+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 6 Cara Membasmi Hama Aphid Serta Perawatan Tanaman Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

6 Cara Membasmi Hama Aphid Serta Perawatan Tanaman

Deskripsi Hama Aphid

Hama aphid memiliki nama latin yaitu Aohidoidea. Insekta yang satu ini termasuk dalam jenis kepik berwarna hijau muda. Aphid dapat dengan mudah ditemukan di beberapa wilayah seperti  Bentuk dari aphid sendiri sangat kecil, hanya memiliki panjang tubuh sekitar 1-2 mm saja.

Cara hama aphid dapat berkembang dengan pesat dengan cara aseksual. Hewan ini juga dikenal sebagai mediator penyakit pada tanaman budidaya yang disebabkan oleh virus dan cara mengatasinya perlu anda ketahui supaya tidak menyebabkan penyakit lain.

Aphid dapat dibedakan menjadi 2 individu berdasarkan kategori sayapnya menjadi aphid bersayap dan tidak bersayap. Fungsi sayap akan muncul apabila koloni hama aphid yang menyerang tanaman terjadi persaingan sumber makanan.

Dari beberapa sumber menyatakan kalau hama aphid menjadi perantara dari penyakit tanaman. Teknik menyerang dengan cara menghisap cairan tanaman dan menghasilkan gula yang menjadi media pertumbuhan penyakit karena serangan virus atau cendawan.

Tanaman Yang Diserang Hama Aphid

Walaupun bentuknya kecil, hama aphid senantiasa menjadi musuh yang paling membuat para petani atau pemilik kebun kesulitan. Hama ini biasanya menyerang tidak dengan 1 indvidu saja melainkan banyak individu. Bagian yang paling disukai oleh hama aphid adalah jaringan tanaman muda seperti pucuk, daun dan bunga. Apabila penanganannya lambat maka tanaman akan mudah rusak.

Berikut ini daftar tanaman yang diserang hama aphid yang perlu anda ketahui.

  1. Kacang Tanah

Bagian bawah daun muda adalah bagian paling banyak diserang oleh hama kacang merah. Selain bagian daun, serangan pada pucuk, tangkai daun dan batang ikut diserang hama aphid. Faktor seperti bagian yang muda merupakan bagian yang paling banyak mengandung air sehingga pertumbuhan bagian yang lain seperti daun sekulennya dapat dengan mudah terjadi.

Hama aphid bisa mempengaruhi kondisi buah yang dihasilkan kacang tanah pula. Oleh karena itu anda perlu mengetahui cara menanam kacang tanah agar berbuah banyak.

  1. Kentang

Kentang adalah tanaman yang menghasilkan gula sehingga sangat disukai hama aphid. Hasil serangan dari hama aphid adalah membuat tanaman kentang menjadi lemah. Munculnya daun yang menggulung, ada bercak dan kering. 

3, Kacang Panjang

Tanaman kacang panjang bisa diserang hama aphid dimana tahapannya memakan pucuk daun kacang panjang. Kemudian penyebaran serangan akan menyebabkan tanaman kacang pancang berdaun layu dan berubah warna menjadi kuning. Namun pada dasarnya penyerangan hama aphid terjadi apabila anda mengetahui cara menanam kacang panjang agar hasilnya optimal.

Cara Membasmi Hama Aphid

Cara membasmi hama aphid yang bisa anda lakukan sebenarnya ada banyak. Nantinya cara yang akan kami sampaikan bisa anda gunakan dengan cara kombinasi tergantung tingkat keparahan serangan hama aphidBerikut ini cara membasmi hama aphid yang perlu anda ketahui.

  1. Tumpang Sari

Tumpang sari adalah cara menanam dengan cara menanaman 2 atau lebih jenis tanaman. Biasanya tanaman yang digunakan adalah tanaman yang mengeluarkan aroma yang tidak disukai hama aphid seperti daun bawang, bawang merah, dan lainnya. Fungsi tanaman yang beraroma busuk ini dapat menghindarkan hama aphid dan serangga lain untuk mendekat tanaman yang anda tanam. 

  1. Potong Bagian Tanaman Yang Diserang

Pada awal penjelasn materi cara membasmi hama aphid kami sudah menyampaikan kalau serangan hama aphid dapat menjadi mediator untuk penyakit lain bersarang. Dengan memotong bagian tanaman yang diserang dapat membantu mencegah terjadinya penyebaran serangan hama aphid. Pemotongan tanaman mampu meningkatkan regenerasi bagian tanaman yang lain seperti daun dan cabang baru agar tumbuh dengan baik.

  1. Pemberian Pestisida

Pemberian pestisida pada tanaman yang diserangan hama dapat membantu membasmi hama aphid. Anda hanya perlu memperhatikan jenis dan takaran yang digunakan untuk memberikan pestisida. Bahan yang mengandung 450 gram / liter dimepho, 50% bensuptap dan deltametrin 25 gram / liter bisa anda gunakan untuk membasmi hama aphid.

  1. Perangkap Warna Kuning/ Alumninium Foil

Warna kuning dianggap dapat memantulkan cahaya matahari lebih tinggi terutama saat bersinggungan dengan cahaya matahari. Selain dengan kertas berwarna kuning penggunaan aluminium foil untuk menghindari serangan hama aphid bisa dilakukan. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menempelkan kertas anti basah berwarna kuning atau aluminium foil  pada bagian tanaman yang disukai oleh hama aphid.

  1. Tanaman Yang Rentan Diberi Kelambu

Petani atau pemilik kebun biasanya suka memberikan kelambu seperti plastik bening sepanjang lahan tanaman yang ditanam atau hanya pada bagian tertentu. Fungsinya selain untuk mempercepat tanaman tumbuh cara ini dapat mencegah hama aphid menyerang tanaman yang anda pakai. Anda hanya perlu perhatikan pengaturan suhu udara tanaman yang ditutupi kelambu perlu dilakukan.

Dengan memberi lubang pada bagian kelambu bisa menjadi cara yang anda lakukan untuk menjaga kelembaban dan suhu pada tanaman yang anda tanam. Teknik ini bermanfaat  untuk mencegah tanaman tidak kering, terlalu lembab dan menjadi busuk pada bagian tubuhnya.

  1. Jaga Kebersihan Tanaman

Pencegahan seperti menjaga kebersihan tanaman supaya tidak menjadi mediator akibat infeksi dari penyakit yang disebabkan oleh virus dan cendawan perlu dilakukan. Cara paling mudah adalah dengan cara pembersihan gulma dan ranting pada sekitar tanaman yang anda tanam.

Proses pencangkulan tanah perlu dilakukan apabila gulma sudah sudah tumbuh ke dalam tanah tanaman anda. manfaat pencangkulan tanah dapat meningkatkan kemampuan akar tanaman bergerak sehingga pertumbuhan tanaman pada bagian akar bisa terjadi dan mencegah percaingan tanaman gulma dengan tanaman yang anda tanam.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda. Sampai jumpa di pertemuan selanjutnya.

Artikel 6 Cara Membasmi Hama Aphid Serta Perawatan Tanaman merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook