+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 6 Cara Merawat Tanaman Kaktus dan Jenisnya Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

6 Cara Merawat Tanaman Kaktus dan Jenisnya

Bosan dengan tanaman hias berupa bunga-bunga yang semerbak? kini Anda bisa mulai untuk melirik tanaman kaktus sebagai alternative tanaman hias di rumah Anda. Ya, benar, dahulu tanaman kaktus memang diabaikan dan sering dipandang sebelah mata, namun kini kaktus seolah menjadi primadona baru dalam dunia tanaman hias. Cara merawat tanaman kaktus yang mudah serta beragam bentuknya yang unik membuat tanaman berduri ini banyak diburu oleh para pecinta tanaman.

Salah satu keunggulan tanaman kaktus adalah tanaman ini tidak memerlukan banyak tempat atau pot yang besar untuk dapat menarik perhatian. Nah, bagi Anda yang ingin mengadopsi tanaman khas gurun ini, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu jenis-jenis tanaman kaktus yang populer untuk dijadikan penghias taman. Berikut beberapa diantaranya.

Jenis-Jenis Tanaman Kaktus Hias

Kaktus hias atau dapat disebut pula kaktus mini, adalah tanaman yang biasa digunakan untuk menghias taman kering atau diletakkan di dalam rumah sebagai pelengkap dekorasi. Berikut adalah jenis-jenis tanaman kaktus hias yang wajib Anda ketahui.

  • Kaktus Mini Ariocarpus
  • Tidak seperti kebanyakan tanaman kaktus lain yang sangat identik dengan duri, tanaman kaktus jenis ini tidak memiliki duri sama sekali. justeru yang dominan adalah daunnya yang membentuk prisma dengan ukuran bunga besar dan mencolok.

  • Kaktus Mini Astrophytum
  • Kaktus jenis ini memiliki bentuk seperti buah belimbing dengan bunga pada pucuknya yang berbentuk seperti bunga krisan.

  • Kaktus Mini Cereus tetragonus
  • Jenis kaktus yang berasal dari Amerika ini memiliki ciri batang yang mampu tumbuh tinggi. Anda dapat meletakkannya sebagai tanaman hias yang diletakkan di dekat pagar atau di bawah jendela.

  • Kaktus Mini Cephalocereus senilis
  • Kaktus Cephalocereus senilis ini memiliki julukan sebagai kaktus orang tua karena seluruh batang dari tanaman unik ini diselimuti rambut halus berwarna putih. Jenis ini mampu tumbuh dengan baik di tempat dengan lokasi bersuhu udara 32 – 40 derajat selsius.

     Cara Menanam Kaktus dengan Teknik Grafting

  • Kaktus Mini Ferocactus
  • Daya tarik kaktus hias jenis ini ada pada durinya yang menjulur panjang hingga hampir menutupi bagian batangnya. Warna duri yang merah menyala terlihat begitu cantik dan kontras dengan warna batang kaktus.

  • Kaktus Mini Gymnocalycium
  • Tanaman kaktus yang satu ini memiliki bentuk yang sangat unik sekaligus cantik. Batangnya tumbuh seperti labu, namun memiliki 2 tanduk pada masing-masing sisinya. Di ujung kedua tanduk inilah tumbuh bunga yang cantik dan besar, uniknya lagi, pada bagian ujung yang ditumbuhi bunga tidak terdapat duri sama sekali. 

     Cara Mengatasi Semut pada Tanaman Buah Naga

  • Kaktus Mini Melocactus
  • Duri kaktus jenis ini berjejer rapi di tepi batangnya. Pada ujung dari tanaman kaktus hias ini terdapat batang berbentuk bulat pipih dengan warna cerah kontras yang menjadikannya seperti memakai mahkota.

  • Kaktus Mini Mammillaria fraileana
  • dari segi penampilan , kaktus jenis ini memiliki penampakan cukup meriah dengan batang bulat yang ditutupi oleh duri-duri panjang berwarna maroon. tidak cukup itu saja, bunga-bunganya pun tergolong besar dan tumbuh hampir di sekeliling tanaman. 

    semakin penasaran dengan tanaman kaktus ini, kan? Baiklah, langsung saja bagi Anda yang berminat untuk memiliki tanaman kaktus sebagai salah satu tanaman dekoratif di sudut-sudut rumah Anda, berikut akan kami berikan cara merawat tanaman kaktus. 

     Cara Mengatasi Hama Thrips pada Tanaman Cabai

    Cara Merawat Tanaman Kaktus

    Seperti yang sudah kami singgung di atas, bahwa tanaman kaktus tergolong tanaman hias yang mudah perawatannya. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai cara merawat tanaman kaktus yang baik dan benar. Berikut metode perawatan yang dapat Anda terapkan pada kaktus-kaktus hias Anda.

    1. Perhatikan suhu tempat Anda membeli kaktus

    Apabila Anda membeli kaktus di lokasi dataran tinggi yang bersuhu dingin dan teduh, maka sebaiknya Anda tidak mengubah suhu atau temperaturnya dengan menempatkan kaktus hias tersebut di tempat yang terkena paparan sinar matahari secara langsung. Paling tidak, letakkan kaktus hias tersebut pada ruangan yang memiliki pelindung agar tanaman dapat beradaptasi terlebuh dahulu dengan suhu ruang yang baru. 

     Cara Mengatasi Hama pada Tanaman Bayam

    2. Kenali Sifat Kaktus

    Kaktus merupakan jenis tanaman yang tumbuh di daerah gersang, karena itulah letakkan kaktus Anda pada tempat dengan sirkulasi udara yang baik, tidak lembab, dan yang tidak kalah penting, tambahkan media tanam berupa pasir untuk membantu kaktus beradaptasi dengan habitat barunya.

    3. Hindarkan dari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

    Meskipun tanaman kaktus dikenal tumbuh di daerah tandus, namun lain halnya dengan perawatan kaktus hias. Ada baiknya Anda meletakkan di tempat yang tidak terpapar cahaya matahari secara langsung, karena terpaan sinar ultraviolet yang berlebihan dapat membuta kaktus hias Anda kering dan kemudian mati. 

    4. Berikan Penyiraman Secukupnya

    Seperti yang kita ketahui, tanaman kaktus menyimpan banyak kandungan air pada batangnya. Karena itu, memberikan penyiraman yang berlebihan pada tanaman ini justeru akan membuatnya cepat busuk dan mati. teknik meyiramnya juga tidak bisa sembarangan, pakailah semprotan untuk memberi efek basah tanpa menggenangi media tanam. lakukan penyiraman secara rutin dua kali dalam satu minggu.

    5. Tempatkan di Pot yang Sesuai

    Bagi Anda yang berencana menjadikan kaktus sebagai tanaman hias di meja atau di tempat-tempat yang memiliki space kecil, usahakan untuk memperhatikan pot dan media tanam yang digunakan, serta sesuaikan pula ukuran pot dengan besaran kaktus. Selang satu tahun kemudian, Anda wajib mengganti pot dengan ukuran yang lebih besar demi memberikan kaktus ruang untuk tumbuh dan memperoleh nitrisi sesuai kebutuhannya.

    6. Beri Pupuk

    Kaktus ternyata memiliki pupuk khusus yang dapat dipakai untuk menunjang pertumbuhannya, belilah pupuk kaktus di toko pertanian yang sudah terpercaya. Dengan pemberian pupuk secara teratur, maka diharapkan tanaman kaktus hias Anda bertumbuh sehat dengan warna bunga yang cerah serta memiliki batang kokoh.

    7. Beri Jarak Antar Tanaman

    Jika Anda memiliki banyak koleksi kaktus, maka sebaiknya Anda meletakkan tanaman-tanaman tersebut dengan jarak yang cukup untuk menghindarkan kaktus dari serangan hama, selain itu beberapa jenis kaktus memiliki duri dan Bungan yang besar. Demi penampilan kaktus yang prima, maka jarak yang cukup dibutuhkan sehingga keindahan kaktus dapat dinikmati sepenuhnya. Hal ini berlaku pula jika Anda menyandingkan kaktus dengan tanaman hias lainnya. 

     Cara Mengatasi Hama Keong dan Siput pada Tanaman

    Demikianlah cara merawat tanaman kaktus yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang tanaman kaktus, selamat berkebun!

    Artikel 6 Cara Merawat Tanaman Kaktus dan Jenisnya merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook