+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 5 Jenis Budidaya Tanaman Yang Menguntungkan dan Cepat Panen Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

5 Jenis Budidaya Tanaman Yang Menguntungkan dan Cepat Panen

Jika kita membaicarakan tentang jenis budidaya tanaman yang menguntungkan dan cepat panen pastinya akan merujuk pada beragam jenis budidaya terbaik saat ini. Ini akan memudahkan terutama bagi para pengusaha budidaya tanaman yang masih pemula.

Sama halnya dengan cara budidaya bawang merah di lahan kering, ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan budidaya. Dan untuk itulah kita mengetahui jenis budidaya tanaman yang menguntungkan dan cepat panen ini.

1. Tanaman Herbal

tidak hany tergolong ke dalam jenis budidaya tanaman yang menguntungkan dan cepat panen, ini juga merupakan jenis budidaya yang banyak dicari. Bagaimana tidak, tanaman obat adalah salah satu jenis tanaman yang banyak kegunaannya. Tak jarang orang lebih menyukai pengobatan herbal dan alami daripada menggunakan obat-obatan racikan kimia, bukan?

Nah inilah yang menyebabkan banyak keuntungan yang dihasilkan dari budidaya tanaman herbal tersebut. Seperti cara budidaya tanaman yang menguntungkan, pertumbuhan tanaman herbal sangatlah cepat berbeda dengan tanaman pohon seperti durian maupun rambutan.

2. Budidaya Tomat

Seperti tips budidaya cabe organik, tanaman sayuran yang satu ini memang snagat mudah dikembangkan dan tidak memerlukan waktu lama untuk pertumbuhannya. Bahkan hal menarik lainnya dari budidaya tomat adalah perawatan yang tidak sulit bahkan mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Karena mudah tumbuh dan tidak sulit dalam pemeliharaannya, makanya tomat termasuk jajaran tanaman yang mudah menghasilkan uang jika dibudidayakan. harga jual tomat juga relatif stabil di pasaran. Jadi tidak perlu khawatir akan kerugian yang berarti.

Apalagi sekarang ini banyak sekali kegunaan tomat. Tidak hanya sebagai sayuran yang dikonsumsi namun juga untuk jus dan masker kesehatan kulit. Jadi jangan ragu untuk menggunakan tomat sebagai salah satu usaha budidaya yang menghasilkan dalam jangka waktu singkat.

3. Paprika

Paprika merupakan jenis tanaman sayuran yang juga mudah untuk dirawat, cepat tumbuh dan mudah untuk menghasilkan uang. Sama halnya dengan cara budidaya jamur tiram F1, tidak diperlukan keahlian khusus agar bisa menghasilkan panen yang berlimpah saat membudidayakan paprika. 

Paprika masih tergolong tanaman budidaya yang lumayan langka di Indonesia, jadi peluang untuk menghasilkan banyak uang masih terbuka sangat lebar. Apalagi dengan permintaan akan paprika yang kian meningkat di pasaran dari hari ke hari nya.

Anda hanya perlu memahami sebuah trik dalam merawat tanaman budidaya paprika. Yakni tanaman ini harus dijauhkan dari tempat yang selalu terkena air atau digenangi air. Jadi buatlah tempat naungan untuk budidaya paprika agar panennya lebih melimpah dan optimal.

4. Budidaya Sayuran

Seperti cara budidaya jamur ganoderma, masyarakat pada umumnya memang memerlukan sayuran di keseharian mereka. Jadi jika ingin mendapatkan keuntungan nyata dari usaha budidaya tanaman maka jawaban terbaik adalah dengan mengembangkan budidaya sayuran.

Ada banayak sekali sayuran yang permintaannya tidak pernah surut di pasaran dan merupakan jenis yang mudah tumbuh. Berikut beberapa daftar sayuran yang mudah tumbuh dan pastinya menghasilkan : 

  • Lobak : ini adalah jenis sayuran yang mudah dikembangkan, cepat tumbuh, panen yang mudah dan tidak memerlukan lapangan yang luas. Karena lobak hanya memiliki akar yang dangkal, jadi akan tetap berkembang walau hanya ditanam menggunakan wadah seadanya dan kecil. Biasanya sudah bisa dipanen dalam waktu 25 hingga 60 hari.
  • Sawi Hijau : Ini juga merupakan varietas sayuran yang mudah dibudidayakan, tidak lama waktu tumbuhnya dan mudah untuk di panen. Bahkan bisa tumbuh dnegan optimal walaupun ditanam di daerah yang minim sinar matahari nya. Bahkan sawi hijau ini bisa tumbuh dengan baik di tempat yang intensitas cahaya mataharinya cuma mencangkup 3 hingga 4 jam saja. Masa panen yang dibutuhkan juga singkat yakni 30 hari hingga 2 bulan.
  • Kacang polong : Ini merupakan varietas sayuran yang juga bisa ditumbuhkan dimana saja, bahkan bisa ditanam menggunakan polybag, pot maupun langsung ke tanah. Jadi, dengan cara penanamn yang mudah ini bisa menghasilkan panen dalam jangka waktu 60 hari setelah penanaman.
  • Bayam : Sayuran lain yang juga super duper cepat tumbuhnya adalah bayam. Dan kita juga mengetahui bahwa bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat populer di pasaran. Jadi bayam sangat mudah untuk dibudidayakan dan bahkan bisa langsung di panen setelah berumur 25 hari setelah penanaman. Kemudian bisa dipanen setiap 5 hari berikutnya.
  • Kangkung : tidak jauh berbeda dengan bayam, kangkung ada 2 jenis yakni kangkung air dan darat. Setelah ditanam maka 30 atau 40 hari berikutnya kangkung ini sudah bisa dipetik sebagai panen pertama dan bisa dipanen ulang atau langsung dicabut ke akarnya. Karena ini merupakan sayuran yang merambat.
  • 5. Budidaya Bunga Hias

    Ada beberapa jenis bunga hias yang sangat mudah dibudidayakan dan juga berumur singkat. Kita ketahui bahwasanya tanaman hias jenis bunga sudah bisa dijual jika memiliki putik bunga atau bahkan sebelum berputik. Karena memang bunga hias bisa di jual sepanjang masa. Jadi ini merupakan salah satu jenis budaya tanaman yang mudah menghasilkan uang.

    Nah, demikianlah pembahasan kita tentang jenis budiaya tanaman yang menguntungkan dan cepat panen. Semoga ilmu ini bermanfaat bagi yang ingin melakukan budiaya tanaman.

    Artikel 5 Jenis Budidaya Tanaman Yang Menguntungkan dan Cepat Panen merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook