+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 4 Cara Menanam Cabe Rawit Organik dan Perawatannya Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

4 Cara Menanam Cabe Rawit Organik dan Perawatannya

Bagi orang Indonesia rasanya kurang lengkap jika anda makan tanpa adanya sambal atau sesuatu yang memiliki citarasa pedas. Citarasa pedas pada sambal ataupun makanan lainnya tak lain karena bumbu yang digunakan.

Ada banyak sekali jenis bumbu yang dapat menyebabkan rasa pedas pada makanan seperti merica, bawang merah, paprika, dan cabe. Diantara itu semua cabe merupakan salah satu jenis bumbu yang paling pedas. Sehingga tak heran jika di setiap menu masakan dengan citarasa pedas pasti ada cabe.

Cabe sendiri sangat laris dipasaran mengingat bumbu yang satu ini merupakan bumbu wajib di setiap dapur, selain itu banyak sekali orang merintis bisnis makanan pedas. Jadi tidak heran lagi jika kebutuhan masyarakat Indonesia akan cabe selalu meningkat dan tidak pernah menurun. Sayangnya walaupun permintaan pasar mengenai cabe selalu meningkat berbeda jika anda melihat Cara Merawat Pohon Alpukat, harga cabe di pasaran tidak pernah stabil. Bukan hanya kondisi cuaca saja yang menjadi faktor utamanya, namun terkait dengan berkurangnya petani cabe.

Untuk itu tidak jarang orang lebih banyak yang mengatasinya dengan cara menyimpan cabe, ada banyak cara untuk menyimpan cabe. Mulai dari mengolahnya menjadi cabe kering ataupun menaruhnya di lemari es. Namun tentunya ini tidak bisa bertahan lama, mengingat di lemari es sekalipun cabe hanya mampu bertahan sekitar 1 hingga 2 minggu saja. Berbeda dengan cabe kering yang dapat bertahan hingga 1 bulan. Walaupun cara ini terbilang cukup baik dan efisien, masih banyak juga orang yang kekurangan cabe.

Untuk itu, anda bisa mengatasinya dengan menanam cabe sendiri. Ada banyak sekali jenis cabe yang bisa anda tanam sendiri. Mulai dari jenis cabe berukuran kecil seperti cabe rawit hingga cabe berukuran besar seperti cabe jalapeno.

Namun dari semua jenis cabe yang ada, jenis cabe rawit merupakan salah satu jenis cabe yang banyak digemari. Selain itu menanam cabe rawit juga sangat mudah dan tidak banyak menghabiskan banyak biaya. Ini tentunya sangat cocok berbeda jika anda melihat Cara Merawat Pohon Bambu Hoki, terutama bagi anda yang memiliki hobi bercocok tanam.

Cara Menanam Cabe Rawit Organic

Selain menanamnya sendiri anda juga bisa menjadikannya salah satu ladang bisnis, hal ini karena satu pohon cabe rawit mampu menghasilkan banyak sekali buah cabe. Agar cabe anda lebih sehat dan nutrisinya terjaga dengan baik, anda bisa menanam cabe rawit organic.

Untuk itu berikut merupakan cara menanam cabe rawit organic dengan praktis dan mudah. Tidak hanya itu, anda juga harus melakukan cara merawat cabe rawit organic agar nantinya hasil panen anda melimpah.

  1. Benih Cabe Rawit Organic

Hal terpenting yang harus anda perhatikan serta lakukan dengan baik yaitu menyediakan benih cabe organic.

Untuk benih cabe organic sendiri bisa anda dapatkan dengan 2 cara berbeda dengan Tips Agar Bunga Buket Tetap Segar dan Merekah, dan dalam cara menanam cabe rawit organic berikut penjelasannya :

  • Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan benih cabe organic dengan praktis yaitu membelinya di toko benih ataupun toko pertanian.
  • Untuk itu anda perlu memastikan kualitas benih dan kelayakan tanamnya, anda bisa bertanya terlebih dahulu kepada penjualnya.
  • Selain itu, anda bisa mendapatkan benih cabe organic secara langsung dari buahnya.
  • Pilihlah buah cabe yang sudah tua yang dihasilkan dari tumbuhan cabe sehat dan tidak terkena hama ataupun virus.
  • Keringkan cabe organic diterik matahari atau anda bisa langsung membelah buahnya dengan pisau secara perlahan.
  • Kumpulkan biji cabe organic dalam satu wadah dan angin- anginkan selama 1 hingga 2 hari.
  • Setelah itu, anda bisa mulai melakukan proses pembibitan. 
    1. Pembibitan Cabe Rawit Organic

    Langkah selanjutnya dalam cara menanam cabe rawit organic yaitu melakukan proses pembibitan atau penyemaian. Untuk melakukan proses tersebut, terlebih dahulu anda bisa menyiapkan media tanamnya berbeda dengan Cara Membasmi Kupu Putih pada Tanaman Padi, dan berikut penjelasannya :

  • Pertama, anda bisa menyiapkan media semai dan berbagai alat semai lainnya terlebih dahulu.
  • Untuk media tanamnya, anda bisa menggunakan tanah gembur tanpa pupuk terlebih dahulu.
  • Masukkan benih cabai dalam sebuah mangkuk berukuran sedang dan masukkan air hangat, tunggu hingga suhu air berubah dingin dan tiriskan benih cabe organic anda.
  • Setelah itu angin- anginkan sebentar hingga air mengering.
  • Siapkan wadah semai berupa tray ataupn polybag dan isi dengan tanah, setelah itu taburkan benih cabe organic anda dan tutup benih pada media semai menggunakan tanah secara tipis.
  • Setelah itu semprotkan sedikit air untuk melembabkan tanah pada media, dan letakkan pada ruang dengan sedikit cahaya matahari. Ini akan membantu proses pertumbuhan benih dengan cepat. 
    1. Media Tanam Cabe Rawit Organic

    Setelah anda menyemai benih, rawatlah benih dengan melakukan penyiraman secara teratur untuk melembabkan kondisi tanah.

    Dalam cara menanam cabe rawit organic berbeda jika anda melihat Cara Menanam Pare Hidroponik di Rumah, anda harus menyediakan media tanam ketika benih cabe sudah tumbuh dengan ketinggian sekitar 5- 7 cm dan berikut penjelasannya :

  • Untuk media tanam, anda bisa memilih 2 jenis yaitu menanamnya secara langsung di tanah atau menanamnya dalam pot.
  • Jika anda menanam secara langsung, maka anda harus melakukan pembersihan, penggemburan, pemupukan lahan terlebih dahulu.
  • Jangan lupa untuk mengukur pH tanah, pH yang baik untuk menanam cabe organic yaitu sekitar 5 hingga 7. Jika pH tanah terlalu asam, maka anda bisa menaburkan kapur dolmit terlebih dahulu.
  • Namun, jika anda menanamnya di dalam pot maka akan lebih praktis lagi karena anda hanya perlu mengisi pot berukuran sedang dengan tanah yang dicampur pupuk.
  • Untuk jumlah perbandingan antara tanah dan pupuk yang baik yaitu 1 : 1.
  • Jangan lupa untuk membuat lubang tanam dan memasukkan bibit cabe organic secara perlahan. Tutup lubang tanam dan padatkan.
    1. Perawatan dan Panen Cabe Rawit Organic

    Selain menanam, dalam cara menanam cabe rawit organic ada juga cara merawat yang baik agar hasil panen anda berkualitas dan berikut penjelasannya :

  • Penyiraman bisa anda lakukan secara rutin dan sesuaikan dengan cuaca saat itu. Penyiraman dilakukan hanya untuk menjaga kelembaban tanah saja.
  • Lakukan pemupukan lanjutan setiap 2 minggu sekali untuk menjaga kesuburan tanaman cabe anda.
  • Lakukan penyiangan dan pembersihan media tanam setiap 2 minggu sekali.
  • Khusus untuk cabe organic, anda hanya boleh menggunakan pupuk kompos ataupun pupuk kandang dan tidak menyemprotkan pestisida.
  • Untuk mengatasi hama, anda bisa menyemprotkan air kunyit dan jahe, ini membantu mengatasi hama serangga.
  • Lakukan perawatan hingga cabe memasuki masa panen, panenlah dengan hati- hati jangan mencabut buah cabe secara langsung karena bisa merusak struktur tanaman.
  • Itulah berbagai langkah dalam cara menanam cabe rawit organic dengan mudah dan praktis. Lakukan dengan baik dan cermat, jangan lupa untuk memilih benih unggulan agar mendapat hasil panen yang berkualitas baik.

    Artikel 4 Cara Menanam Cabe Rawit Organik dan Perawatannya merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook