+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 6 Cara Mengatasi Semut pada Tanaman Buah Naga Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

6 Cara Mengatasi Semut pada Tanaman Buah Naga

cara mengatasi hama semut pada tanaman buah nagaKita mengenal semut sebagai serangga kecil yang hidup dengan cara berkoloni. Semut dapat dengan mudah dijumpai diseluruh penjuru dunia. Bahkan konon katanya hanya di daerah kutub saja yang tidak ada semutnya. Meski kadang kita tak memperhatikan namun sebenarnya semut ini memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan.

Tahukah anda bahwa semut merupakan binatang yang akan memakan sisa-sisa makanan atau jasad binatang yang sudah tak bernyawa. Tentu saja hal ini bermanfaat untuk mengurai sampah organik.

Meski pada dasarnya semut merupakan binatang yang bermanfaat, namun pada kondisi tertentu semut dianggap juga sebagai hama perusak. Ada banyak tanaman yang menjadi sasaran serangan semut dan salah satunya adalah tanaman buah naga. Petani buah naga sering kali diresahkan oleh kehadiran semut yang merusak bunga dan buah naga. Hal ini dapat menurunkan kualitas buah naga yang dipanen nantinya.

Cara Mengatasi Semut pada Tanaman Buah Naga

Pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi hama semut pada tanaman buah naga. Diharapkan ini bisa menjadi referensi bagi para pebudidaya tanaman buah naga untuk mengatasi serangan hama semut pada tanaman buah naga mereka. Simaklah tata cara mengatasi hama semut pada buah naga berikut ini.

1. Hama Semut Pada Tanaman Buah Naga

Sebelum mengatasi hamanya maka ada baiknya jika kita mengenal hamanya terlebih dahulu. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa hama semut ini hidup dengan cara berkoloni. Ia termasuk serangga yang sangat luas persebarannya serta memiliki kemampuan adaptasi lingkungan yang baik. Tanaman buah naga yang biasanya dibudidayakan di lahan berpasir dengan suhu panas seperti tepian pantaipun tak luput dari ancaman serangan semut.

Sebenarnya semut sendiri merupakan serangga omnivora yang memakan hampir segala jenis makanan. Namun ia cenderung untuk memakan makanan yang manis. Buah naga sendiri memiliki bunga yang mengeluarkan nektar sehingga inilah yang akan memikat berbagai jenis serangga untuk atang termasuk semut. Sebenarnya tujuan utama semut hanyalah untuk mendapatkan nektar bunga itu saja, namun ada beberapa faktor yang memicu semut untuk ikut memakan buah naga. Baca juga Cara Mengatasi Hama Babi pada Tanaman Sawit

Hal ini tergantung juga dari sumber pakan semut di wilayah itu. Jika tersedia banyak varian selain buah naga maka semut tentu akan memilih varian lain selain buah naga itu. Biasanya pad budidaya buah naga tentu akan dilakukan pembersihan area dari jenis tanaman lain selain tanaman budidaya itu sendiri. Hal inilah yang akan memaksa semut untuk memakan buah naga juga karena merupakan satu-satunya sumber makanan terdekat yang mudah didapat. 

2. Mengatasi Hama Semut dengan Insektisida Kontak

Cara ini merupakan langkah pertama yang akan langsung diambil oleh para petani ketika mereka mendapati lahan mereka diserang oleh hama serangga. Tentu saja cara ini sangat efektif untuk menghentikan serangan hama karena sifat racun serangga kimia sangatlah kuat untuk segera membunuh serangga. Ada beberapa bahan aktif insektisida yang bisa anda gunakan untuk membunuh semut dan yang paling sering dipakai adalah bahan aktif karbofuran. Baca juga Cara Mengatasi Hama Orong-Orong

Keunggulan karbofuran untuk membasmi semut adalah memiliki racun kontak yang akan membunuh semut seketika. Yang harus anda perhatikan saat menggunakan insektisida karbofuran adalah penggunaan dosis serta interval yang tepat. Jika serangan masih sedikit maka semprotkan saja pada area tanaman yang diserang. Untuk penyemprotan masal baru dilakukan ketika serangan semut sudah melewati ambang batas. Penggunaan insektisida kimia yang menyalahi prosedur akan menimbulkan banyak dampak negatif dan salah satunya adlah sifat resisten (kebal) dari hama terhadap bahan aktif itu sendiri. 

3. Mengatasi Hama Semut dengan Insektisida Sistemik

Insektisida sistemik bekerja didalam jaringan tanaman. Bahan aktif dari insektisida sistemik akan terserap oleh bagian tanaman dan dibawa oleh jaringan dalam menuju seluruh bagian tanaman itu sendiri. Dengan mengalirnya racun sistemik ini maka setiap serangga sasaran yang menggigit atau memakan bagian tanaman akan mengaalami keracunan dan mati.

Sebagaimana insektisida kontak. Maka insektisida sistemik juga ada banyak jenisnya. Yang paling sering digunakan oleh petani untuk mengatasi semut adalah bahan aktif jenis imadikoplorid. Baca juga Cara Mengatasi Haa dengan Pestisida Alami

Penggunaan insektisida sistemik juga harus membaca petunjuk pada label kemasan. Biasanya insektisida sistemik hanya digunakan 10 hari sekali dan tidak terlalu sering seperti insektisida kontak. Hal ini dikarenakan residu kimia sistemik mampu bertahan dalam jaringan tanaman lebih lama. Dampak negatifnya adalah jika dosis terlalu tinggi serta interval yang terlalu pendek akan membuat buah naga menjadi berbahaya untuk dikonsumsi manusia.

4. Mengatasi Hama Semut dengan Kapur Ajaib

Cara ini lebih aman untuk tanaman. Caranya sangat mudah dan murah untuk dilakukan yakni dengan menggunakan kapur ajaib. Ya, kapur yang kita kenal untuk membasmi semut dan kecoa ini bisa anda manfaatkan untuk membasmi hama semut pada tanaman buah naga anda. Caranya ialah dengan menggoreskan kapur disekeliling tanaman atau bisa juga pada pangkal batang tanaman buah naga dan ajir rambatannya.

Penggunaan kapur ajaib bisa anda ulang-ulang jika ternyata terjadi hujan karena efektifitas kapur ini akan menurun jika terkena air hujan akibat melunturnya kapur tersebut. Bava juga Cara Menanam Semangka Inul

5. Mengatasi Hama Semut dengan Agen Hayati

Cara Mengatasi Semut pada Tanaman Buah Naga – Agen hayati yang dimaksud adalah jamur beauveria bassiana. Jamur ini bersifat antagonis bagi sebagian besar jenis serangga termasuk semut juga. Penggunaan jamur ini hanya efektif pada waktu sore hari atau setelah hujan karena jamur butuh kelembaban untuk aktif. Penggunaan beauveria bassiana pada musim kemarau memang kurang efektif. Sekarang ini sudah banyak dijual jamur beauveria bassiana di toko-toko pertanian yang bisa anda beli dengan mudah.

Keunggulan penggunaan jamur ini adalah aman bagi manusia dan lingkungan serta bisa turut mengendalikan hama serangga lainnya. Sedangkan kekurangannyaa adalah aplikasinya yang hanya bisa pada sore hari atau setelah hujan. Karena jamur akan mati jika terkena terik matahari terlalu lama. Baca juga Cara Mengatasi Hama Thrips pada Tanaman Cabai

6. Mengatasi Hama Semut Dengan Pestisida Organik

Bahan yang bisa anda gunakan adalah tembakau atau asap cair. Tembakau sendiri terkenal dengan kandungan nikotinnya yang sangat tinggi. Nikotin diketahui bersifat racun bagi sebagian besar serangga. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan asap cair yang juga efektif untuk mengatasi berbagai macam hama tanaman termasuk semut.

Keunggulan  penggunaan pestisida organik adalah aman untuk manusia serta lebih hemat biaya. Namun untuk penggunaan tembakau ini, maka buah naga yang disemprot dengan cairan rendaman tembakau sebaiknya ditunggu hingga 3 hari baru dipetik karena nikotin akan terurai setelah 3 hari itu.

Demikianlah beberapa cara mengatasi hama semut pada tanaman buah naga yang bisa segera anda praktekan jika anda dapati tanaman buah naga anda diserang oleh hama semut dalam skala luas. Semoga artikel ini bisa membantu anda meningkatkan produktifitas panen buah naga anda. Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lain seperti Cara Mengatasi Hama Wereng pada Tanaman Padi serta Cara Menanam Asparagus. Salam budidaya.

Artikel 6 Cara Mengatasi Semut pada Tanaman Buah Naga merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook