+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 7 Jenis Bunga yang Cocok untuk Halaman Rumah anda Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

7 Jenis Bunga yang Cocok untuk Halaman Rumah anda

Konsep rumah hijau, indah, dan nampak asri menjadi idaman bagi kebanyakan orang. Apalagi pekarangan atau sekitar halaman rumah Anda dapat menjadi penawar alias pengobat mata setelah penat berjam-jam berada dipadatnya lalu lintas yang tak jarang membuat lelah dan stres.

Untuk mewujudkan impian itu rasanya tidaklah sulit, andai kita tahu jenis bunga atau tanaman hias apa saja yang dapat menghiasi sekitar halaman rumah Anda menjadi rumah yang hijau, indah, dan nampak asri. Apa saja jenis bunga yang cocok untuk halaman rumah?

Tanaman Bunga yang Cocok Ditanam Untuk Halaman Rumah

Berikut ini merupakan tanaman bunga yang sekiranya cocok dengan ditanam untuk halaman rumah anda, cara menanamnya pun tidak lah sulit, dibandingkan dengan Cara Menanam Tomat Cherry Hidroponik, anatara lain :

  1. Bunga Tabebuya

Inilah jenis bunga yang cocok untuk halaman rumah. Bunga ini tergolong memiliki jenis pohon yang cukup besar, jika Anda memiliki pekarangan atau halaman rumah yang besar tanaman ini bisa menjadi pilihan.

Bunga Tabebuya alias Chrysotricha berasal dari Brasil, namun banyak orang pada umumnya sering menyebut tanaman ini dengan sebutan Sakura sebab bungnya yang hampir menyerupai Bunga Sakura. Bunga ini memiliki berbagai jenis warna seperti merah muda, kuning, oranye, magenta, merah dan putih.

Bunga hias ini cocok ditanam di Indonesia yang mempunyai keadaan musim tropis, sebab pohon hias ini dapat tumbuh diberbagai medan tanah dan juga kondisi baik didaerah subtropics dan tropis. Bunga ini juga telah popular diberbagai penjuru dunia.

Tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai 8 (delapan) meter. Untuk perawatannya pun cukup mudah yaitu hanya melakukan penyiraman selama satu kali dalam sehari, dan memberikan pupuk sebulan sekali. Bunga Tabebayu biasanya akan bermekaran saat pertengahan hingga ahkir musim penghujan tiba.

  1. Bunga Kertas

Tanaman lain yang cocok ditanam di pekarangan rumah adalah bunga kertas atau sering disebut Bougenville, Bagi para pecinta tanaman hias bunga ini sangatlah hits alias populer. Memiliki bentuk tanaman yang kecil dan sedikit susah untuk tegak, pesonan bunga ini terdapat paada bungannya yang berwarna cerah. Warna bunganya bermacam-macam, seperti warna merah jambu, merah pucat, merah menyala, jingga, ungu putih, kuning.

Untuk perawatan bunga kertas atau sering disebut Bougenville ini sangatlah mudah dan tidak butuh menguras banyak waktu serta tenaga, berbeda dengan Cara Merawat Anggur Brazil Agar Cepat Berbuah. Tanaman bunga kertas atau sering disebut Bougenville baiknya ditempatkan pada lokasi dengan paparan sinar matahari yang cukup. Bunga ini juga sangat cocok di iklim tropis seperti di Indonesia. 

  1. Bunga Kamboja

Bunga kamboja mempunyai mahkota yang bertumpuk, tanaman kamboja berwarna putih dengan bagian tengah kuning yang sering dijumpai di Indonesia.

Selain itu ada juga yang memiliki warna merah dan ungu.

Bunga ini memiliki aroma yang cukup harum.

Untuk perawatan tidak begitu sulit, dibandingkan Cara Merawat Bunga Buah Naga Agar Tidak Rontok, hanya memperlukan penyiraman secukupnya tiap harinya.

Tanaman ini bisa ditanam langsung atau ditanan kedalam pot, tanaman bunga Kamboja bagi sebagian kalangan juga dapat ditanam dalam bentuk bonsai. 

  1. Bunga Kembang Sepatu

Secara umum bunga Kembang Sepatu dapat tumbuh hingga ketinggian 2 – 5 meter. Daunnya pun berbentuk bulat telur sempit dan bulat telur lebar dengan ujung daun meruncing.

Di daerah tropis dan di rumah kaca Bunga Kembang Sepatu ini dapat berbunga sepajang tahun, sedangkan didaerah subtropis dapat berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur.  Bunga Kembang Sepatu memiliki daun mahkota berlapis, dengan warna putih, oranye, kuning, merah tua atau merah jambu.Sedangkan untuk bungannya berbentuk terompet berdiameter kurang lebih 6 cm hingga 20 cm, putiknya menjalur ke luar dari dasar bunga.

Cara penanaman atau mengembangkan bunga ini cukup mudah dibandingkan Cara Menanam Paku Tanduk Rusa. Cukup dengan stek, pencangkokan, atau penempelan. Tanaman ini tergolong bandel terhadap cuaca yang sangat panas.

Untuk perawatannya tidak lah sulit, cukup melalakukan penyiraman rutin setiap hari namun hindari penyiraman hingga basah kuyup. Jangan lupa beri pupuk kompos atau pupuk tanaman lainnya secara teratur. Hindari penanaman bunga Kembang Sepatu  ditempat yang terlalu terpapar sinar matahari, sebab tanaman ini rentan kering dan mati.

  1. Bunga Pentas

Tanaman hias ini rajin berbuga, setahun saja pohon ini mampu berbuga hingga 4 (empat) kali dalam setahun.  Cocok untuk Anda yang menginginkan halaman rumah selalu dihiasi oleh bunga. Untuk cara menenamnya pun mudah tidak membutuhkan perlengkap banyak. Berikut alat dan perawatannya :

  • Media tanam yang digunakan untuk menaman bibit, contohnya sekam 70 %.
  • Pupuk organik yang sudah dicampur dengan tanah subur sebanyak 30 %.
  • Penyiraman cukup sehari satu kali.
  • Pemupukan diberikan satu bulan satu kali, untuk hasil maksimal gunakan lah pupuk organik.
  • Untuk media tanam dianjurkan diganti jika sudah menginjak usia 6 bulan.
  • Kendati tanaman ini tangguh terhadap panas, namun tangkai dan daun tanaman mudah terbakar, maka itu taruhlah pada tempat yang tidak langsung terpapar cahaya matahari.
    1. Bunga Petunia

    Ini juga jenis bunga yang cocok untuk halaman rumah. Bunga Petunia ini memilki mahkota tunggal dan mahkota ganda. Tanaman ini memiliki warna bunga yang bervariasi, antara lain ungu tua, merah, putih, biru, kuning pucat dan dapat tumbuh hingga 16-30 cm.

    Bunga Petunia tergolong tanaman yang memiliki usia pendek dan berbungannya pun hanya sekali selama kehidupannya. Setelah mati, Anda harus menanam bunga Petunia kembali.

    Untuk penanaman kembali bunga petunia sangatlah mudah, cukup menyemai kembali biji-bijinya saja. 

    1. Bunga Jengger Ayam

    Bunga Jengger Ayam atau Celosia membentuk bunga seperti daging merah yang tumbuh dibagian kepala ayam jantan. Pada umumnya bunga ini bukan lah tumbuhan liar, namun ditanam di taman-taman atau pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Bunga ini dapat tumbuh hingga daerah yang memiliki ketinggian 1.000 m diatas permukaan laut.

    Bunga Jengger Ayam tergolong tanam semusim yang dapat tumbuh dengan bentuk tegak tinggi sekitar ukuran 60 – 90 cm. Tanaman ini memiliki banyak varian warna diantaranya kuning, merah, dan oranye. Tanaman ini tergolong bandel terhadap panasnya terik matahari dengan masa berbunga beberapa kali selama satu bulan.

    Untuk perawatannya sangat lah mudah,  cukup disiram sehari sekali dan diberikan asupan pupuk setiap sebulan sekali. Untuk media tanamnya yaitu sekam dan tanah di campur dengan pupuk organik.

    Artikel 7 Jenis Bunga yang Cocok untuk Halaman Rumah anda merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook