+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 4 Cara Menanam Bok Choy Paling Mudah di Kebun Sendiri Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

4 Cara Menanam Bok Choy Paling Mudah di Kebun Sendiri

Bagi anda yang suka dengan makanan olahan berbahan dasar sayur pasti tahu dengan jenis sayur yang satu ini. Bok choy merupakan salah satu jenis sayur yang paling banyak diminati orang dan berbeda jika anda melihat Cara Mencangkok Agar Cepat Tumbuh Akar, ini merupakan salah satu jenis sayuran hijau.

Secara ilmiah bok choy sendiri memiliki nama Brassica rapa var. Parachinensis dan merupakan tanaman dari suku sawi- sawian, sehingga tak heran jika bentuknya menyerupai sawi pada umumnya. Sayuran ini sendiri banyak dicari di pasaran, harganya yang ekonomis serta banyaknya manfaat dari sayur bok choy jadi alasan tersendiri.

Bok choy sendiri merupakan salah satu jenis tanaman pertanian yang sudah banyak sekali di budidayakan di Indonesia. Cara membudidayakannya bermacam- macam mulai dari cara tradisional di ladang, hingga cara aqua ponik ataupun hidroponik.

Cara menanam yang mudah dan mudah beradaptasi merupakan salah satu keunggulan lain dari sayur bok choy ini. bok choy sangat mudah tumbuh di dataran tinggi ataupun dataran rendah dengan suhu yang panas sekalipun walaupun akan lebih baik jika proses budidaya dilakukan di dataran tinggi sama halnya jika anda membudidayakan sayuran pada umumnya.

Bila anda menanam bok choy di dataran sejuk seperti di pegunungan ataupun bukit, maka bok choy akan cepat berbunga. Dan sebaliknya jika anda menanamnya di dataran rendah dengan suhu yang relatif panas berbeda dengan Cara Budidaya Daun Bidara, bok choy akan memakan waktu sedikit lama untuk berbunga. Asal mula bok choy sendiri dari dataran tinggi di daerah tiongkok dimana banyak sekali petani yang menanamnya disbanding dengan sayuran lainnya. Namun seiring berkembangnya era perdagangan dan pertanian, bok choy mulai dipasarkan dan dibudidayakan di Indonesia.

Adapun ciri dari tanaman bok choy yang perlu anda ketahui, tanaman bok choy merupakan sayur dengan bentuk roset saat pertumbuhannya sudah mulai di tandai dengan adanya daun ketiga dan seterusnya. Batangnya sendiri cukup tebal, mengandung banyak air namun tidak berkayu. Adapun daun yang cenderung berbentuk elips pada bagian ujung yang biasanya tumpul dengan warna daun cenderung hijau segar. Ketika menjelang berbunga maka sifat roset pada bok choy agak menghilang dan lebih menampakkan batangnya.

Cara Menanam Bok Choy

Untuk bunganya sendiri hampir mirip dengan bunga sawi yang berukuran kecil dan tersusun secara majemuk. Mahkota bunga bok choy sendiri berwarna kuning dan berjumlah 4 helai. Adapun buah bok choy menyerupai polong dengan 2daun buah di sekelilingnya. Dan berikut merupakan cara menanam bok choy dengan mudah dan praktis, sebelumnya perlu anda tahu untuk menanam bok choy anda bisa memilih media tanam yang anda sukai. Ada 2 jenis media tanam, dan berikut penjelasannya.

  1. Media Tanam Bok Choy

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam cara menanam bok choy yaitu membuat media tanam, namun anda juga harus tahu mengenai syarat tumbuh bok choy terlebih dahulu. Untuk syarat tumbuhnya sendiri berbeda dengan Cara Budidaya Ayam Kate, bok choy dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang subur dan memiliki pencahayaan yang cukup serta pengairan yang baik. Setelah itu anda bisa membuat media tanamnya sebagai berikut:  

  • Setelah anda memilih lokasi yang tepat, anda biosa melakukan proses penggemburan tanah pada media tanam. Untuk itu, galilah tanah dengan kedalaman sekitar 20- 30 cm.
  • Buatlah bedengan yang nanti akan menjadi media tanam bok choy pada lahan selebar 2 m, untuk panjangnya sendiri anda bisa menyesuaikannya dengan panjang lahan.
  • Jangan lupa untuk membuat sistem drainase yang baik yaitu dengan membuat saluran air di sela- sela bedengan selebar 50 cm. ini bertujuan agar air tidak menggenang saat terjadi hyjan ataupun ketika proses penyiraman.
  • Setelah bedengan selesai, ratakan bagian permukaan bedengan dan lakukan proses pemupukan dengan pupuk kandang pada media tanam untuk menutrisi tanah agar lebih subur.
  • Siram media tanam bok choy yang sudah jadi dengan air agar tanah menjadi lebih padat, sehingga pupuk dapat terserap dengan baik.  
    1. Bibit Bok Choy

    Langkah selanjutnya dalam cara menanam bok choy yaitu melakukan penyemaian, dan terlebih dahulu anda harus menyediakan benih bok choy.

    Benih bokchoy dapat anda peroleh dari toko benih ataupun koperasi. Dan berikut merupakan cara menyemai benih agar tumbuh menjadi bibit yang berkualitas dan layak tanam :

  • Untuk menyemai, anda bisa membuat media semai terlebih dahulu. Anda bisa membuatnya di tanah secara terpisah dengan media tanam ataupun menyemainya di wadah berupa tray ataupun polybag.
  • Campur tanah yang memiliki tekstur halus dan gembur dengan pupuk kompos sebanyak 1 : 1.
  • Rendamlah benih ke dalam larutan Previkur N dengan konsentrasi 0.1 selama 2 jam lalu keringkan menggunakan tisu.
  • Setelah itu taburkan benih pada permukaan media tanam yang telah anda siapkan dengan jarak sekitar 9 cm dan tutup dengan tanah campuran kompos secara tipis. Dalam setiap titik, anda bisa menaburkan sebanyak 2 – 3 benih bok choy.
  • Lakukan proses penyiraman dan letakkan media tanam pada ruang dengan penyinaran cukup hingga benih menjadi bibit dengan ciri memiliki daun sebanyak 3 helai. 
    1. Pemindahan Bibit Bok Choy

    Setelah benih berubah menjadi bibit dengan daun sebanyak 3 helai, langkah selanjutnya dalam cara menanam bok choy yaitu melakukan pemindahan.

    Ini tentunya agar bok choy dapat tumbuh dan berkembang dengan baik berbeda dengan Cara Budidaya Burung Kacer, dan berikut penjelasannya :

  • Pertama, pilihlah bibit bok choy yang tumbuh dengan baik dan tidak cacat lalu pisahkan dari media semai.
  • Untuk memisahkannya akan lebih baik jika anda menggunakan alat agar lebih berhati- hati, usahakan jangan sampai membuat akar bok choy rusak.
  • Sedikit goyangkan untuk membersihkan akar dari tanah media semai. Setelah itu buatlah lubang tanam pada bedengan.
  • Untuk lubang tanam yang ada berilah jarak sekitar 30- 50 cm agar tanaman dapat leluasa tumbuh dengan baik. Selain itu ini akan mempermudah anda dalam panen dan merawatnya.
  • Masukkan bibit ke dalam lubang tanam dan tutup lubang tanam dengan tanah campuran pupuk, jangan lupa untuk sedikit memadatkannya agar bibit dapat berdiri kokoh.
    1. Perawatan Bok Choy

    Selain menanam, adapun cara tepat untuk merawat tanaman bok choy anda agar dapat tumbuh dengan baik dalam cara menanam bok choy. Perawatannya sangat mudah dan praktis, sehingga anda tidak perlu khawatir. Berikut penjelasan singkatnya:

  • Lakukan pemupukan lanjutan setelah anda menanam bok choy setiap 2 minggu sekali menggunakan pupuk NPK. Untuk pertama kali menabur pupuk, anda bisa memulainya saat bok choy sudah berumur 12 hari setelah masa tanam.
  • Lakukan penyiraman secara teratur agar tanaman bok choy anda selalu segar, untuk penyiraman anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi kelembaban tanah ataupun cuaca.
  • Semprotkan pestisida secukupnya untuk mengatasi hama ulat, kutu loncat, kumbang, dan siput.
  • Periksa selalu kondisi media tanam meliputi bedengan dan saluran drainase yang telah anda buat, pastikan bahwa kondisinya selalu baik.  
    1. Panen Bok Choy

    Untuk masa panen bok choy sendiri sekitar 40 – 60 hari setelah disemaikan atau sekitar 25 – 30 hari setelah masa tanam dari bibit.

    Dalam cara menanam bok choy berbeda dengan Cara Menanam Cabe di Musim Hujan, adapun langkah untuk memanennya dengan tepat :

  • Panenlah bok choy yang memiliki bagian pangkal sehat, daun tumbuh subur serta berdaun hijau dan jangan panen bok choy yang rusak karena tidak baik untuk dikonsumsi maupun di jual.
  • Untuk memanennya anda bisa mencabut bok coy dari akarnya dengan perlahan, jangan sampai pangkal daun pada bok choy rusak.
  • Kerusakan pada pangkal dapat menurunkan harga bok choy di pasaran, perlu anda ketahui pula bagian pangkal bok choy sangat rapuh dan mudah rusak.
  • Itulah langkah- langkah mudah dan praktis dalam cara menanam bok choy, lakukan dengan tepat dan cermat agar anda sukses dalam menanam bok choy. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba.

    Artikel 4 Cara Menanam Bok Choy Paling Mudah di Kebun Sendiri merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook