+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 5 Cara Mengatasi Hama Tupai pada Durian Paling Efektif Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

5 Cara Mengatasi Hama Tupai pada Durian Paling Efektif

Durian atau juga disebut Duren merupakan saah satu buah musiman yang sangat digemari masyarakat indonesia. Rasanya yang legit dengan tekstur daging lembut ditambah bau wanginya yang khas membuat siapa saja tak kuasa menolak godaannya.

Karena peminatnya yang cukup banyak, budidaya durian di Indonesia terus saja dikembangkan hingga sekarang. Seperti pada budidaya tanaman pada umumnya yang tak lepas dari berbagai kendala, demikian pula halnya dengan budidaya durian.

Tanaman durian memiliki berbagai jenis hama dan salah satu hama yang akan kita bahas kali ini adalah hama tupai pada tanaman durian.

Serangan hama tupai memang tak begitu hebat sebagaimana serangan hama dari jenis serangga, namun jika tak segera diatasi bisa merugikan petani durian. Oleh karena itu sangat penting bagi petani durian untuk mengetahui cara mengatasi hama tupai pada durian agar hasil budidaya durian bisa aman dan terjaga. Perhatikan langkah demi langkah pengendalian hama tupai berikut ini.

1. Hama Tupai

cara mengatasi hama tupai pada tanaman durianKita perlu untuk mengenal karakteristik hama sasaran kita sebelum mengambil tindakan agar bisa didapat cara yangefektif untuk mengendalikan hama tersebut dan dalam hal ini adalah tupai. Tupai merupakan mamalia kecil pemanjat pohon.

Di Indonesia tupai juga dikenal dengan bajing. Asumsi pertama yang terlintas dipikiran anda tentulah bajing itu binatang yang suka memakan buah kelapa. Anda tidak salah, namun tahukah anda bahwa tikus kelapa adalah yang paling sering memakan buah kelapa ketimbang bajing. Baca juga Cara Mengatasi Penyakit Cacar Buah Melon

Ia adalah binatang pengerat yang masih satu keluarga dengan tikus. Bajing aktif di siang hari dan sebenarnya merupakan herbivora yang menyukai buah-buahan segar. Ia memiliki kemampuan meloncat yang bagus sehingga mampu berpindah dari satu pohon ke pohon yang lain dengan sangat cepat.

Tentunnya lompatan dan gerakan cepat bajing membutuhkan banyak energi, hal ini pulalah yang membuatnya menjadi rakus dan cepat haus. Jika lapar ia akan memakan berbagai macam buah-buahan termasuk durian dan jika haus maka ia akan mencari buah kelapa muda untuk diminum airnya. 

2. Mengatasi Hama Tupai dengan Racun

Cara ini cukup mudah dan cocok diterapkan pada perkebunan durian. Anda tahu sendiri bahwa buah durian bersifat panas di tenggorokan dan hal ini juga berlaku bagi tupai. Begitu makan durian maka ia akan segera haus dan mencari air minum terdekat.

Hal inilah yang akan kita manfaatkan untuk menjebak si Tupai tersebut. Caraya adalah dengan menyiapkan minuman beracun. Tentunya bukan kopi sianida ya, dan bukan juga air kelapa muda yang justru bersifat sebagai penawar racun. Baca juga Cara Menanam Durian

Siapkan saja wadah seperti piring atau tutup toples lalu tempatkan di dahan poon durian yang agak tinggi. ANda bisa memasang satu jebakan di setiap pohon durian. Gunakan air mieral yang sudah dicampur racun tikus untuk meracuni bajing yang berarian di pohon durian. Perlu diingat bahwa cara ini kurang efektif di musim hujan karena anda perlu membuat naungan diatas jebakan namun biasanya ini akan membuat tupai curiga dan urung minum air beracun tersebut.

3. Membuat Perangkap Lem Tikus

Perangkap ini juga dipasang di dahan pohon yang tinggi. Belilah lem tikus yang banyak dijual di toko pertanian. Pilihlah batang poho durian yang cukup besar untuk diolesi lem tikus lalu gantung buah seperti buah anggur diatas perangkap sehingga nantinya tupai yang tergoda akan terkena jebakan lem tersebut dan tak akan bisa bergerak lagi.

Dengan menggunakan metode ini maka anda akan mendapatkan tupai dalam keadaan hidup sehingga anda bisa menjualnya pada orang yang berminat terhadap tupai. Baca juga Cara Mengatasi Penyakit Antraknosa pada Cabai

4. Memburu Tupai

Cara yag satu ini hanya cocok bagi anda yang mempunyai skill menembak dan berburu yang bagus, karena jika dilakukan oleh orang yang kurang berpengalaman maka akan menyia-nyiakan banyak waktu saja. Cara ini tidak efisien untuk mengatasi hama tupai dalam jumlah banyak.

Lalu bagaimana bagi pemilik kebun durian yang tidak ahli menembak atau berburu? Tenang saja, masih ada solusinya. Baca juga Cara Mengatasi Hama Thrips Pada Tanaman Cabe

Agar berburu tupai menjadi lebih efektif dan mudah maka sebaikya dipadukan dengan metode lain seperti perangkap racun atau perangkap lem perekat tupai. Dengan memasang perangkap maka area yang menjadi target menembak anda menjadi lebih jelas dan mudah dibidik. Anda tak perlu mengawasi kesana kemari karena anda sudah tahu dimana saja tupai akan muncul.

Pasanglah beberapa perangkap lem di berbagai titik jika anda ingin menembak tupai dalam keadaan hidup. Jika tupai sudah terkena jebakan lem perekat maka ia akan kesulitan bergerak dan anda bisa menembaknya dengan mudah. Yang perlu anda lakukan hanya menunggu tupai datang sambil bersembunyi di lokasi yang tepat untuk membidik tupai-tupai tersebut. 

5. Menakuti Tupai dengan Rekaman Suara Tupai

Sebagai manusia kita diaugerahi akal untuk berpikir. Maka dari itu kita bisa menemukan cara yang lebih efisien untuk mengerjakan sesuatu seperti cara mengatasi hama tupai pada tanaman durian. Kali ini kita akan menggunakan perangkat elektrolit dan pengeras suara.

Pertama-tama tangkaplah tupai dalam keadaan hidup (anda bisa menggunakan jebakan lem perekat) setelah itu ambil HP anda untuk merekam suara tupai namun suara tupai yang sedang kesakitan. Baca juga Cara Mengatasi Penyakit Hawar Daun pada Tanaman Padi

Anda bisa menginjak tupai itu perlahan agar mengeluarkan bunyi kesakitan sehingga anda bisa merekam suara tersebut. Setelah itu suara itu diputar berulang-ulang sambil dikeraskan dengan pengeras suara agar bisa terdengar di seluruh penjuru kebun durian anda. Seluruh tupai yang ada disitu pasti akan ketakutan dan memilih untuk pergi menjauhi kebun anda.

Nah, demikianlah tadi beberapa cara mengatasi hama tupai pada tanaman durian yang bisa anda coba untuk mengamankan buah durian anda dari serangan hama tupai. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian. Oh iya, jangan lupa untuk mebaca artikel kami yang lain seperti cara mengatasi hama wereng pada tanaman padi dan cara mengatasi hama aquascape.

Artikel 5 Cara Mengatasi Hama Tupai pada Durian Paling Efektif merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook