+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 5 Cara Menanam Bunga Zephyranthes dari Biji Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

5 Cara Menanam Bunga Zephyranthes dari Biji

Bunga Zephyranthes atau yang dikenal pula dengan bunga Rain Lili memang memiliki keindahan alami yang selalu mengundang mata untuk memandangnya. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan cara menanam bunga Zephyranthes dari biji. Tidak diperlukan banyak teknik khusus untuk menanam dan menumbuhkannya menjadi tanaman hias yang sedap dipandang, cukup ikuti langkah-langkah yang akan kami berikan di bawah ini.

Namun sebelum menginjak ke pembahasan pokok mengenai cara menanam bunga Zephyranthes dari biji ini, mari terlebih dahulu kita mengenal bunga yang masih satu family dengan tanaman bawang-bawangan ini memiliki bentuk seperti terompet dengan 6 lembar daun bunga di setiap tangkainya. Daunnya berwarna hijau tua mengkilap dan berbentuk panjang layaknya pita. Warna yang umum kita jumpai pada bunga Zephyranthes adalah pink keunguan, kuning, dan putih. Bunga ini akan tumbuh sebur di saat musim penghujan, karena itulah sebutan rain lili disematkan padanya.

Baca pula: cara merawat bunga calandiva

Cara Menanam Bunga Zephyranthes Dari Biji

Mengapa kita menanam bunga Zephyranthes dari bijinya? Bukankah menanam dari umbi akan lebih cepat tumbuh dan menghasilkan bungan yang sama indahnya?

Jawabannya adalah karena dengan menanam melalui bijinya, maka kita akan mendapatkan varietas berbeda-beda sesuai dengan sifat indukan masing-masing, atau malah menghasilkan varietas dengan membawa perpaduan sifat dari kedua induknya. Disamping itu, salah satu cara menanam tanaman dengan jumlah banyak tanpa perlu mengeluarkan biaya banyak dapat kita tempuh dengan cara menanam dari  bijinya.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti.

1. Siapkan biji bunga Zephyranthes

Jika telah memiliki tanaman induk Zephyranthes, tentu kita tidak perlu membeli bijinya lagi di toko pertanian. Cara mendapatkan bijinya pun sangat mudah,

  • Perhatikan pangkal bunga Zephyranthes, jika sudah terlihat ada yang mengembang, maka itu tandanya penyerbukan telah terjadi dengan sukses.
  • Biarkan hingga kulit pangkalnya semakin membesar dan biji di dalamnya mendorong untuk keluar. Saat itulah kita harus memberi perhatian lebih, jangan sampai biji jatuh tanpa sepengetahuan kita dan berserakan di tanah atau terbang bersama angin.
  • Kumpulkn bijinya, dan pilih yang berisi serta keras, jika ada yang kopong berarti biji tersebut tidak layak tanam. Biji yang baik akan berwarna hitam pekat dan memiliki permukaan yang licin.
  • 2. Siapkan media tanam

    Jjika biji bunga Zhepyranthes telah didapatkan, maka kini saatnya menyediakan media tanamnya. Media tanam yang baik adalah campuran dari tanah yang gembur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang, perbandingan komposisinya adalah 1:1. Usahakan ketika akan menaman, media tanam dalam keadaan lembab.

    Baca pula: budidaya jamur merang media ampas tebu

    3. Segera tanam biji bunga Zephyranthes

    Biji bunga Zephyranthes harus segera ditanam agar tidak kehilangan Viabilitynya atau sudah kadarluarsa sehingga ketika ditanam tidak akan tumbuh, atau jika tumbuh sekalipun akan menjadi tanaman yang mandul dan tidak berbunga. Di bawah ini adalah cara menanam bijinya dengan baik dan benar.

  • Buatlah lubang dengan kedalaman 0,5 cm
  • Letakkan biji Zephyranthes di dalamnya dan tutup kembali dengan media tanam
  • Siram secukupnya dengan air tanpa membuat media tanamnya tergenang
  • Letakkan di tempat yang teduh dan terhindar dari sengatan sinar matahari secara langsung
  • Pertumbuhan biji akan berlangsung cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 hari untuk berkecambah
  • Baca pula: Cara mencangkok tanaman hias berkayu

    4. Berikan penyiraman secara teratur

    Air merupakan kebutuhan pokok setiap makhluk hidup termasuk tumbuhan, karena itulah Anda perlu untuk menyiram bibit bunga Zephyranthes secara teratur setidaknya sekali dalam satu hari. Siram pada waktu pagi atau malam hari ketika matahari masih hangat. 

    5. Beri pupuk sesuai keperluan

    Pemberian pupuk yang ideal adalah jika dilakukan pada saat yang tepat dan dengan dosis yang benar pula. Lakukan pemupukan sekitar 2 bulan sekali, tidak kurang dan tidak lebih untuk menambah nutrisi agar bunga lekas tumbuh dan berbunga indah sesuai harapan.

    Baca pula: cara budidaya euphorbia yang benar

    Sebagai tambahan informasi, bunga Zephyrantes yang ditanan melalui biji akan berbunga ketika memasuki usia 3 – 4 tahun. Memang dibutuhkan waktu yang lama serta kesabaran dalam merawat bakal bunga ini, namun akan sepadan dengan hasil yang kita dapatkan kelak. Lagi pula daunnya yang menjulur dan hijau mengkilap untuk sementara dapat kita gunakan sebagai rumput penghias taman.

    Jika Anda sudah ahli dalam menanam bunga Zephyranthes, maka Anda bisa mengembangkan dengan cara menyilangkannya sehingga muncul varietas bunga yang baru.

    Semakin indah bunga yang dihasilkan, semakin lama proses penyilangannya maka semakin mahal pula harga yang ditawarkan. Untuk sementara ini bunga Zephyrantes berwarna kuning dan putih harganya lebih mahal dari pada yang berwarna pink karena kelangkahannya.

    Demikianlah cara menanam bunga Zephyranthes dari biji yang dapat kami bagikan kepada Anda, semoga artikle ini bermanfaat serta memberi Anda inspirasi untuk melakukan budidaya bunga yang indah ini. Artikel menarik lainnya seputar tanaman hias dapat Anda baca di cara merawat tanaman hias agar tumbuh cantik.

    Artikel 5 Cara Menanam Bunga Zephyranthes dari Biji merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook