+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 5 Cara Menanam Bunga Moss Rose Paling Mudah Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

5 Cara Menanam Bunga Moss Rose Paling Mudah

Bagi anda para pecinta bunga dan sangat hobi bercocok tanam selain melakukan Cara Menanam Halia Bentong, mungkin bunga jenis ini bisa anda jadikan salah satu pilihan dalam har bercocok tanam. Yaitu bunga moss rose atau di Indonesia sendiri lebih dikenal dengan sebutan nama bunga krokot.

Untuk mempermudah anda dalam melakukan cara menanam bunga moss rose, sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu bagaiman bunga ini dan berikut penjelasan singkatnya. Bunga moss rose merupakan jenis tanaman yang memiliki nama latin Portulaca dan merupakan jenis tanaman yang termasuk suku Portulacaceae. Di daerah tropis seperti di Indonesia ada sekitar 40 hingga 100 spesies tanaman bunga moss rose yang dapat dibudidayakan ataupun sekedar ditanam dan tumbuh dengan baik.

Tidak hanya itu saja di beberapa daerah di Indonesia, bunga moss rose ini juga dikenal dengan bunga sutra bombay. Adapun ciri fisik dari bunga moss rose yaitu bunganya yang cantik dan manis dengan beraneka warna dan bentuk serta ukuran yang kecil- kecil serta sebagian besar memiliki bentuk fisik yang hampir menyerupai bunga mawar. Bunga moss rose yang sudah tua dapat bermekaran hingga pukul Sembilan pagi dan akan layu menjelang siang hari dimana sinar matahari kian menyengat.

Cara Menanam Bunga Moss Rose

Keindahan bunga ini membuat banyak orang ingin menanamnya sebagai hiasan di ruangan ataupun pekarangan rumah. Dan untuk anda yang ingin menanam bunga moss rose berbeda dengan Cara Menanam Toge, berikut penjelasannya secara sederhana agar anda mudah mengikutinya.

  1. Pemilihan Jenis Bunga Moss Rose

Adapun jenis bunga moss rose yang biasanya ditanam yaitu bunga dengan bentuk daun runcing dan bulat. Untuk menanam bunga moss rose berbeda dengan Cara Menanam Rumput Laut, anda perlu mengenali ke dua jenis bunga tersebut. Pilihlah jenis bunga moss rose yang sekiranya mudah bagi anda dalam perawatan serta bunga yang anda sukai.

Agar lebih mudah, berikut sedikit penjelasannya mengenai ke dua jenis bunga moss rose tersebut :

  • Bunga moss rose dengan jenis berdaun runcing lebih banyak dipilih orang untuk menghiasi taman, halaman ataupun pekarangan mereka.
  • Sedangkan untuk bunga moss rose jenis baerdaun bulat lebih sering digunakan untuk menghias ruangan.
  • Bunga moss rose berdaun runcing lebih tahan dengan berbagai macam cuaca dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman yang ditanam di luar ruangan. Karena selain memiliki ketahanan yang baik, bunga moss rose jenis ini juga memiliki beraneka macam warna seperti merah, pink, ungu, kuning, dan putih dengan bentuk yang hampir menyerupai mawar.
  • Namun untuk moss rose jenis berdaun bulat berbeda dengan moss rose berdaun runcing, jenis ini akan lebih cocok ditanam di dalam pot- pot di ruangan karena tidak terlalu tahan dengan cuaca yang ekstrim.
    1. Penyemaian Benih Moss Rose

    Setelah anda memilih jenis moss rose apa yang ingin anda tanam, berikutnya anda bisa melakukan penyemaian. Untuk penyemaian benih moss rose sendiri bisa dilakukan dengan media tanah ataupun kapas.

    Dan berikut merupakan langkah- langkahnya :

  • Pertama sediakan benih moss rose yang layak tanam dan berkualitas.
  • Lalu sediakan media semai berupa tray semai dan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk dan sekam dengan perbandingan 2: 1: 1.
  • Rendam benih moss rose kurang lebih selama 1 hari dan taburkan benih pada media semai berupa tray semai yang sudah diisi dengan tanah campuran.
  • Tutup media semai menggunaka kain gelap ataupun plastik berwarna hitam dan letakkan pada ruangan dengan sinar pencahayaan yang kurang lalu siramlah untuk menjaga kelembaban tanah menggunakan metode spray.
  • Adapun cara menyemai menggunakan kapas, yaitu anda hanya perlu mengganti media tanah dengan kapas dan lakukan hal yang sama. 
    1. Lahan Tanam Moss Rose

    Untuk lahan tanam bunga moss rose hampir sama dengan Cara Menanam Jambu Air, sebaiknya disesuaikan dengan jenis moss rose yang anda tanam. Seperti yang sudah disebutkan di awal, adanya perbedaan dalam media tanam terkait dengan lokasi lahan tanam ini juga sangatlah penting untuk menjaga bunga moss rose anda agar dapat tumbuh subur dan berbunga indah.

    Adapun langkah serta tips dalam menyediakan lahan tanam bagi moss rose dalam cara menanam bunga moss rose yaitu :

  • Ada dua cara dalam menanam bibit moss rose yaitu dengan menggunakan media pot yang bisa di letakkan di dalam ruangan tertutup, ataupun menanamnya di lahan terbuka seperti pekarangan.
  • Untuk itu perhatikan terlebih dahulu jenis moss rose apa yang anda tanam.
  • Jika anda menanam di dalam media pot, ini akan lebih mudah daripada menanam di media lahan terbuka. Anda hanya perlu menyiapkan pot dengan berbagai macam ukuran yang penting tidak terlalu kecil.
  • Lalu langkah berikutnya adalah mengisi pot tersebut dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kompos ataupun pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 3: 2: 1.
  • Setelah itu buatlah lubang tanam pada pot tersebut, ini berbeda jika anda menanamnya di lahan terbuka.
  • Anda harus melakukan proses pembersihan lahan tyanam dan penggemburan tanah terlebih dahulu, lalu mencampur tanah dengan pupuk dan sekam dengan perbandingan 2: 1: 1.
  • Setelah itu anda baru bisa membuat lubang tanam.
    1. Pemindahan Bibit Moss Rose

    Setelah benih yang anda semai bertunas dengan tinggi kurang lebih sekitar 5 hingga 7cm, maka bibit tersebut sudah dapat dipindahkan. Adapun cara pemindahan bibit moss rose dengan tepat yaitu :

  • Pertama pisahkan bibit dengan media semainya secara perlahan dengan menggoyangkan bibit.
  • Untuk memisahkannya gunakanlah alat dan usahakan anda tidak mencabutnya karena itu akan merusak sebagian akar dari bibit moss rose, perlu anda ketahui juga bahwa bibit moss rose merupakan salah satu senis bibit yang lemah.
  • Setelah anda memisahkannya dari media tanam, anda sudah bisa melakukan penanaman yaitu dengan meletakkan bibit moss rose ke dalam lubang tanam dan menutupi lubangnya dengan tanah campuran.
  • Jangan lupa untuk memadatkan tanah serta membuat gundukan agar bibit dapat berdiri kokoh dan tanahnya ridak mudah terkikis.
    1. Perawatan Moss Rose

    Hal terpenting berikutnya dalam cara menanam moss rose yaitu melakukan perawatan pada tanaman moss rose yang sudah anda tanam. Ini hampir sama dengan Cara Merawat Tanaman Hias, dan untuk perawatannya sendiri cukup mudah, anda hanya perlu memperhatikan sesering mungkin tanaman anda.

    Dan berikut merupakan langkah tepat dalam proses perawatan moss rose :

  • Ini merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan, dalam melakukan penyiraman usahakan bahwa tanah tidak terlalu basah ataupun kering. Anda dianjurkan untuk menggunakan metode spray dalam menyiram moss rose agar tanah terjaga dengan mudah kelembabannya.
  • Pemupukan pada moss rose berbeda dengan pemupukan pada tanaman lainnya, anda dianjurkan untuk memupuk setiap 1 hingga 2 minggu sekali.
  • Sama halnya jika anda melakukan perawatan pada tanaman jenis bunga lainnya, anda juga diharuskan untuk melakukan pemangkasan untuk menjaga pertumbuhan bunga moss rose.
  • Cara menanam moss rose di atas merupakan cara mudah dan sederhana yang bisa anda lakukan di rumah. Dengan melakukan cara menanam bunga moss rose dengan tepat, maka tanaman anda akan selalu terjaga keindahannya serta tidak mudah layu dan mati. Semoga informasi yang dapat kami sampaikan berguna serta dapat menambah pengetahuan anda. Selamat mencoba.

    Artikel 5 Cara Menanam Bunga Moss Rose Paling Mudah merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook