+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 7 Cara Menanam Fumayin yang Baik dan Benar Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

7 Cara Menanam Fumayin yang Baik dan Benar

Fumayin ini juga dikenal dengan istilah cannabis, merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki segudang manfaat dalam industri. Namun sayang nya di Indonesia sendiri fumayin dikenal sebagai tanaman ganja yang tantunya masih tabu untuk dibicarakan layaknya cara menanam halia bentong.

Memang bunga betina dari tanaman fumayin ini termasuk ke dalam klasifikasi tanaman ganja. Namun, tidak semua jenis dari tanaman fumayin bisa dikategorikan sebagai tumbuhan ganja.

Terlepas dari hal tersebut, tanaman fumayin sendiri memiliki beragam manfaat yang bisa dipertimbangkan. Bahkan cara pembudidayaan fumayin sendiri juga terbilang mudah dan tidak ribet. Fumayin ini dimanfaatkan karena serat dan bijinya yang bisa berguna bagi banyak hal. Bijinya bisa dikelola menjadi bahan untuk produsen benang, tali, kertas dan karung. Berikut cara penanamannya:

1. Langkah Persiapan 

sebelum anda melakukan penanaman, tentuny anda harus terlebih dahulu memutuskan dimana dan untuk apa anda menanam fumayin tersebut bukan? Dan menanam fumayin pastinya memerlu kan lahan seperti cara menanam cengkeh, namun anda tetap bisa menanamnya di tempat lain seperti kotak maupun pot. Namun, jika anda menginginkan penanaman langsung di lahan maka sebaiknya anda mempersiapkan lahan tersebut.

Bersihkan dan suburkan. Ini adalah 2 teori umum yang dilakukan dalam mempersiapkan lahan apapun. Baik itu dalam menanam fumayin atau cara menanam vanili. Jika tanah tersebut kurang subur maka anda bisa melakukan pemupukan, dan jika pHnya tidak mencapai standar maka anda bisa melakukan pengapuran. Bersihkan dari gulma dan beragam penggangu lainnya.

2. Persiapan Benih

Anda akan memerlukan beragam kotak-kotak yang akan menampung perkembangan biji fumayin anda yang akan di kemcambahkan agar perkembangannya bisa terjadi dengan baik. Berikut cara menyemaikan bibit dari fumayin tersebut :

  • Persemaian bibit harus rata tegas dan relatif baik, mirip dengan yang pembibitan tanaman lain yang menggunakan biji secara langsung.
  • Tanah bisa digemburkan dan biji bisa ditanam segera setelah tanah cukup kering untuk menghindari pemadatan.
  • Persemaian tanaman yang dangkal memungkinkan benih ditempatkan pada kedalaman yang seragam, sehingga menghasilkan kemunculan kecambah yang lebih banyak lagi.
  • Biji fumayin biasanya ditaburkan dengan menggunakan biji kering. Benih tanaman di ditanam dengan kedalaman 2-3 cm. Suhu tanah optimum pada kedalaman untuk perkecambahan cepat adalah 8-10 o C, walaupun benih akan tetap berkecambah pada suhu 4-6 o C.
  • Selain dengan penanaman langsung anda bisa mencoba metode untuk menghasil kan kecambah terlebih daulu, yaitu dengan :

  • Siapkan biji fumayin yang akan di kecambahkan
  • Siawkan wadah tertutup, tisu atau kapas
  • Basahkan tisu atau kapas tersebut dan masukan kedalam wadah beserta dengan biji fumayin, aturlah jarak agar tidak terlalu dekat.
  • Tutup wadah dan letakkan di tempat sejuk dan tidak panas.
  • Perhatikan media (kapas atau tisu) jika sudah tidak lembab maka tambahkan air, namun dengan cara penyemprotan menggunakan semprotan spray.
  • Biasanya bibit akan mulai tumbuh dan berkembang dengan ditandai adanya perkecambahan biji
  • Setelah akar sudah sedikit besar maka anda bisa memeindahkannya ke polibag kecil atau tray semai.
  • hati-hati saat memindahkan jang sampai bagian akar patah atau rusak
  • 3. Menanam Fumayin

    Cara menanam bibit fumayin tidak jauh berbeda dengan cara menanam nilam. Dimana fumayin akan menghasilkan pola pertumbuhan vegetatif yang akan lebih bagus jika ditaman dengan baik pada masa pembibitan. Berikut prosesnya:

  • Pindahkan bibit yang telah berumur dan telah tumbuh hingg 5 atau 7 cm dan tentunya telah memiliki beberapa helai daun.
  • Jika anda menanam langsung ditanah maka perhatikan kondisi lahan, kelembaban, vahaya matahari, pH dan suhu.
  • Picu pertumbuhan dengan melakukan pemupukan secara teratur dan lakukan pemupukan ulangan.
  • Siram secara teratur namun jangan sampai berlebihan dan menyebabkan genangan air
  • Lakukan pemantauan terhadap hama dan penyakit tanaman.
  • 4. Kontrol Iklim

    Fumayin adalah tanaman pertanian yang bisa berkembang di segala macam lingkungan. Akar tunggangnya yang dalam bisa menemukan air yang terkumpul di tanah, tapi untuk tanaman fumayin yang sehat, dibutuhkan air tambahan melalui curah hujan atau penyiraman. Kualitas tanahjuga harus bersandar pada sisi alkali atau basa

    Tingkat pH di atas 6 diperlukan, dan ukuran pH ideal adalah antara 7 sampai 7,5. Bahkan jika tanah yang sehat tidak mungkin disediakan, tanaman fumayin sering menemukan cara sendiri untuk mengaturnya dan beradaptasi terhadap lingkungannya. Musim demi musim, akar fumayin akan mengaerasi tanah untuk meningkatkan kualitasnya.

    5. Metode Penanaman

    Karena penanaman akhir dari fumayin sedikit berbeda dengan tanaman biasa, bersiaplah untuk mengubah cara Anda menanam tanaman ini. Fumayin bisa tumbuh padat dengan menanam bibit yang berdekatan satu sama lain. Batang fumayin yang sehat bisa terdiri dari ratusan sampai ribuan tanaman fumayin yang masing-masing terdiri dari satu tangkai tunggal.

    Sementara pertanian fumayin sendiri mungkin terlihat seperti kebun apel, ladang fumayin  akan terlihat seperti ladang jagung atau ladang gandum. Jadi anda bisa menghemat lahan dan mendapatkan banyak fumayin untuk dipanen.

    6. Perawatan

    Beberapa hal yang musti di perhatikan dalam merawat tanaman fumayin adalah :

  • Tanaman ini setidaknya membuituhkan waktu  minimal 3 jam untuk mendapatkan sinar matahari setiap harinya
  • Maksimal mendapatkan kebutuhan sinar matahari adalah 16 hingga 20 jam setiap hari
  • Jangan sampai tanah menjadi kekeringan, siramlah dengan teratur.
  • Ketika sudah memasuki tahapan pembungaan maka bisa dibantu dengan pemberian CO2 yang di keluarkan melalui mesin
  • Usahakan suhu sekitar menyesuaikan pertumbuhan fumayin
  • Buangkah batang yang rusak atau daun yang terkena hama
  • Lakukan penyemprotan fungisida atau pestisida jika terdapat gangguan.
  • 7. Panen

    Fumayin memiliki banyak manfaat dan kegunaan tergantung dari apa yang akan anda gunakan dari tanaman tersebut. Apakah anda lebih ke produksi minyak, biji atau tangkainya? Jika anda memerlukan biji untuk ditanam ulang atau untuk pakan dan sebagainya maka tunggula hingga bijinya terlihat masak dan kering. Tanaman ini akan siap dipanen ketika terjadi perubahan di warna serabut menjadi merah dan akan membutuhkan waktu 8 hingga 16 minggu setelah masa dari perpindahan atau transisi.

    Kegunaan Umum Fumayin Untuk Perindustrian

    Salah satu argumen paling menarik untuk produksi fumayin adalah daftar produk yang bisa disediakan oleh tanaman ini. Antara tangkai dan bibitnya, Anda akan menemukan ada puluhan kegunaan yang bisa Anda ambil dari tanaman fumayin ini. Fumayin dipanen untuk kebutuhan seratnya, yang digunakan untuk menghasilkan berbagai macam bahan tekstil seperti bahan koran dan bahan kemasan.

    Bagian kayu dari tangkai fumayin dapat menghasilkan bahan bangunan yang dikenal sebagai hempcrete. Hempcrete ini adalah produk karbon negatif yang dapat digunakan untuk mengganti isolasi, drywall, dan semen dalam proyek bangunan. Ini adalah isolator berkualitas tinggi, ringan, tahan lama, tahan api, berkelanjutan, berkualitas tinggi yang terdiri dari tangkai fumayin, batu kapur tanah, dan air.

    Demikianlah ulasan singkat tentang cara menanam fumayin yang bisa kami jabarkan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat. Baca juga cara budidaya ikan mas.

    Artikel 7 Cara Menanam Fumayin yang Baik dan Benar merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook