+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 6 Cara Menanam Bunga Dahlia dan Perawatannya Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

6 Cara Menanam Bunga Dahlia dan Perawatannya

Siapa yang hobi berkebun? Menanam aneka jenis bunga hias yang cantik dan menyegarkan? Jika anda salah satunya maka bunga apa yang biasanya anda tanam? Karena ada banyak sekali ragam buanga hias yang menarik dan indah untuk ditanam baik di pekarangan rumah maupun di kebun bukan?

Seperti cara menanam lily of the valley, dimana di dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang cara menanam bunga dahlia. Bunga dahlia ini adalah salah satu bunga yang sangat umum ditanam oleh para penggemar bunga hias karena sangat mudah ditanam dan juga memiliki beragam warna menarik yang indah untuk dinikmati.

Tidak aneh jika bunga dahlia kemudian menjadi salah satu bunga yang sangat disukai dan menjadi favorit banyak orang. Bunga dahlia akan mudah dalam penyesuaian dengan lingkungan sekitar ketika anda menginginkan untuk merawat sebuah tanaman atau bunga hias. Jika anda sekarang merasa tertarik dalam menanam buanga yang memiliki beragam jenis dan beragam warna ini maka berikut kami sediakan langkah penanaman bunga dahlia yang benar:

1. Kenali Dasar Penanaman

Sama seperti ketika anda mulai mempelajari tentang cara menanam bunga yolanda, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui tentang apa saja yang perlu diketahui sebagai pemulaan dalam menanam bunga dahlia. Kunci dari penanaman bunga dahlia yang baik adalah tentang sinar matahari dan adanya sistem pengairan yang tidak tersendat dan lancar.

Bibit dari bunga dahlia juga tidak sulit untuk didapatkan dan tergolong hal yang mudah dibandingkan dengan bunga hias jenis lain. Anda bahkan bisa mencari dan mendapatkan bibit dahlia di hampir setiap pedagang bunga yang ada. Tidak hanya mendapatkan bunga dahlia yang biasa anda bahkan bisa menghasilkan bunga yang telah silangkan dengan bunga yang lainnya dan akan menghasilkan bunga yang tak kalah indah.

2. Mempersiapkan Media Tanam

Untuk memudahkan proses penanaman bunga dahlia maka sebaiknya anda terlebih dahulu menyiapkan media tanam. Berbeda dengan anda yang akan menanam langsung di tanah maka anda diharuskan untuk menyiapkan lahan dan membersihkannya terlebih dahulu. Namun jika anda tidak memiliki lahan yang cukup luas dan terbatas maka anda tetap bisa menikmati keindahan dahlia dengan menanamnya didalam pot.

Letakan bunga dahlia tersebut nantinya di teras rumah maupun di dalam rumah. Namun pastikan bahwa tanaman yang akan anda tanam (dahlia) mendapatkan sinar matahari yang cukup dan juga mendapatkan air yang pas juga. Seperti cara menanam bunga zinnia yang masih terlihat mirip dengan bunga dahlia. Yang perlu anda siapkan adalah tanah humus, pupuk kandang dan tempat untuk menanam seperti pot maupun polibag. 

3. Cara Mudah Menanam Bunga Dahlia

Bunga dahlia merupakan salah satu bunga yang menyukai sinar matahari langsung yang sedikit berbeda dengan jenis bunga lain yang akan memudar jika terkena sinar matahari. Untuk masalah pemindahan dan pengaliran air serta pergantian media tanam memang sebaiknya anda menggunakan polybag terlebih dahulu. Setelah bibit tumbuh dengan baik maka anda boleh memindahkannya ke tempat yang lebih baik seperti pot bunga.

Anda hanya tinggal mengisi polybag dengan campuran tanah humus, pupuk kompos dan pasir halus tersebut sebagai media tanam dahlia seperti cara menanam bunga seruni. Sesuaikan komposisi dari media tanam dengan besar atau tinggi dari bibit dahlia yang akan anda tanam tersebut. Jangan terlalu padat dan jangan terlalu longgar agar nantinya sirkulasi air bisa mengalir dengan lancar. Persiapkan terlebih dahulu media tanam 7 hari sebelum anda menanam bibit dahlia. 

4. Persiapan Bibit Dahlia

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa bibit dari dahlia sebenarnya sangat mudah didapatkan. Bahkan jika anda memiliki tanaman bunga dahlia yang telah tumbuh sebelumnya maka anda bisa mendapatkan bibit secara manual dari biji, bagian batang dan umbi dari dahlia yang nantinya bisa berkembang menjadi bibit baru bunga dahlia tersebut.

Namun jika anda tidak ingin melakukan pembuatan bibit secarea manual maka anda bisa mebeli secara langsung bibit dahlia tersebut. Anda bisa memilih jenis bunga dahlia apa saja yang ingin anda tanam sebelum mebeli bibit dahlia tentunya.

Setelah memilih jenis dahlia apa yang akan anda tanam maka anda tinggal menyemai bibit dahlia kedalam polybag yang sebelumnya telah anda isi dengan media tanam tersebut.

5. Proses Penanaman Bunga Dahlia

Ketika bibit dahlia telah tumbuh dan cukup tinggi untuk kemudian dipindahkan ke wadah yang lebih besar, maka anda hanya perlu menyiapkan wadah selanjutnya. Gunakan pupuk kimia agar bisa menunjang pertumbuhan dari dahlia tersebut. Berikut cara pemeliharaan bunga dahlia:

  • Pisahkan dengan hati-hati bibit dari polybag tersebut dengan cara melonggarkan media tanam terlebih dahulu agar tidak ada akar yang rusak dan putus.
  • Pangkas daun dahlia agar tidak terfokus semua nutrisi pada perkembangan daun dan nantinya banyak bunga dahlia yang akan bermekaran. Ini akan meneyababkan fokus nutrisi hanya ke daerah bunga.
  • Gunakan stimulasi pertumbuhan dengan cepat dengan cara pemupukan baik pemupukan dengan menggunakan pupuk kimia maupun pemupukan dengan pupuk kompos.
  • Perhatikan cahaya dari sinar matahari, karena pertumbuhan dahlia memerlukan sinar matahari. 
  • 6. Perawatan Bunga Dahlia

    Agar adan mendapatkan bunga dahlia yang sehat dan berbunga dengan indah, maka anda harus melakukan serangkaian perawatan kepada bunga dahlia tersebut, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Jika bunga dahlia telah tumbuh dengan baik maka anda bisa mengurangi intensitas pemupukan.
  • Anda hanya perlu melakukan pemangkasan dengan menganti intensitas pemupukan tersebut.
  • Potonglah daun dan ranting yang berlebihan atau yang telah membusuk dengan menggunakan gunting tanaman atau pisau yang tajam.
  • Jaga bunga dahlia dari bragam serangan hama dan penyakit seperti ulat.
  • Jangan terlalu sering menyiram tanaman dahlia karena bisa menyebabkan pembusukan.
  • Namun, jika cuaca berubah menjadi sangat kering dan panas maka anda harus lebih sering menyiram tanaman tersebut. Lihatlah kelembaban dari tanah atau media tanam tempat dahlia ditanam, jangan biarkan air menggenang dan tanah terlalu lembab dalam jangka waktu yang lama. Namun, juga jangan biarkan media tanam terlihat sangat kering.
  • jangan biarkan bunga dahlia tumbuh terlalu tinggi, pangkaslah dengan rutin.
  • Selalu memastikan bahwa anda meletakan bunga dahlia di daerah yang terkena sinar matahari secara langsung.
  • Buanglah beragam gulma maupun hama yang menyerang tanaman dahlia.
  • Pisahkan tunas baru agar pertumbuhan mereka tidak terlalu padat jika menggunakan pot.
  • Berikan penyemprotan anti hama jika tanaman terserang hama tak terkendali.
  • Demikianlah pembahasan tentang cara menanam bunga dahlia beserta langkah perawatannya. Cukup mudah dan tidak sulit bukan? Cobalah anda untuk segera melakukan penanaman dan lakukan dengan langkah langkah yang tepat agar anda bisa mendapatkan pertumbuhan dahlia yang optimal. Selamat mencoba semoga artikel ini bermanfaat.

    Artikel 6 Cara Menanam Bunga Dahlia dan Perawatannya merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook