+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 4 Cara Menanam Bawang Menggunakan Kotak Telur Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

4 Cara Menanam Bawang Menggunakan Kotak Telur

Seperti yang anda tahu, bawang merupakan jenis tanaman umbi yang memiliki banyak sekali lapisan tidak hanya itu bawang juga merupakan salah satu jenis rempah- rempah khas Indonesia. Bagi anda penggemar masakan lokal pasti akan sering menjumpai bawang pada masakan yang pernah anda santap.

Hal ini karena bawang sudah menjadi bagian wajib pada setiap masakan lokal asli khas Indonesia. Kita dapat menjumpainya diberbagai resep masakan seperti ikan, sayur bayam, nasi goring dan berbagai macam sambal seperti sambal terasi, sambal korek, sambal bawang dan masih banyak lagi.

Untuk jenisnya sendiri ada banyak sekali seperti bawang dayak, bawang bombay, dan bawang lanang. Namun yang seringkali kita jumpai di pasaran ataupun yang paling familiar untuk dijadikan bumbu pelengkap masakan yaitu jenis bawang merah dan bawang putih.

Untuk bawang putih berbeda dengan bawang merah, bawang putih memiliki aroma yang lebih menyengat dibandingkan bawang merah dan jumblahnya untuk setiap gerombolan lebih banyak dan rasanya lebih gurih. Sedangkan untuk bawang merah sendiri memiliki rasa yang lebih pedas dibandingkan bawang putih, aromanya juga tidak semenyengat bawang putih. Dan untuk bawang merah selain umbinya, kita juga bisa memanfaatkan daunnya sebagai pelengkap bahan masakan.

Namun saat ini seperti yang anda ketahui bahwa harga bawang putih ataupun bawang merah sedang mengalami ketidak stabilan yang luarbiasa, jika dipasaran harga bawang sedang turun maka akan turun drastis dan sebaliknya jika harga pasaran sedang mengalami kenaikan, harganya pun bisa dibilang kurang masuk akal untuk satu siungnya. Sama halnya dengan Cara Menanam Pohon Cendana, dengan ketidakstabilan harga ini, anda bisa meminimalisir dan mengatasinya dengan menanam sendiri bawang dirumah. Dengan menggunakan media tanam dari kotak telur bekas yang sering anda jumpai. Berikut merupakan cara menanam bawang menggunakan kotak telur yang sangat mudah untuk diikuti.

Cara Menanam Bawang Menggunakan Kotak Telur

  1. Bibit Bawang

Hal pertama ini sama jika anda melakukan Cara Menanam Bawang Bombay, yang harus anda siapkan adalah bibit bawang. Untuk bibit bawang, anda juga harus memilih jenisnya. Pilihlah jenis bawang yang paling sering anda butuhkan dirumah, jenis bawang merah atau bawang putih merupakan jenis bawang yang seringkali digunakan. Anda bisa memilih satu jenis di antara keduanya ataupun menanam keduanya. Berikut  langkah- langkah dalam menyiapkan bibit bawang :

  • Untuk bibit bawang pilihlah bawang dengan kualitas yang baik, cara pembibitan pada bawang merah ataupun bawang putih sama saja.
  • Bawang yang berkualitas memiliki ciri tidak cacat, berukuran besar dan sudah tua.
  • Setelah itu, siapkan gelas plastik ataupun wadah berisi air hingga agak penuh.
  • Tusukkan lidi ditengah- tengah umbi bawang dan gantungkan bawang di atas gelas dengan mengaitkan ujung lidi pada mulut gelas.
  • Usahakan bagian bawah bawang yaitu bagian akar terendam air namun jangan sampai seluruh bagian umbi bawang terendam air.
  • Letakkanlah media pembibitan di tempat yang tidak banyak terkena sinar matahari, anda juga bisa meletakkannya di ruangan yang gelap.
  • Tunggulah tunas hingga muncul kira kira setinggi 2 hingga 5 cm, dan bibit siap untuk ditanam di media tanam.
    1. Media Tanam

    Dalam waktu sekitar 5 hingga 7 hari sebelum masa tanam bibit bawang pada media tanam yang tentu saja ini sangat berbeda jika anda melakukan Cara Menanam Sawi Hijau Hidroponik, anda diharuskan untuk menyiapkan medianya terlebih dahulu. Dalam cara menanam bawang menggunakan kotak telur tidaklah sulit. Banyak orang memilih untuk menanam bawang dengan media kotak telur karena medianya yang mudah dijumpai dan murah. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang, malah anda bisa memperoleh keuntungan lebih. Berikut langkah- langkah dalam pembuatan media tanam :

  • Siapkan cairan nutrisi hidroponik ataupun pupuk cair dan air yang dicampur dengan tumbukan bawang merah secukupnya.
  • Menyiram air yang dicampur dengan tumbukan bawang merah pada mmedia kotak telur ini bertujuan untuk mempercepat serta merangsang pertumbuhan akar bawang dan agar bawang dapat dengan mudah beradaptasi.
  • Siapkan juga media kotak telur sebanyak 5 hingga 6 buah dan tumpuklah menjadi satu dan pastikan juga bahwa kotak telur merupakan kotak yang tidak terbuat dari plastik dengan kondisi baik dan tidak rusak.
  • Jika dirumah anda tidak dapat meemukan kotak telur seperti yang dimaksud, maka anda bisa mendapatkannya di toko kelontong terdekat ataupun pabrik telur jika ada.
  • Rendamlah ataupun siramilah tumpukan kotak telur berupa karton menggunakan cairan nutrisi hidroponik ataupun pupuk cair dan air campuran bawang merah hinga basah. Usahakan semua lapisan memiliki kadar air yang sama.
  • Biarkan hingga kotak telur menjadi lembab dan tidak ada air yang menggenang di dalamnya.
  • Langkah berikutnya, anda bisa mencampurkan sekam, tanah yang memiliki tekstur gembur dan pupuk kandang ataupun kompos dengan perbandingan 1: 1: 1.
  • Pastikan bahwa kotak telur lembab namun tidak basah, dan isilah bagian yang cekung dengan tanah campuran hingga agak penuh.
    1. Penanaman Bibit Bawang

    Selain murah dan mudah dengan menggunakan media kotak telur yang berbeda dengan Cara Menanam Bawang Dayak, maka anda bisa membantu melestarikan alam. Hal ini karena dengan menggunakan media kotak telur anda telah membantu untuk mengurangi limbah industri pertanian dengan pengolahan limbah yang baik dan benar. Sehingga cara menanam bawang dalam kotak telur termasuk dalam cara menanam yang sangat ramah lingkungan.

    Dan langkah terpenting berikutnya adalah :

  • Setelah media tanam siap, anda bisa mulai membuat lubang tanam pada media tanam menggunakan alat seperti sekop kecil ataupun dengan tangan anda.
  • Setelah itu, anda bisa mengambil bibit yang telah siap ditanam, sebelumnya pastikan anda telah melepaskan lidi yang menancap pada umbi bawang dan mencuci bibit dengan air bersih terlebih dahulu.
  • Setelah bibit siap, masukkan bibit pada lubang tanam dan tutupi lubangnya menggunakan tanah campuran yang sama. Jangan lupa untuk memadatkan tanah terlebih dahulu agat bibit dapat berdiri kokoh.
    1. Perawatan Tanaman Bawang

    Untuk perawatan pada tanaman bawang dalam kotak telur sangatlah sederhana dan mudah berbeda dengan Cara Menanam Mawar , anda tidak perlu menghabiskan banyak sekali biaya dan cukup dengan menggunakan alat dan bahan seadanya saja di rumah. Dan anda hanya perlu memastikan bahwa media tanam selalu lembab namun tidak basah dan pastikan bahwa tanaman bawang anda terkena sinar matahari yang cukup. Adapun tips dalam menyiram tanaman bawang agar panen anda melimpah dan berkualitas :

  • Untuk penyiraman pada 3 hari pertama setelah masa tanam, anda bisa menyiramnya dengan air biasa menggunakan media spray.
  • Untuk hari berikutnya akan lebih baik jika anda menyiramnya dengan cairan nutrisi.
  • Adapun alternatif lain jkika anda tidak bisa menemukan cairan nutrisi yang tepat, anda bisa menyiram tanaman bawang menggunakan cairan teh, cairan kulit telur yang diblender dan air cucian beras.
  • Itulah cara menanam bawang menggunakan kotak telur dengan mudah dan praktis, untuk masa panen pada bawang menggunakan media kotak telur sangat singkat. Anda bisa mulai menanam bawang jika bawang sudah memasuki umur kira- kira 2 hingga 3 bulan. Selamat mencoba.

    Artikel 4 Cara Menanam Bawang Menggunakan Kotak Telur merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook