melihat Cara Merawat Tanaman Sukulen, ada banyak sekali warna dan bentuk pada daun puring. Beragam kultivar puring telah dikembangkan dengan variasi warna hijau, kuning, jingga, ungu, dan berbagai campuran lainnya. Untuk bentuk daunnya sendiri ada beberapa macam seperti oval, memanjang, bergelombang, dan masih banyak lagi. Puring masih satu family dengan singkong dan kastuba, hal ini dapat dilihat pada adanya lateks putih dengan tekstur yang lengket dan pekat, ini merupakan salah satu ciri khas suku Euphorbiaceae.

Perlu anda ketahui bahwa puring merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari Nusantara, seiring dengan berkembangnya era perdagangan dan pertanian maka puring tersebar luas hingga ke seluruh daerah tropik dan sub tropik. Tidak hanya sebagai tanaman hias sajapuring biasa dijadikan sebagai tumbuhan yang wajib ada saat upacara keagamaan. Bahkan sebagian besar masyarakat Indonesia telah menjadikannya sebagai salah satu symbol pada saat upacara kematian dan biasanya juga ditanam di daerah makam.

Cara Menanam Bunga Puring

Selain itu puring ternyata memiliki kandungan serta zat yang sangat baik untuk kesehatan bahkan bisa dijadikan obat untuk beberapa penyakit ringan hingga kronis. Keberadaan puring sendiri sudah dianggap familiar di kalangan orang tertentu tidak hanya para pecinta tanaman hias saja, bahkan dikalangan para ulama.

Puring sendiri juga sangat mudah tumbuh dan dibudidayakan berbeda jika anda melihat Cara Merawat Tanaman Kaktus, sudah banyak sekali orang melakukan cara menanam bunga puring sebagai salah satu ladang bisnis mereka. Untuk anda yang tertarik dengan puring, berikut penjelasan mengenai cara menanam bunga puring. 

  1. Media Tanam Bunga Puring

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam cara menanam bunga puring yaitu menyiapkan media tanam yang tepat berbeda dengan Cara Merawat Tanaman Anthurium, untuk media tanamnya anda tidak perlu khawatir karena puring mudah tumbuh dan beradaptasi. Berikut penjelasannya :

  • Sebelum anda menanam, usahakan anda menyiapkan media tanam 2 minggu sebelumnya.
  • Untuk media tanam anda dapat memilih lokasi yang tepat terlebih dahulu, yaitu merupakan lokasi yang bersih dari limbah serta polusi.
  • Setelah itu anda bisa memilih dari 2 jenis media tanam, anda bisa menanamnya secara langsung di tanah ataupun di dalam pot.
  • Jika anda ingin menanamnya di tanah secara langsung maka anda harus melakukan pembersihan terlebih dahulu.
  • Bersihkan lahan dari rumput liar, sampah, dan batu kerikil karena ini dapat mengganggu proses pertumbuhan bunga puring nantinya.
  • Lakukan juga proses penggemburan tanah, anda bisa menggunakan alat seperti sekop ataupun cangkul untuk mempermudahnya.
  • Sembari menggemburkan tanah, anda bisa melakukan pemupukan menggunakan pupuk kompos ataupun kandang dengan perbandingan 1 : 1.
  • Akan lebih praktis jika anda membuat media tanam pada pot, anda tinggal mencampurkan tanah dan pupuk saja dengan perbandingan yang sama yaitu 1 : 1.
  • Setelah siap, lakukan penyiraman untuk melembabkan tanah selain itu buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 5 hingga 10 cm. 
    1. Pembibitan Bunga Puring

    Langkah selanjutnya dalam cara menanam bunga puring yaitu melakukan pembibitan. Ini sangat penting untuk mendapatkan tanaman bunga puring yang berkualitas baik. Untuk itu berikut penjelasannya :

  • Untuk pembibitan bunga puring sangat mudah, anda bisa melakukannya dengan cara stek batang ataupun cangkok.
  • Pertama, pilihlah batang bunga puring yang baik dan sehat. Setelah itu keroklah batang menggunakan bisau hingga lendirnya keluar dan buang lendirnya hingga bersih.
  • Selanjutnya tutup batang yang sudah tidak berlendir dengan tanah dan bungkus menggunakan plastik.
  • Lakukan proses penyiraman secara rutin hingga terlihat akarnya dan potong bagian batang tersebut. Biasanya ini memakan waktu hingga 3 minggu.
  • Adapun tips bagi anda yang menginginkan bunga puring dengan kualitas baik yaitu pilihlah tanaman puring yang sudah tua dan sehat sebagai indukan.
  • Gunakan tanah steril dan sabut kelapa yang sebelumnya sudah dibasahi terlebih dahulu, ini akan mempercepat proses pertumbuhan akar.
    1. Perawatan Bunga Puring

    Langkah terpenting selanjutnya yaitu melakukan proses penanaman bibit bunga puring pada media tanam.

    Selain itu dalam cara menanam bunga puring yang baik, agar bunga puring anda selalu terjaga keindahan serta kesuburannya berbeda dengan Cara Menanam Bunga Bakawali , anda juga harus melakukan perawatan dan berikut penjelasannya :

  • Pertama, bibit hasil cangkoan atau stek harus ditanam terlebih dahulu dengan posisi tegak lurus.
  • Jika anda menanam di pot, maka anda bisa langsung menanamnya dan memadatkan tanah pada media tanam.
  • Namun jika anda menanamnya di tanah langsung, buatlah jarak sekitar 30 hingga 50 cm setiap lubang tanam dan setelah itu anda baru bisa menanamnya.
  • Setelah anda menanam, lakukan proses perawatan dengan melakukan penyiraman secara rutin.
  • Untuk penyiraman anda bisa menyesuaikan musim saat itu, jika musim kemarau maka disarankan anda menyiramnya sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore. Sangat penting untuk mejaga kelembaban tanah di musim kemarau agar bunga puring tumbuh subur.
  • Jika musim hujan tiba, anda bisa menyiramnya sebanyak 1 kali saja di pagi atau sore hari tergantung keadaan tanah. Jika tanah sudah lembab anda juga tidak perlu menyiramnya lagi.
  • Hindari proses penyiraman berlebih karena dapat menyebabkan busuk akar, siram seperlunya saja.
  • Jangan lupa untuk menancapkan kayu ataupun besi untuk menjaga agar bunga puring tumbuh tegak dan tidak mudah roboh.
  • Selain itu, anda harus melakukan pemangkasan selain untuk merapikan juga membantu proses regenerasi dan pertumbuhan bunga puring lebih cepat dan baik.
  • Lakukan penyiangan untuk menjaga kebersihannya dan hindarkan dari adanya rumput liar.
  • Lakukan juga pemupukan lanjutan, ini sangat penting untuk menjaga kesuburan bunga puring anda.
  • Itulah langkah mudah dan sederhana dalam cara menanam bunga puring, lakukan perawatan dengan tepat agar bunga puring anda terjaga keindahannya. Semoga informasi di atas menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda.

    Artikel 3 Cara Menanam Bunga Puring dan Perawatannya merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook