+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 5 Cara Menanam Pakcoy di Botol (Metode Baru yang Mudah) Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

5 Cara Menanam Pakcoy di Botol (Metode Baru yang Mudah)

Siapa yang tidak mengenal sayuran pakcoy ini? Di Indonesia sendiri ini merupakan salah satu jenis sayuran yang kerap digunakan dalam olahan beragam masakan menu nusantara. Ada beragam jenis masakan yang snagat nikmat dan lezat jika dicampur dengan sayuran pakcoy ini.

Anda bahkan bisa memperbanyak sayuran ini dengan beragam cara mudah. Dengan cara menumbuhkan kembali dan bahkan menggunakan cara menanam pakcoy di botol yang akan kita bahas kali ini. Penasaran semuadah apakah cara menanam pakcoy di botol tersebut? Makanya mari kita simak tata caranya di bawah ini agar bisa melakukannya dengan mudah di rumah.

1. Persiapan Botol Wadah Tanam

Anda hanya perlu mengumpulkan banyak botol plastik bekas dan mebersihkannya. Ilmu mengatakan bahwa berkebun dengan botol plastik adalah hal yang aman. Tetapi jika Anda masih memiliki beberapa kekhawatiran ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda menggunakan plastik dengan aman seperti cara menanam jagung di gelas plastik.

  • Pertama, gunakan plastik yang bebas dari BPA dan bahan kimia berbahaya lainnya. Semua wadah plastik yang dijual memiliki kode daur ulang yang membuatnya mudah untuk membantu Anda menemukan plastik mana yang paling aman untuk digunakan di sekitar rumah dan kebun.
  • Carilah kemasan plastik yang diberi label 1, 2, 4 atau 5. Untuk sebagian besar, banyak pot dan wadah berkebun plastik Anda akan menjadi label 5, tetapi kemajuan terbaru dalam plastik berarti bahwa ada beberapa wadah plastik yang tersedia dalam kode daur ulang lainnya.
  • Memperhatikan kode daur ulang sangat penting jika Anda menggunakan kembali wadah plastik dari produk lain yang dapat diproduksi dalam berbagai kode daur ulang.
  • Kedua, simpan wadah plastik Anda dari panas berlebih. Bahan kimia yang berpotensi berbahaya seperti BPA paling banyak dilepaskan ketika plastik menjadi panas, sehingga menjaga plastik dingin Anda akan membantu mengurangi potensi pelepasan kimiawi.
  • Simpan wadah plastik Anda dari sinar matahari yang kuat dan, bila memungkinkan, pilihlah wadah berwarna terang seperti cara menanam pare hidroponik.
  • Ketiga, gunakan media pot yang memiliki jumlah bahan organik yang tinggi. Tidak hanya media pot dengan banyak bahan organik tetap lembut dan menjaga tanaman Anda sehat, itu juga akan bertindak seperti sistem penyaringan yang akan membantu menangkap dan mengumpulkan bahan kimia.
  • Jika, setelah semua ini, Anda masih merasa khawatir tentang penggunaan plastik untuk menanam tanaman, Anda selalu dapat memilih untuk tidak menggunakan plastik di kebun Anda. Anda dapat menggunakan wadah tanah liat dan keramik yang lebih tradisional.
  • Kesimpulannya, sebagian besar ilmuwan dan petani profesional percaya bahwa menanam plastik aman. Anda harus merasa nyaman menggunakan botol plastik tersebut. 
  • 2. Menyiapkan Bentuk Wadah Botol Plastik

    Untuk bisa menggunakan botol plastik bekas menjadi wadah yang baik dalam cara menanam pakcoy dalam botol ini, maka berikut langkah modifikasinya tersebut :

  • Gunakan pisau tajam untuk memotong dasar botol sekitar 3 cm di atas bagian bawah, lalu cuci dan coba botolnya sampai bersih.
  • Tutupi bagian tepi botol dengan selotip, lalu tumbuk 4 lubang di sekitarnya secara berkala untuk benang. Potong panjang benang yang sama dan ikat dengan aman melalui lubang-lubang ini. Saat Anda menjalin ujungnya, botol mo harus menggantung lurus ke bawah dan tidak membelok pada satu sudut atau lainnya.
  • Potong-potong aluminium foil pendek, gulung ke dalam tabung, dan gariskan botol dengan itu. Ini akan menambahkan lapisan isolasi yang melayani tujuan ganda: itu akan menjaga sinar matahari dari mengeringkan tanah, dan itu akan menarik panas dari sinar matahari yang bahagia untuk menjaga akar tanaman menjadi hangat.
  • Pilih jenis tanaman yang ingin Anda tanam. Jika Anda menanam tanaman di dalam ruangan, cobalah jamu herbal seperti pak coy. Jika Anda menggantung di luar, Anda dapat menanam tomat kecil, cabai, dan bahkan labu seperti cara menanam bawang batak.
  • Pastikan untuk mengisi tanah dari tanaman luar ruangan sehingga mereka tidak habis ketika mereka menanam buah atau sayuran. Karena kali ini kita mebahas pakcoy, maka akan menggunakan bibit pakcoy nantinya.  
  • Tekuk bagian atas bibit bersama-sama membentuk bentuk seperti tombak, dan utas dengan lembut melalui cerat minum botol pop sehingga bagian-bagian berdaun menempel di bagian atas  akar atau tanah menggantung di dalamnya.
  • Balik botol sehingga ceratnya menghadap ke bawah, dan tambahkan tanah Anda. Jangan mengemasnya dengan begitu kuat sehingga akarnya tidak bisa menyebar, tetapi cukup menyenggolnya sehingga tanaman itu disimpan dengan aman.
  • Gantung pekebun di tempat yang mendapat banyak sinar matahari dan air secukupnya. Jika air mengalir ke bagian bawah tempat daun-daun mencul, perlu latihan untuk mengukur jumlah air yang diperlukan untuk menjaga tanah dan akar lembab tanpa menenggelamkan tanaman .
  • Pertimbangkan kebutuhan penyiraman tanaman yang Anda pilih:pakcoy tidak akan membutuhkan banyak penyiraman seperti lettuce, tomat atau basil.
  • Anda akan terkejut melihat betapa cepat tanaman Anda akan tumbuh, dan seberapa banyak ruang yang dihemat dengan menanamnya dengan cara ini.
  • Pastikan saja bahwa Anda tidak pernah memotong lebih dari 30% daun tanaman pada saat panen atau mungkin mati. Perlakukan mereka dengan lembut dan baik.
  • 3. Proses Pembibitan Pakcoy

    Pembibitan pakcoy ini bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu menggunakan biji dan pertumbuhan ulang.

  • Ketika anda memilih menumbuhkan pakcoy ini menggunakan biji maka hal penting yang harus diperhatikan adalah pilihlah biji unggulan.
  • Menumbuhkan bibit menggunakan biji akan memakan waktu lebih lama, pertama rendam terlebih dahulu biji pakcoy dan kemudian masukan kedalam botol penanaman. Namun anda bisa menggunakan cara penumbuhan bibit dnegan tisu basah.
  • Jika menggunakan langkah tisu basah maka anda harus memindahkan bibit nantinya setelah tumbuh mencapai 3 hingga 5 cm dengan hati-hati tanpa merusak akar.
  • Jika menggunakan sistem tanaman ulang maka anda hanya perlu memotng bagian sebelum ujung akar tanaman sebelumnya dan merendamnya di dalam air bersih. Tunggu hingga muncul tunas baru dan kemudian tanam ke media wadah botol plastik yang telah disiapkan tadi.
  • 4. Perawatan dan Pengendalian Hama serta Penyakit

    Pakcoy dapat diserang oleh kutu  dan cacing kubis. Kutu daun dapat dibuang atau disemprot.  Pakcoy juga rentan terhadap virus kuning, clubroot, dan busuk hitam. Varietas ini sebenarnya lumayan tahan penyakit tanaman. Hindari penanganan tanaman saat basah. buang tanaman yang terinfeksi. Untuk menanam pakcoy, menjaga tanah tetap lembab adalah kebutuhan dasar.

    Tanaman berdaun ini membutuhkan kelembaban dan irigasi yang teratur untuk pertumbuhan yang sehat. Untuk itulah harus dilakukan penyiraman secara rutin tapi jangan sampai air malah menggenang dan membuat akar menjadi busuk.

    5. Panen

    Asalkan tingkat kelembaban tanah tetap moderat (tidak basah), tanaman pakcoy Anda akan mengembangkan daun baru dan tumbuh subur.

    Biasanya, siap panen dalam waktu 40-50 hari. Setelah tanaman mencapai tinggi 4-5 inci, Anda dapat memanen pakcoy untuk digunakan dalam sup. Atau yang lain, kumpulkan daun bawah dari tanaman yang akan dipanen tersebut seperti cara menanam sayuran hidroponik organik.

    Artikel 5 Cara Menanam Pakcoy di Botol (Metode Baru yang Mudah) merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook