+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 3 Cara Menanam Bunga Srigading di Pot dengan Media Air Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

3 Cara Menanam Bunga Srigading di Pot dengan Media Air

Apakah anda pernah mengetahui tentang apa itu Bunga Srigading? Mungkin beberapa dari anda masih belum mengetahui tentang apa itu Bunga Srigading, atau mungkin sebagian dari anda pernah menemukan atau bahkan memiliki bunga ini namun anda tidak mengetahui bahwa bunga yang anda miliki tersebut disebut dengan Bunga Srigading.

Bunga Srigading atau yang memiliki nama lain Bunga Sirih Gading merupakan salah satu tanaman yang masuk ke dalam kategori tanaman hias yang menjadi favorit para pecinta tanamanan yang biasanya Bunga Srigading akan digunakan untuk menghiasi ruangan maupun juga pekarangan anda, dan dalam beberapa kasus juga ditemukan bahwa Bunga Srigading sering digunakan sebagai hiasan ruangan yang ada di tempat kerja atau instansi seperti sekolah, rumah sakit, dan lain sebagainya.

Bunga Srigading ini tumbuh dengan cara merayap dan juga tidak rewel. Yang dimaksud rewel di sini adalah bahwasanya Bunga Srigading lebih tahan terhadap berbagai kondisi meskipun memang ditentukan dengan kualitas dari tanaman itu sendiri karena biasanya suatu tanaman yang rawan terkena “penyakit” karena disebabkan dia berasal dari bibit yang kurang berkualias selain memang karena dia kurang mendapat perawatan dari pemiliknya.

Nama lain dari Bunga Srigading adalah Empipremnum Aureum, yang mana tumbuhan jenis ini masih dalam satu keluarga atau spesies dengan keluarga Araceae yang mana berasal dari Mo’orea, Polinesia, Perancis. Perlu anda tahu bahwa spesies jenis ini dianggap sebagai salah satu tanaman hias yang paling banyak digunakan dan mejadi favorit bagi para penduduk yang berada di iklim sedang.

Bunga Srigading berkembang di negara atau daerah yang memiliki iklim mulai dari tropis sampai dengan sub tropis yang berada di seluruh dunia, seperti misalnya negara Australia Utara dan juga daerah di Asia Tenggara sampai berkembang di beberapa negara seperti Pakistan, India, Hawaii, Hindia Barat, dan juga tumbuh di daerah Bangladesh.

Mitos Mengenai Bunga Srigading

Menurut beberapa orang Bunga Srigading malah dianggap sebagai Pohon Setan atau Devil’s Ivy, mengapa demikian? Karena memang perkembangan dari tanaman jenis ini tidak bisa dikontrol atau tidak bisa dibasmi karena memang pertumbuhan dari Bunga Srigading bisa dikatakan lebih invasif dibandingkan dengan tanaman atau bunga jenis lainnya yang mana akibat dari invasif ini maka bisa membuat tanaman ini bisa menutup tanah lebih cepat dibandingkan tanaman lainnya.

Namun di beberapa negara seperti India dan Pakistan, Bunga Srigading justru disebut sebagai Tanaman Uang atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai Money Plant karena Bunga Srigading dipercaya bisa memberikan keuntungan bagi siapapun yang memeliharanya dan biasanya para penduduk yang ada di negara India, Pakistan, maupun juga Bangladesh akan menaruh jenis tanaman ini pada toko mereka dengan harapan bahwa dengan meletakkan Bunga Srigading di toko maka akan membuat toko tersebut banyak pembelinya.

Namun meskipun begitu, masih sedikit orang yang mengetahui tentang bagaimana cara menanam Bunga Srigading karena mungkin minimnya pengetahuan dan informasi yang mereka dapat. Namun anda tidak perlu khawatir karena pada kesemaptan kali ini kami akan memberikan beberapa penjelasan yang sangat penting yang berkaitan dengan bagaimana cara menanam Bunga Srigading. Dengan mengetahui informasi ini diharapkan agar nantinya mempermudah anda dalam menanam Bunga Srigading serta juga mempermudah dalam hal merawatnya. 

Cara Menaman Bunga Srigading 

Berikut ini akan kami jelaskan mengenai bagaimana cara menanam Bunga Srigading baik di pot maupun juga di dalam air termasuk juga kami akan jelaskan megenai bagaimana cara merawat Bunga Srigading agar supaya tanaman yang anda tanam dapat bertahan dalam waktu yang lama. Kami juga menyarankan anda untuk mengetahui beberapa informasi seperti cara merawat tanaman cengkeh, cara merawat tanaman anggrek, atau pun juga anda perlu tahu mengenai cara merawat bunga bougenville.

  1. Cara Menanam Bunga Srigading di Pot

  • Yang pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memilih benih yang memiliki kualitas terbaik dan tentunya layak untuk ditanam.
  • Yang kedua yang harus anda lakukan adalah dengan membuat suatu media tanam yang berupa campuran dari tanah yang subur dengan pupuk organik ataupun anda juga bisa menggunakan campuran antara tanah yang subur dengan menggunakan pupuk kandang atau kompos.
  • Perlu anda tahu bahwa media tanam yang akan dilakukan nantinya bertujuan untuk menambah kandungan nutrisi maupun juga hara yang ada di dalam tanah. Dengan kandungan hara serta nutrisi yang banyak inilah diharapkan bisa membuat Bunga Srigading bisa tumbuh dengan baik.
  • Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan pot yang tentunya sesuai dengan Bunga Srigading yang ingin anda tanam.  
  • Adapun pot yang nantinya akan digunakan sebagai tempat atau wadah dari Bunga Srigading harus disesuaikan dengan bibit Srigading yang akan ditanam. Karena jika misalnya pot dan bibit Srigading tidak sesuai, kemungkinan akan menganggu pertumbuhan dari tanaman itu sendiri.
  • Selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah bibit yang akan anda tanam nanti diharuskan memiliki potongan batang yang jaraknya agak jauh dengan pucuk, yakni dengan jarak kurang lebih sejauh 10 cm.
  • Cara menanam Bunga Srigading di pot yang terkahir yang harus anda perhatikan adalah ushakan ketika anda menanam, arah atau posisi dari tanaman tersebut tidak terbalik karena dalam beberapa kasus ditemukan bahwa posisi ketika mereka menanam Bunga Srigading terbalik sehingga menyebabkan tanaman ini tidak bisa tumbuh dengan baik atau bahkan bisa sampai mati.
  • Perlu anda ketahui jika misalnya anda menaruh Bunga Srigading di dalam vas, maka anda harus mengganti airnya dua sampai 3 hari sekali agar supaya air tersebut tidak dijadikan sebagai tempat perkembangbiakan jentik yang kemudian bisa berubah menjadi nyamuk dan cara ini juga disebutkan di dalam cara merawat bunga di dalam ruangan.

    2. Cara Menanam Bunga Srigading di Dalam Air

  • Sebenarnya cara menanam Bunga Srigading di dalam air menurut beberapa orang dikatakan lebih mudah jika dibandingkan dengan menanamnya di atas pot.
  • Yang pertama harus anda lakukan adalah dengan memotong bagian batas yang sudah memiliki akar dengan panjang kurang lebih 15 cm.
  • Yang kedua adalah anda masukkan batang tersebut ke dalam wadah yang sebelumnya sudah anda isi dengan air. Air ini nantinya akan digunakan harus mengandung mineral asli seperti misalnya menggunakan air sumur.
  • 3. Cara Merawat Bunga Srigading

    Sebenarnya cara merawat Bunga Srigading tidak jauh berbeda dengan cara merawat bunga mawar agar tidak layu karena memang kedua perawatan yang dilakukan tidak terlalu sulit.

  • Jika sudah terjadi musim kemarau, maka anda harus menyiram tanaman ini setiap hari karena dikhawatirkan jika anda jarang menyiramnya maka akan menyebabkan Bunga Srigading menjadi kering.
  • Seperti perawatan pada tanaman secara umum, anda sangat tidak dianjurkan untuk menyiram tanaman ini ketika hari masih panas, atau pun anda menyiramnya langsung kepada daunnya karena nantinya bisa menyebabkan daun tersebut menjadi rusak.
  • Namun, anda harus menyiram tanaman ini atau tanaman jenis lain ketika udara masih sejuk seperti misalnya sore atau malam hari atau bahkan anda bisa menyiramnya pada dini hari. Hal ini berfungsi selain mencegah daun tanaman Srigading rusak, menyiram pada waktu – waktu yang telah disebutkan tadi untuk menghindari air tersebut menguap daripada terserap oleh tanaman itu sendiri.
  • Artikel 3 Cara Menanam Bunga Srigading di Pot dengan Media Air merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook