+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 6 Cara Menyimpan Bunga Kamboja Agar Tidak Layu Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

6 Cara Menyimpan Bunga Kamboja Agar Tidak Layu

Bunga kamboja sering diidentikkan dengan hal mistis karena bunga kamboja mengeluarkan aroma unik seperti bunga melati. Selain itu keberadaan bunga kamboja di masyarakat sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias dalam pot dan ditanam di pekarangan rumah dalam bentuk pohon. Keindahan dari bentuk pohon dan bunga yang dihasilkan menjadi daya tarik kenapa bunga kamboja sering dijadikan tanaman hias.

Manfaat lain yang sering dirasakan oleh orang-orang adalah bunga kamboja bisa dimanfaatkan untuk kegiatan beribadah dan bunga kamboja bisa digunakan untuk membuat kosmetik dan parfum karena kandungan bahannya.

Jika anda yang memiliki tanaman bunga kamboja sebagai tanaman hias, tentunya merawat tanaman ini menjadi hal yang penting. Selain menjaga tanaman ini tetap tumbuh dan berkembang lebih lama, perawatan yang anda lakukan dengan rutin membantu mengurangi perawatan berlebihan jika tanamn bunga kamboja mengalami masalah seperti daun mudah layu, bunga kamboja jarang berbunga dan tanaman mati.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk merawat bunga kamboja dengan cara mengetahui teknik menyimpan tanaman bunga kamboja yang tepat. Berikut ini kami akan menjelaskan cara menyimpan bunga kamboja agar tidak layu yang perlu anda ketahui.

Cara Menyimpan Bunga Kamboja Agar Tidak Layu

Cara menyimpan bunga kamboja agar tidak layu sebenarnya mudah. Hal ini tergantung pada kondisi matahari dan cuaca dilingkungan anda. penjelasan yang akan kami bahas adalah mengenai tanaman bunga kamboja yang ditanam dalam pot. Berikut ini penjelasan secara lengkap untuk anda. Baca : cara merawat bunga mawar agar tidak layu.

  1. Kondisi Matahari

Bagi anda yang menanam bunga kamboja di dalam pot anda bisa menaruh pot bunga kamboja di luar rumah seperi pekarangan atau ruang terbuka sehingga mendapatkan cahaya matahari. Namun saat cuaca matahari sedang terik seperti di siang hari, anda bisa memindahkannya ke area yang lebih teduh. Apabila tanaman bunga kamboja anda di dalam pot tidak bisa dipindahkan karena tidak ada tempat.

Cara yang tepat anda lakukan dengan memilih ruangan atau area teduh. Ruangan atau area teduh yang dimaksud adalah, tanaman bunga kamboja dalam pot masih dapat terkena sinar matahari tetapi tidak terlalu banyak cahaya yang diterimanya.

Tanaman bunga kamboja yang ditempatkan pada area terbuka langsung menyebabkan intensitas cahaya matahari yang diterima lebih banyak sehingga tanaman bunga kamboja lebih mudah layu. Perubahan yang nampak adalah bunga kamboja berwarna kecokelatan dan daun lebih mudah mengering.

Ada cara lain yang bisa anda lakukan apabila tanaman bunga kamboja dalam pot tidak bisa dipindahkan. Cara kedua dengan menyiram tanaman bunga kamboja lebih sering terutama saat media tanam bunga kamboja mengering.

  1. Cuaca

Pada saat cuaca sedang kering dan hujan, cara menyimpan tanaman bunga kamboja perlu diperhatikan. Pertama, saat cuaca sedang kering pastikan tanaman bunga kamboja disimpan dalam ruangan atau area yang teduh dan dipenyiraman tanaman bunga kamboja lebih sering tergantung dari kondisi media tanam bunga kamboja anda.

Ketika cuaca sering mengalami hujan sebaiknya anda menyimpannya di area yang teduh. Tanaman bunga kamboja yang sengaja dibiarkan di area terbuka saat cuaca sedang hujan dalam waktu yang cukup lama bisa menyebabkan tanaman bunga kamboja mudah busuk. Baca : cara menanam kamboja.

Dengan demikian, boleh saja anda menyimpan tanaman bunga kamboja dalam pot anda dalam ruang terbuka saat cuaca sedang hujan jika pada hari sebelumnya tanaman bunga kamboja anda tidak disiram dan media tanam kamboja memang kering. Oleh karena itu faktor cuaca mempengaruhi bagaimana cara penyimpanan bunga kamboja supaya tidak layu sehingga menyebabkan kematian pada tanaman bunga kamboja anda. 

Cara Lain Merawat Bunga Kamboja Agar Tidak Layu

Selain cara menyimpan bunga kamboja agar tidak layu, anda dapat melakukan cara lain supaya tanaman bunga kamboja tidak cepat layu. Berikut ini cara lain yang dapat anda lakukan untuk membuat tanaman bunga kamboja agar tidak layu.

  1. Siram Tanaman Bunga Kamboja

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teknik penyiraman tanaman bunga kamboja tergantung dari kondisi cuaca dan media tanam bunga kamboja anda. penyiraman bunga kamboja lebih sering apabila cuaca sedang kemarau sedangkan saat cuaca sedang hujan penyiraman bunga kamboja jarang dilakukan. Baca : cara menanam kamboja jepang.

  1. Ganti Tempat Tanam Bunga Kamboja

Penanaman dalam pot mengharuskan pemilik tanaman ini menganti tempat tanam bunga kamboja. Dengan menganti pot tempat tanaman bunga kamboja tanaman tumbuhan tanaman kamboja anda jauh lebih baik jika tidak diganti. Cara paling mudah adalah apabila bagian akar tanaman sudah keluar dan pot anda sudah mulai retak karenanya. 

  1. Beri Tambahan Pupuk

Kegiatan penyiraman memang penting dilakukan tetapi anda bisa melakukan pemupukan apabila tanaman kamboja tidak tumbuh dengan baik. Pemberian pupuk pada tanaman kamboja bisa dengan menambahkan pupuk organik dan kimia. Baca : cara membuat poc pupuk organik cair. 

  1. Pencegahan Hama dan Penyakit

Tanaman kamboja jarang sekali terserang hama dan penyakit. Namun apabila kondisi lingkungan dan tanaman bunga kamboja dalam kondisi yang tidak mendukung maka terserang hama dan penyakit bisa terjadi. Anda bisa memberikan insektisida pada bunga kamboja karena tanaman ini sering terserang oleh semut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk anda mengenai cara menyimpan bunga kamboja agar tidak layu. Semoga tanaman bunga kamboja anda tetap tumbuh dengan baik. Sampai jumpa dipertemuan sebelumnya.

Artikel 6 Cara Menyimpan Bunga Kamboja Agar Tidak Layu merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook