+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 5 Cara Menanam Pak Coy di Rumah Sangat Mudah Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

5 Cara Menanam Pak Coy di Rumah Sangat Mudah

pakcoyDi Indonesia banyak sekali jenis sayuran yang dapat kita temui di pasar tradisional maupun di pasar modern. Sebut saja sawi, tomat, wortel, pakcoy dan masih banyak lagi. Sayur-sayur ini di jual dengan harga yang sangat murah per kilonya. Hal ini yang kemudian di jadikan penjual makanan menjadikannya masakan utama di kios makanan mereka.

Kali ini Ilmubudidaya akan membahas tentang cara menanam pakcoy. Cara menanam tanaman hijau satu ini jelas berbeda dengan cara menanam cabe rawit di pot yang mungkin pernah Anda coba. Sebelum menuju ke cara penanamannya, ada baiknya kita berkenalan dengan tanaman hijau yang menyehatkan satu ini.

Pakcoy termasuk ke dalam keluarga sawi-sawian yang sering kita temui di berbagai tempat makan di Indonesia. Tanaman ini mengandung banyak vitamin dan kadar mineral yang tinggi. Vitamin yang terkandung di dalam tanaman ini antara lain vitamin K, A, C, dan E. Sedangkan folatnya termasuk kedalam kategori Excellent. Mineral yang terkandung di dalam pakcoy adalah mangan dan kalsium.

Selain itu Pakcoy juga mengandung serat pangan (dietaryfiber) dan asam amino triptofan. Sedangkan untuk zat-zat gizi terbaik yang terdapat dalam sayuran hijau ini adalah tembaga, fosfor, kalium, besi, magnesium, protein, vitamin B2, dan vitamin B6.

Sedangkan untuk karateristiknya, pakcoy memiliki karateristik seperti berikut:

  1. Sayuran yang memiliki umur pendek. Dimana pakcoy hanya memiliki umur maksimal 45 hari.
  2. Pakcoy data tumbuh dengan baik di dataran rendah dan dataran tinggi. Namun hasil yang paling maksimal ketika Anda menanamnya di dataran tinggi.
  3. Sedangkan untuk syarat tanah untuk menanam pakcoy adalah tanah yang memiliki pH sekitar 5,5 hingga 6. Aerasi lahan yang sempurna dan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhan tanaman. Karateristik pakcoy tentu berbeda dengan karateristik tanaman hias.

Setelah mengenal sedikit tentang pakcoy mari kita langsung menanamnya dengan cara penanaman seperti ini. Bagi Anda yang ingin menanam pakcoy tetapi ini baru pertama kali dan belum mengetahui caranya maka cara ini adalah cara yang sangat cocok untuk Anda karena prakteknya yang sangat mudah.

1. Mempersiapkan Lahan

Sebelum memilih bibit, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih lahan yang akan Anda gunakan untuk menanam pakcoy. Pertama buatlah bedeng terlebih dahulu, bedeng di buat berukuran lebar 2 meter dengan panjang menyesuaikan ukuran lahan.

Setelah itu Anda lanjutkan membuat saluran air dengan lebar yang berukuran 50 cm, saluran air ini nantinya berguna untuk menyirami tanaman Anda. Selanjutnya ratakan permukaan bedengan dan berikan pupuk kompos dengan dosis 7 hingga 10 ton/Ha. Sedangkan untuk tahap persiapan lahan terakhir adalah lakukan penyiraman lahan dengan tujuan memadatkan kompos.

2. Proses Pembibitan

Cara menanam pak coy untuk pembibitan, Anda dapat menggunakan bedengan yang berbeda atau jika tidak Anda dapat menggunakan poly bag. Proses penanaman bibit di lakukan dengan cara menabur benih pada permukaan tanah atau polybag lalu tutup kembali dengan tanah dengan tebal kurang lebih 2 cm.  

Setelah benih ditanam maka lakukan perawatan dengan cara menyiram benih menggunakan sprayer. Setelah itu tunggu selama 3 sampai 4 hari hingga benih tumbuh. Ketika benih sudah memiliki 3 sampai 5 helai daun maka benih siap di pindahkan ke bedengan utama.

3. Proses Penanaman Pakcoy

Setelah proses pembibitan maka proses selanjutnya adalah penanaman tanaman. Pilihlah bibit yang sehat dengan ciri-ciri batang yang tumbuh dengan tegak, memiliki daun yang berwarna hijau segar, dan bibit yang tidak terserang penyakit gulma dan hama. Bibit ini nantinya akan di pindah ke bedengan utama. Untuk cara penanamannya wajib Anda perhatikan ketika memindah bibit ke bedengan utama.

Pertama buatlah lubang tanam dengan ukuran 4 x 6 cm. Jika bibit sudah memiliki ukuran cukup besar maka buat lubang tanam yang berukuran 8 x 10 cm. Lalu pindahkan bibit dari polybag atau bedengan cadangan secara hati-hati. Pastikan tanah yang melekat ke akar tidak pecah dan tutuplah lubang tanam yang sudah berisi bibit dengan tanah hingga rapi. 

4. Perawatan Tanaman Pakcoy

Sesudah melewati proses pemilihan bibit dan penanaman pakcoy maka kita lanjutkan ke perawatan pakcoy. Hal ini bertujuan agar tanaman pakcoy tetap terawat pertumbuhannya hingga masa panen. Perawatan tanaman pakcoy sangat berbeda dengan cara merawat tanaman anggrek. Perawatan tanaman pakcoy dapat di lakukan dengan beberapa cara ini:

  • Penyiraman, tanaman pakcoy adalah tanaman yang sangat bergantung dengan air. Oleh karena itu usahakan secara rutin untuk proses penyiraman ini. Sedangkan kalau di musim kemarau lakukan penyiraman dua kali lebih banyak daripada saat musim hujan.
  • Penyiangan tanaman dapat di lakukan 2 sampai 4 kali selama masa tanam pakcoy.
  • Lakukan penjarangan tanaman setelah tanaman pakcoy memasuki 2 minggu masa tanam.
  • Proses pemupukan adalah proses yang sangat penting bagi tanaman. Karena pupuk adalah vitamin yang membantu pertumbuhan tanaman secara baik. Untuk tanaman pakcoy lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK dengan dosis 300 kg/Ha. Selain pupuk NPK, Anda dapat menggunakan jenis pupuk lain yakni pupuk Urea dengan dosis 50 kg/Ha. Pemberian pupuk untuk pakcoy dapat di lakukan dengan cara di tabur atau dengan cara otomatis melalui larutan air yang di siramkan ke tanaman.
  • Proses selanjutnya adalah pencegahan hama atau gulma tanaman. Hama atau gulma ini dapat sangat mengganggu proses pertumbuhan tanaman pakcoy. Hama yang biasanya terdapat di tanaman pakcoy seperti siput, ulat, tritip, dan cacing bulu. Sementara untuk jenis penyakit yang dapat menyerang tanaman ini adalah bakteri dan jamur. Proses pemberantasan hama atau gulma dan penyakit dapat di lakukan dengan cara penyemprotan pestisida ke tanaman dan tetap menjaga kebersihan lahan tanaman secara berkala.
  • 5. Masa Panen

    Pakcoy merupakan tanaman yang memiliki masa hidup atau masa panen yang sangat singkat, yaitu selama 30-45 hari atau sekitar dua bulan setelah masa semai. Untuk cara memanen Pakcoy dapat kita lakukan dengan cara mencabut seluruh tanaman atau mencabut batangnya satu persatu.

    Cara panen dengan memotong batang pakcoy biasanya di gunakan untuk metode panen berulang kali tanaman pakcoy sesuai kebutuhan yang menanam. Untuk Anda yang menyukai tanaman hijau yang mengandung banyak manfaat ini Anda dapat menanamnya secara banyak baik di lahan yang luas atau di dalam pot atau polybag.

    Itu dia cara menanam pakcoy yang sangat mudah untuk Anda yang pemula dalam hal tanam menanam ini. Jika Anda ingin menanam sayuran lain selain pakcoy Anda dapat melihat beberapa rekomendasi cara di bawah ini:

  • Cara menanam sayur fertigasi.
  • Cara menanam sayur aquaponic.
  • Cara menanam kol.
  • Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dalam cara menanam pak coy. Dan selamat mencoba.

    Artikel 5 Cara Menanam Pak Coy di Rumah Sangat Mudah merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook