+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 3 Cara Menanam Karet Kebo Bagi Pemula Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

3 Cara Menanam Karet Kebo Bagi Pemula

Bagi sebagian besar orang yang memiliki kegemaran bercocok tanam berbeda jika anda melihat Cara Menanam Bunga Matahari, pasti jenis tanaman yang satu ini sangat familiar.

Karet kebo merupakan salah satu jenis tanaman hias yang awalnya berasal dari india. Seiring berkembangnya era perdagangan dan pertanian, karet kebo tidak hanya diperjualbelikan namun dibudidayakan di berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia.

Karet kebo memiliki nama ilmiah Ficus elastic dan merupakan spesies tumbuhan dari genus ficus. Penamaan karet kebo sendiri berdasarkan dari kandungan kimia utama yang terdapat pada getahnya, yaitu senyawa karet atau latex. Inilah yang membuat tanaman yang satu ini diberi nama karet kebo, adapun sifat dari tanaman karet kebo yaitu daun pada tanaman cenderung memiliki rasa pedas.

Tidak hanya dijadikan sebagai hiasan, karet kebo dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Biasanya karet kebo dijadikan obat minum untuk melancarkan peredaran darah dan penghilang rasa sakit atau biasa disebut dengan obat analgesic.

Adapun ciri dari tanaman karet kebo, berbeda dengan jenis tanaman hias berdaun lainnya karet kebo memiliki daun yang cendrung besar dengan warna hijau keunguan. Selain itu adapun batangnya dari setiap tanaman yang tumbuh tegak lurus dan tidak memiliki cabang. Setiap batangnya hanya diisi dedaunan saja, dia alam liar sendiri karet kebo mampu tumbuh dengan ketinggian hingga 3 m. sedangkan jika anda menanamnya sendiri di rumah, karet kebo hanya mampu tumbuh hingga setinggi 1m saja.

Banyak orang memilih menanam karet kebo sebagai salah satu tanaman hias karena selain bentuknya yang unik, tanaman ini juga sangat mudah di tanam dan dirawat. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal dan tenaga ekstra dalam menanamnya. Selain itu karet kebo bersifat netral sehingga akan cocok ditanam dimanapun. Anda bisa menanamnya di media tanam berupa pot ataupun langsung pada lahan tanam seperti pekarangan dan kebun. Biasanya orang menanam karet kebo untuk dijadikan sebagai bahan dekorasi ruang.

Bagi anda yang tertarik untuk menjadikan karet kebo sebagai pilihan alternatif untuk bercocok tanam berbeda dengan Cara Menanam Cabe di Ember, berikut kami sampaikan cara menanam karet kebo yang mudah dan praktis. Anda hanya memerlukan alat dan bahan yang mudah ditemui seperti media tanam pot, gunting ataupun pisau, air, tanah, pupuk, dan beberapa alat lainnya.

Cara Menanam Karet Kebo

  1. Bibit Karet Kebo

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan bibit karet kebo, untuk menanam karet kebo anda harus menyiapkan bibit dengan kualitas yang baik dan layak tanam. Bibit karet kebo sendiri bisa anda dapatkan dengan cara stek batang, dan berikut merupakan penjelasannya :

  • Pertama pilihlah indukan tanaman karet kebo yang memiliki kualitas baik hampir sama dengan Cara Menanam Bunga Lipstik, dengan daun yang sehat dan tidak terkena hama ataupun penyakit.
  • Setelah anda menemukan indukan yang pas, bersihkan lapisan tanah bagian atas dasar tanaman indukan karet kebo pada bagian belakang dan sampingnya.
  • Carilah tunas dengan jumlah daun 2 hingga 3 lembar, perlu anda ketahui bahwa sangat penting untuk mencari bakal stek dari bagian batang yang mendekati dasar tanaman. Hal ini karena batang yang lebih berkayu akan menghasilkan lebih banyak akar.
  • Pastikan bahwa bakal stek yang anda pilih memiliki panjang minimal 10 hingga 15 cm, anda bisa memilihnya di pagi hari agar batang terjaga kesegarannya ketika anda melakukan stek.
  • Setelah itu, potong bakal stek karet kebo yang telah anda pilih menggunakan gunting ataupun pisau yang benar- benar tajam agar bentuknya simetris. Lalu potonglah sekitar 5 cm di bawah nodus dedaunan bagian batang atau tanaman yang sedikit terlihat membengkok dimana tempat tumbuhnya tunas dan daun.
  • Buanglah kelebihan daun dengan memotong daun- daun di bagian bawah dan sepasang daun yang terletak paling atas, membuang daun- daun tersebut akan memicu tanaman menghasilkan lebih banyak akar.
  • Celupkan bagian bawah potongan batang karet kebo ke dalam hormon pengakaran, anda bisa menggunakan hormon dengan jenis cair ataupun bubuk. Stek karet kebo bisa berkembang tanpa hormon pengakaran, namun akan tumbuh lebih cepat jika anda menggunakan hormon.
    1. Media Tanam Karet Kebo

    Langkah selanjutnya dalam cara menanam karet kebo yaitu menyiapkan media tanam yang sesuai. Anda bisa memilih media tanam yang sesuai mulai dari pot hingga media tanam seperti pekarangan. Untuk lebih praktis dan mudah dalam merawat karet kebo kami sarankan anda memilih pot sebagai media tanam, berikut penjelasan lengkapnya :

  • Pertama, sediakan media tanam berupa polybag berukuran sedang untuk satu atau beberapa potong stek karet kebo. Hal ini untuk melakukan proses pembentukan akar terlebih dahulu sebelum anda memindahkannya ke media tanam lain seperti pot ataupun tanah langsung.
  • Masukkan tanah campuran yang terdiri dari gambut dan pasir atau vermiculite, dengan perbandingan 1: 1 sebanyak setengah bagian polybag.
  • Tambahkan tanah ke dalam polybag hingga hampir penuh dan siram dengan menggunakan metode spray. Untuk menyiramnya usahakan tanah tidak terlalu basah, ini bertujuan untuk melembabkan tanah saja dan pastikan tidak ada bagian tanah yang masih kering.
  • Tancapkan stek ke dalam polybag, tekan ke bawah secara perlahan hingga mencapai kedalaman kurang lebih 5 hingga 8 cm.
  • Biarkan selama 2 atau 3 minggu hingga terjadi proses perakaran, jangan lupa untuk meletakkan pot berisi stek karet kebo di luar rumah namun masih ternaungi dan terlindungi dari angin dan hujan.
  • Setelah berusia 2 atau 3 minggu berbeda dengan Cara Menanam Manggis dari Biji, jika stek sudah berakar anda bisa memindahkannya ke media tanam untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.
  • Pindahkan bibit stek karet kebo ke dalam pot sesuai dengan ukuran yang anda inginkan untuk setiap satu buah stek.
  • Sedangkan jika anda ingin menanamnya di lahan terbuka secara langsung, anda bisa langsung menanamnya begitu saja, tentunya jangan lupa untuk melakukan proses penggemburan tanah dan pemupukan terlebih dahulu sebelum memindahkannya.
  • Jangan lupa juga untuk mengukur pH tanah, pH yang baik untuk menanam karet kebo berkisar antara 5 hingga 8. Jika pH terlalu asam, anda bisa menambahkan kapur dolmit terlebih dahulu pada permukaan tanah.
    1. Perawatan Karet Kebo

    Langkah terakhir dalam cara menanam karet kebo yaitu melakukan perawatan yang tepat agar bunga panca warna anda selalu terjaga keindahannya. Dan berikut penjelasannya :

  • Pertahankan kelembaban tanah pada media tanam namun jangan terlalu berlebihan jika menyiram, anda hanya bisa menyiram jika tanah mulai kering saja dan hindari menyiram hingga tanah basah ataupun ada air yang menggenang karena dapat memicu terjadinya busuk akar.
  • Lakukan pemupukan lanjutan dan penyiangan setiap 2 minggu sekali berbeda jika anda melihat Cara Menanam Bunga Violet, jagalah kebersihan tanaman dengan melakukan pemangkasan untuk merapikan daunnya, selain itu ini juga bertujuan untuk meregenerasi tanaman.
  • Itulah langkah- langkah mudah dalam cara menanam karet kebo yang dapat anda lakukan di rumah. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan anda. Selamat mencoba.

    Artikel 3 Cara Menanam Karet Kebo Bagi Pemula merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook