+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 5 Cara Menanam Orkid Pinang Paling Mudah Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

5 Cara Menanam Orkid Pinang Paling Mudah

Tanaman orkid atau Spathoglottis plicata merupakan salah satu tanaman berbunga yang memiliki banyak pencinta. Selain karena kecantikannya, cara menanamnya yang mudah menjadi salah satu daya tarik sehingga banyak orang membudidayakannya. Dan dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa informasi tentang cara menanam orkid pinang termudah yang bisa anda coba dirumah.

Orkid Pinang, merupakan salah satu tanaman bunga yang banyak dicari. Daya tarik dari tanaman ini adalah bunganya yang terdiri dari banyak warna seperti merah jambu, kuning, dan putih. Cara menanam orkid pinang cukup mudah dan membutuhkan waktu cukup singkat jika dibandingkan dengan cara menanam bonsai. Ini karena cara menanam orkid pinang bisa dilakukan dengan peralatan yang sederhana dan mudah untuk dilakukan.

Untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara menanam orkid pinang dengan mudah, berikut beberapa cara yang bisa anda coba terapkan:

1. Menyiapkan Wadah Tanam

Berbeda dengan cara menanam jengkol, orkid pinang merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa ditanam dengan wadah tanam berupa pot. Baik pot berukuran sedang ataupun besar. Besar atau kecilnya wadah tanam tentu saja tergantung dari ingin sebesar apa tanaman orkid anda tumbuh. Semakin besar wadah tanam, kemungkinan tanaman orkid pinang tumbuh besar juga sangat mungkin terjadi.

Satu hal yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan ingin menggunakan pot ukuran besar atau kecil adalah memastikan bahwa pot tersebut memiliki lubang dibagian bawahnya. Lubang adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki agar air didalam pot nantinya dapat mengalir atau tidak menggenang sehingga menjadikan akar tanaman membusuk dan tanaman mati.

Selain itu, pastikan bahwa pot yang akan anda gunakan merupakan pot baru atau bukan pot bekas. Ini sangat penting untuk diperhatikan karena pada pot bekas biasanya pot sudah ditumbuhi oleh lumut atau sejenisnya yang jika dipaksakan, justru akan menjadi pengganggu tanaman orkid yang akan ditanam. Nutrisi yang seharusnya diserap oleh tanaman orkid bisa saja diserap oleh mereka sehingga tanaman orkid anda akan kekurangan nutrisi dan tumbuh secara tidak maksimal. Jadi, jika memang anda ingin menggunakan pot bekas, anda harus membersihkan pot itu terlebih dahulu agar pot terbebas dari lumut atau sejenisnya.

2. Menyiapkan Media Tanam

Dalam proses penanaman orkid pinang, terdapat dua media tanam yang dapat digunakan. Dengan menggunakan media tanam tanah seperti cara menanam daun salam ataupun cara menanam melon dan dengan cara menggunakan arang.

Jika anda ingin menggunakan tanah, pastikan tanah yang akan digunakan adalah tanah yang belum pernah digarap menggunakan bahan kimia. Ini penting diperhatikan karena tanah yang sudah terkena bahan kimia sudah pasti tanah tersebut tidak lagi sehat karena unsur haranya sudah tidak ada lagi. Tanah yang sudah tidak memiliki unsur hara dapat menghambat pertumbuhan tanaman sehingga tanaman tidak tumbuh secara maksimal.

Selain menggunakan tanah, Anda juga bisa menggunakan arang sebagai media tanam. Hanya saja, arang yang digunakan janganlah arang yang terbuat dari batok kelapa karena arang tersebut tidak bisa mengikat air. Jadi, sebelum anda menggunakan arang sebagai media tanam, usahakan arang tersebut direndam didalam air terlebih dahulu sehingga arang menyerap cukup banyak air didalamnya. Arang yang memiliki cukup air bisa menjadi cadangan air tanaman orkid anda nantinya. 

3. Persiapan Bibit 

Hal lain yang harus diperhatikan sebelum proses menanam dilakukan adalah setelah wadah pot sudah terisi oleh media tanam, wadah pot biarkan beberapa lama sebelum akhirnya bibit tanaman ditanam. Bibit tanaman yang sudah ditanam, walaupun membutuhkan sinar matahari yang cukup, usahakan tanaman tersebut diletakkan di tempat yang teduh agar tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Berbeda dari cara menanam melon dengan sistem lesehan, tanaman orkid pinang yang diletakkan ditempat teduh sama saja dengan melindungi tanaman dari lingkungan sekitar yang dapat mengganggu proses pertumbuhan tanaman.

4. Proses Penanaman

Sama seperti menanam tanaman yang lain, salah satu inti dari cara menanam orkid pinang adalah cukupnya sinar matahari yang didapatkan. Hal ini karena orkid pinang termasuk jenis tanaman yang membutuhkan sinar matahari yang cukup sehingga dapat tumbuh dengan maksimal.

Berbeda dari cara menanam sirih merah, cara menanam orkid pinang yang termasuk tanaman anggrek ini haruslah memperhatikan ketinggian dari tanaman tersebut. Itulah biasanya tanaman orkid atau anggrek biasa kita jumpai berada didalam pot yang menggantung atau tidak bersentuhan langsung dengan tanah.

Tidak hanya itu, proses penanaman orkid pinang haruslah dilakukan pada saat matahari tidak bersinar dengan terik seperti misalnya menanam pada saat pagi hari atau sore hari. Ini perlu dilakukan karena kelembapan tanah akan sangat berpengaruh terhadap tanaman yang baru ditanam. Jika tanaman ditanam pada saat tanah kurang lembab, bisa saja tanaman akan mengalami keterlambatan dalam tumbuh. 

5. Perawatan Tanaman

Cara menanam orkit pinang selanjutnya adalah dengan memperhatikan waktu penyiraman. Sama dengan penananam, penyiraman haruslah dilakukan pada saat hari teduh seperti pagi hari atau sore hari. Hal ini karena cara menanam orkid pinang sama dengan cara menanam bok coy atau tanaman yang lainnya yang jika disiram pada saat matahari bersinar terik, itu dapat mengganggu proses fotosintesis sehingga perkembangan tanaman akan terhambat.

Demikian beberapa cara menanam orkid pinang yang bisa anda coba mulai besok pagi. Cara yang mudah dan alat yang sederhana menjadikan menanam orkid pinang dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Semoga bermanfaat.

Artikel 5 Cara Menanam Orkid Pinang Paling Mudah merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook