+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 6 Tips Agar Bunga Buket Tetap Segar dan Merekah Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

6 Tips Agar Bunga Buket Tetap Segar dan Merekah

Bagi para pengusaha bunga buket tentu ada trik dan tips khusus yang perlu dipelajari sehingga bisnis bunga buket laris manis. Salah satunya teknik dan tips agar bunga buket tetap segar. Adakalanya, mereka yang tidak mengetahui bagaimana membuat bunga buket agar tetap segar.

Oleh karena itu untuk menjawab keresahan anda, kami akan menyampaikan informasi penting mengenai tips agar bunga buket tetap segar. Berikut ini informasi selengkapnya untuk anda mengenai tips agar bunga buket tetap segar.

  1. Pemilihan Jenis Bunga Buket

Pemilihan jenis bunga sebagai bunga buket perlu diperhatikan. Selain mempengaruhi nilai estetika dan maknanya, pemilihan jenis bunga buket mempengaruhi kesegaran bunga buket itu sendiri. Beberapa jenis yang biasa digunakan untuk bunga buket ada 2 jenis yaitu bunga dan daun. Penggunaan daun dalam bunga buket biasanya diperuntukkan untuk mempercantik bunga buket agar tidak membosankan.

Biasanya pemilik usaha menawarkan beberapa bunga dan daun yang tahan terhadap air sehingga saat dijadikan bunga buket tidak terlalu membutuhkan air secara khusus. Berikut ini bunga yang biasa dijadikan bunga buket adalah bunga amarilis, bunga krisan, bunga matahari, bunga lili, bunga anggrek, bunga tulip, bunga mawar, bunga gerbera, bunga carnation, bunga hydragea, dan geranium.

Sedangkan untuk daun biasanya menggunakan daun palem, daun asparabus, daun andong kalagata, daun bunga buntut bajing, daun palem dan daun anturium. Baca : cara menanam bunga matahari menggunakan kapas.

  1. Rendam Bunga Buket Pada Air

Biasanya penjual bunga buket yang ada di acara wisuda maupun perpisahan menggunakan metode merendam bunga buket pada ember yang diisi oleh air. Oleh karena itu biasanya saat menjajakan bunga buket mereka selalu menaruhnya di ember yang berisi air.

Selain itu , ada beberapa penjual yang menjajakan bunga buketnya dengan cara berkeliling dengan membawa ember yang berisi air. Ember yang berisi air ini mampu mempertahankan kesegaran bunga supaya tetap segar dan tidak mudah layu.

Caranya cukup mudah karena anda hanya perlu menaruh air biasa di ember secukupnya. Untuk ukuran ember tergantung ukuran bunga buket yang anda jual nantinya. Selain itu perlu diperhatikan jika ember terlalu rendah atau tinggi bisa berpengaruh pada kondisi bunga.

Saat ember yang digunakan lebih pendek dari bunga buket yang anda gunakan, bunga buket yang anda jajakan akan lebih mudah jatuh apabila tidak terisi penuh. Kalaupun terlalu besar pembeli anda tidak bisa jelas melihat bunga apa saja yang anda jajakan dan bisa merusak kondisi bunga apabila bunga buket yang ditaruh pada ember berada dalam jumlah yang banyak. Dengan demikian, anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat pembungkus bunga buket supaya tidak mudah rusak. Baca : cara merawat bunga mawar agar tidak layu.

  1. Simpan Kapas basah Pada Bagian Batang Bunga Buket

Simpan kapas basah pada bagian batang bunga buket bisa dilakukan apabila anda membeli bunga buket di toko bunga. Biasanya pemilik toko bunga saat akan membungkus bunga buket akan menaruh kapas basah yang digulungkan pada bagian batang bawah bunga buket. Hal ini untuk membuat bunga buket tetap segar apabila anda ingin menghantarkannya cukup jauh.

Saat anda mencoba membasahi kapas untuk bunga buket pastikan tidak terlalu basah karena bunga buket anda nantinya akan dibungkus. Jika anda menggunakan bahan pembungkus yang mudah basah maka pembungkus bunga buket anda akan tampak tidak indah. Adapun saat anda membungkus bunga untuk bunga buket anda diikat menggunakan tali agar kapas tidak terlepas dari bunga anda.

  1. Teknik Pengiriman Bunga Buket

Teknik pengiriman bunga buket perlu diperhatikan oleh anda yang memiliki jasa hantar bunga buket. Bunga buket yang dihantarkan dengan jarak yang jauh tentunya pemiliki toko bunga perlu memperhatikan kesegaran. Jika menggunakan kendaraan seperti motor anda bisa menggunakan teknik pemberian kapas pada ujung bunga buket.

Jika anda menggunakan mobil tergantung dari bunga yang anda hantarkan, anda bisa menggunakan kapas pada ujung bunga buket atau menyimpan bunga buket disimpan dalam wadah berisi air. Dengan demikian perlu diperhatikan kondisi jalur yang anda tempuh dan jumlah air yang digunakan. Terkadang bunga yang terlalu banyak menyerap air akan membuat bunga cepat layu. Baca : cara menanam bunga mawar yang sudah dipetik.

  1. Atur Suhu Selama Penyimpanan

Beberapa toko bunga sering menyimpan beberapa jenis bunga di kulkas dengan suhu tertentu. Penyimpanan di kulkas ini untuk mempertahankan kesegaran bunga. Penyimpanan bunga yang akan dijadikan bunga buket biasanya tergantung jenis bunga karena ada beberapa bunga yang membutuhkan pengaturan suhu dan ada bunga yang membutuhkan sinar matahari supaya tetap bertahan.

  1. Potong Tangkai/Cabang Bunga

Beberapa pemilik toko bunga buket sering melakukan pemotongan cabang atau tangkai bunga. Fungsi pemotongan ini supaya bunga buket tidak menyerap air banyak. Namun memotong tangkai/cabang bunga buket perlu diperhatikan karena bunga buket yang dilihat adalah nilai estetikanya. Dengan demikian memotong tangkai/cabang bunga untuk bunga buket tidak bisa asal – asalan.

Cara yang kami sampaikan sebelumnya mudah bukan ?. Demikian tips agar bunga buket tetap segar yang bisa anda ikuti. Semoga pengetahuan anda mengenai bunga buket semakin bertambah. Sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya.

Artikel 6 Tips Agar Bunga Buket Tetap Segar dan Merekah merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook