+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 5 Cara Menanam Bunga Balsam Paling Mudah Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

5 Cara Menanam Bunga Balsam Paling Mudah

Bunga balsam atau Impatiens balsamina mungkin terasa asing bagi anda, namun bunga ini lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan bunga pacar air. Bunga ini berasal dari dataran asia terutama India dan Burma. Di Indonesia sendiri terdapat jenis bunga balsam lokal namun, warna bunga yang dihasilkan tidak seaneka ragam  jenis bunga balsam impor.

Selain itu, batang bunga pacar air lokal juga berukuran relatif besar dan bunga yang dihasilkan reatif sedikit. Sehingga para pembudidaya lebih memilih menggunakan bibit impor ketimbang bibit lokal seperti juga cara menanam melati jepang . Bibit lokal memiliki keunggulan dengan ukuran batang yang relatif lebih kecil, jumlah daun yang banyak dan juga mampu mennghasilkan jumlah bunga yang banyak.

Selain warna bunga yang eksotis bunga balsa juga dikenal memiliki manfaat lain. Daun bunga balsam dapat digunakan sebagai obat bisa ular dengan cara dimemarkan kemudian ditempelkan kebagian yang luka.

Jika anda menempelkannya kebagian kuku dan dibiarkan hingga kering maka akan bisa menjadi pewarna alami untuk kuku anda. Tidak hanya itu, bunga dari tanaman ini juga dapat dugunakan sebagai obat luka bakar.

Caranya yaitu dengan menghalusan bunganya kemudian ditempelkan kebagian yang luka. Cara ini merupakan cara alami yang paling ampuh untuk mengobati luka bakar, sensasi dingin yang diberikan akan mampu meredam rasa panas yang timbul akibat luka bakar. Tanaman balsam juga sangat mudah dibudidayakan, dan tidak membutuhkan perawatan khusus seperti juga cara menanam bunga desember . Jika anda ingin menanam bunga ini, maka 5 cara menanam bunga balsam paling mudah berikut dapat menjadi panduan bagi anda. Simak selengkapnya.

1. Meyiapkan Benih Bunga Balsam

Bunga balsam atau bunga pacar air merupakan jenis tananan dengan batang berair dan tidak berkayu. Tanaman ini menghasikan buah, dan buah  inilah yang kemudian menghasilkan biji yang digunakan sebagai bahan perbanyakan.

Buah tanaman berwarna hijau berbentuk lonjong dengan biji berwarna hitam yang berukuran kecil. Untuk mendapatkan bibit tanaman ini anda bisa dengan mudah membelinya di toko bibit bunga seperti juga cara menanam bunG camelia .

Atau anda juga bisa memesan melalui situs online yang menjual bibit bunga ini. Saat membeli pastikan bibit yang anda pilih jelas varietasnya dan memiliki daya tumbuh kecambah yang tinggi. 

2. Menyemai Biji 

Setelah mendapatkan benih yang sesuai dengan pilihan anda. Maka, tahap selanjutnya adalah menyemai biji agar tumbuh menjadi tanaman muda seperti cara menanam kamboja jepang .

Dengan melakukan metode ini, diharapkan tanaman akan lebih mudah tumbuh optimal dan tidak mudah mengalami kematian. Berikut cara menyemai benih bunga pacar air agar cepat tumbuh.

  • Sebaiknya simpan benih di tempat yang dingin dan terhindar dari cahaya matahari langsung.
  • Masukkan benih kedalam lemari es, dan letakkan pada rak bagian penyimpanan sayur. Dan jangan sampai dicampur dengan sayuran.
  •  Sebelum disemai sebaiknya benih direndam kedalam air selama sehari semalam.
  • Siapkan media tanam berupa tanah halus dan kompos atau pupuk kandang.
  • Campur media hingga rata, lalu kemudian masukkan kedalam polibag atau wadah tray semai.
  • Setelah itu anda dapat langsung menyemai benih dengan memasukkan 2-3 biji perlubang tanam.
  • Biji bunga pacar air hanya memerlukan waktu 3-4 hari untuk berkecambah.
  • Setelah tanaman mulai berkecambah dan telah muncul 3-4 daun yang terbuka sempurna. 
  • 3. Menanam Bibit 

    Setelah 4 minggu setelah semai, bibit dapat langsung dipindahkan ke lapangan. Yang perlu anda ketahui adalah tanaman ini merupakan jenis tanaman yang membutuhkan naungan, dan tidak dapat terkena cahaya matahari langsung seperti cara menanam bunga jam sembilan .

    Sehingga jika anda menanam di lahan terbuka maka anda akan membutuhkan naungan. Sebaiknya tanam di bawah pohon besar. Dan jika anda menanamnya di pot anda bisa meletakannya di teras rumah atau tempat yang teduh.

    Sebagai rekomendasi, sebaiknya tanamlah di pot agar perawatan dan pemeliharaannya lebih mudah. Berikut langkah langkah menanam bunga balsam di dalam pot.

  • Siapkan pot dengan diameter 25-35 cm.
  • Gunakan media tanam tanah, kompos, pupuk kandang dan sedikit pasir.
  • Campur media hingga rata, kemudian isiskan kedalam wadah pot.
  • Jangan lupa lubangi bagian bawah pot agar media tidak becek.
  • Setelah media terisi kedalam pot kemudian tanam bibit hasil semai yang telah siap dipindahtanamkan.
  • Tidak semua bibit siap ditanam kelapangan sehingga pilih bibit yang sehat dan memiliki 3-4 lembar daun yang mekar sempurna.
  • Tanam bibit beserta akan dan tanahnya, lakukan dengan hati hati dan jangan sampai merusak daun atau batangnya.
  • Sebaiknya pindah tanam dilakukan saat pagi hari atau sore hari saat cuaca tidak terlalu terik.
  • Kemudian siram media tanam dengan air secukupnya.
  • Dan yang terpenting letakkan pot tanaman di tempat yang teduh.
  • 4. Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman

    Pada dasarnya pemeliharaan dan perawatan bunga balsam tidak jauh berbeda dengan tanaman bunga lainnya. Pemeliharaan rutin seperti penyiraman dilakukan secara rutin setiap 2 kali dalam sehari seperti juga cara menanam bunga casablanca . Dan intensitasnya dapat dinaikkan saat musim panas tiba, dan diturunkan saat musim hujan datang.

    Untuk pemupukan sendiri tanaman ini cukup diberi pupuk NPK slow release setiap 3 minggu sekali. Pupuk diberikan pada tajuk tanaman dan media tanam. Atau anda juga bisa menambahkan pupuk NPK lengkap seperti growmore yang disiramkan kebagian daun tanaman.

    Untuk media tanam anda bisa menambahkan pupuk kandang atau tanah halus, saat media tanam mulai berkurang volumenya akibat penyiraman.

    Sedangkan untuk hama dan penyakit tanaman ini relatif kuat terhadap serangan. Anda hanya perlu memberikan pastisida saat tanaman memperlihatkan gejala serangan hama dan penyakit. Selain itu, lalukan penyiangan rutin untuk menyingkirkan gulma yang dapat menganggu pertumbuhan tanaman.

    5. Masa Berbunga

    Tanaman pacar air atau rose balsam akan mulai berbunga pertama pada saat tanaman berumur 3-4 bulan setelah tanam seperti juga cara menanam bunga chrysanthemum . Bunga akan dihasilkan disetiap tangkai batang. Bunga berbentuk corong dengan 5 lembar mahkota dengan 4 lembar mahkota berbentuk jantung terbalik dan yang kelima lepas.

    Selain bunga tanaman ini juga menghasilkan buah disepanjang ketiak daun. Buah berwarna hijau dan bijinya akan berwarna hitam saat masak. Biji ini kemudian dapat anda semai kembali untuk bisa mendapatkan tanaman baru. Karena tanaman ini hanya mampu bertahan dalam waktu 1-1.5 tahun. Dan setelahnya harus dilakukan peremajaan atau di tanam ulang dengan tanaman baru.

    Nah, itulah tadi 5 cara menanam bunga balsam paling mudah. Tentu saja, dapat menjadi panduan bagi anda dalam menanam bunga ini. Meskipun umur tanam bunga ini tidak panjang, namun keindahannya akan dapat anda nikmati sepanjang musim. Bunga ini juga sangat tahan terhadap cuaca yang kering, selama tidak terkena cahaya matahari langsung maka tanaman ini tidak akan mudah layu.

    Kandungan yang terdapat pada setiap bagian tanaman bunga pacar air ini, sangat bermanfaat dalam mengobati berbagai macam penyakit, Seperti rematik, radang kulit, anti depresan, anti radang, bisul, bahkan juga dipercaya memiliki kandungan anti kanker. Dengan menanam tanaman ini anda akan mendapatkan 2 manfaat sekaligus yakni aspek keindahan dan sekaligus sebagai tanaman obat. Bagaimana? Selama mencoba, semoga artikel ini dapat membantu.

    Artikel 5 Cara Menanam Bunga Balsam Paling Mudah merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook