+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 8 Cara Menanam Bunga Mawar di Musim Hujan Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

8 Cara Menanam Bunga Mawar di Musim Hujan

Bunga mawar, siapa yang tidak tahu atau bahkan tidak pernah menemui bunga mawar? Yah, bunga yang dijadikan simbol cinta dan perasaan ini merupakan salah satu bunga yang menjadi favorit untuk dijadikan sebagai hadiah kepada seseorang yang kita cintai. Bunga yang sering muncul di dalam film yang bertemakan romantisme ini akan membuat setiap kaum hawa merasa baper ketika ada seorang pria memberikan bunga tersebut untuk menyatakan perasaannya.

Perlu anda tahu bahwa bunga mawar yang ada di Indonesia kebanyakan berasal dari Negeri Kincir Angin atau yang lebih kita kenal dengan Belanda. Rata – rata bunga mawar yang tumbuh adalah Hybrid Tea maupun juga medium dengan terdiri dari berbagai macam warna maupun juga bentuk. Selain itu, bunga mawar merupakan salah satu tanaman yang bisa anda budidayakan karena termasuk salah satu bunga yang banyak dicari oleh banyak orang.

Namun tidak sedikit dari anda yang masih bingung mengenai bagaimana cara menanam bunga mawar yang benar, terlebih lagi jika anda menanamnya di musim hujan yang kemungkinan ada beberapa hal yang harus anda perhatikan karena tentunya akan berbeda dengan ketika anda menanam bunga mawar ketika musim kemarau.

Pada kesempatan kali ini akan kami berikan informasi kepada anda semua mengenai bagaimana cara menanam bunga mawar di musim hujan yang harus anda perhatikan. Di bawah ini ada informasi lain yang juga tidak kalah menarik untuk anda ketahui yaitu”

  • Cara mengatasi hama pada tanaman bayam
  • Cara budidaya jamur merang media jerami
  • 1. Persyaratan Benih Bunga Mawar

    cara menanam bunga mawar di musim hujan

    Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam cara menanam bunga mawar di musim hujan adalah dengan mengetahui syarat – syarat benih bunga mawar yang memiliki kualitas baik. Tentunya di sini anda harus menyiapkan benih bunga mawar dengan kualitas terbaik karena pada tahap ini nanti akan menjadi salah satu penentu tentang kualitas bunga mawar yang anda panen.

    Pilih bibit yang sehat yang bisa anda lakukan dengan cara memasukkannya ke dalam air. Jika bibit yang anda masukkan tersebut tenggelam, maka bibit dalam kondisi yang baik. Namun sebaliknya, jika misalnya bibit yang anda masukkan tadi malah mengambang maka hal ini berarti bibit tersebut buakn merupakan bibit yang memiliki kualitas baik.

    2. Mempersiapkan Benih Bunga Mawar

    Hal kedua yang harus anda perhatikan dalam cara menanam bunga mawar di musim hujan adalah dengan mempersiapkan benih bunga mawar yang akan anda gunakan. Dalam tahap ini ada beberapa hal yang harus anda persiapkan berkaitan dengan benih bunga mawar seperti di bawah ini:

  • Benih yang akan anda gunakan harus berasal dari tanaman yang sudah produktif dan juga sudah berbunga
  • Memetik bunga mawar yang sebelumnya sudah matang yang ada di tanaman
  • 3. Proses Penyamaian Bunga mawar

    Cara menanam bunga mawar di musim yang ketiga adalah anda harus memperhatikan mengenai proses penyamaian. Dalam proses ini anda harus mengambil biji yang sudah membusuk dari bunga mawar yang berada di media semai. Anda juga harus mencuci bunga mawar tersebut dengan menggunakan air yang bersih, usahakan menggunakan air yang mengalir.

    Tiris biji – biji mawar yang sudah anda pilih tadi dan kemudian anda letakkan pada tempat yang teduh untuk kemudian dilakukan proses penyamaian. Dan yang tidak kalah penting adalah ketika anda melakukan proses penyemaian, maka anda harus memberi jarak kepada biji – biji tersebut kurang lebih 5 sampai dengan 10 cm. Ketika sudah sampai pada usia 4 minggu, biji bunga mawar tersebut kemudian akan mulai berkecambah.

    4. Pemeliharaan Pembibitan

    Dalam melakukan cara menanam bunga mawar di musim hujan, anda juga harus memperhatikan mengenai hal – hal yang berkaitan dengan pemeliharaan pembibitan. Untuk ini, di bawah ini akan kami berikan dua hal yang harus anda perhatiakn ketika proses pemelihraan pembibitan.

  • And harus menyiram tempat penyemaian biji bunga mawar secara teratur dalam kurun waktu sekitar 1 sampai dengan 2 kali dalam sehari. Namun, jika pada waktu itu curah hujan sedang tinggi maka anda cukup melakukan penyiraman sebanyak satu kali.
  • Jika bunga mawar sudah mulai tumbuh besar, maka kemudian anda harus memindahkan bunga mawar tersebut ke dalam polybag atau pot yang sebelumnya sudah anda isi dengan campuran tanah dan pupuk organik serta pasing dengan perbandingan yaitu 1 : 1 : 1. Jika bunga mawar tadi sudah berusia kurang lebih 22 bulan, maka buna mawar tersebut sudah siap anda tempatkan pada lahan yang bersifat permanen seperti misalnya kebun.
  • 5. Membuat Pola Penanaman

    Perlu anda tahu bahwa lubang tanam yang harus anda buat adalah 60 x 60 cm dan anda harus mengusahakan agar jaraknya tidak terlalu dekat antara tanaman yang satu dengan tanaman lainnya. Hal ini bertujuan karena jika misalnya anda memberikan jarak yang terlalu dekat, maka dikhawatirkan dapat mempengaruhi pertumbuhan dari bunga mawar yang anda tanam.

    6. Melakukan Proses Pemupukan

    Cara menanam bunga mawar di musim hujan selanjutnya adalah anda harus memperhatikan mengenai proses pemupukan. Pupuk yang bisa anda gunakan adalah pupuk organik dan yang harus anda lakukan hanyalah dengan menyebarkan pupuk tersebut secara merata dan juga beberapa pupuk organik tersebut juga ada yang harus anda masukkan ke dalam media atau lubang tanam sebanyak kurang lebih 1 sampai dengan 2 kg/tanaman.

    7. Penyiangan

    Hal yang juga tidak kalah penting berkaitan dengan cara menanam bunga mawar di musim hujan adalah proses penyiangan. Sebenarnya teknik ini umum dilakukan bersamaan dengan proses pemupukan agar supaya bunga mawar yang anda tanam tidak sampai terserang berbagai macam penyakit yang tentunya bisa mengganggu pertumbuhan tanaman atau bunga mawar anda.

    Anda bisa melakukan proses penyiangan ini sebanyak minimal satu bulan sekali atau tuga tergantung dari tingkat pertumbuhan hama yang ada di sekitar daerah anda. Dan juga anda harus berhat – hati dalam mencabur agar supaya tidak merusak akar dari tanaman mawar yang sudah anda tanam.

    8. Pengairan

    Tahapan terakhir yang harus anda perhatikan mengenai hal – hal yang berhubungan dengan pengairan. Pada saat tanaman mawar anda berusia 1 sampai dengan 2 bulan, maka anda harus secara rutin melakukan pengairan sebanyak 1 sampai dengan 2 hari.

    Namun, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika pada waktu itu curah hujan cukup tinggi maka anda hanya perlu melakukan pengairan sebanyak 1 kali saja yakni pada waktu pagi atau sore hari.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara menanam bunga mawar di musim hujan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.Ada informasi yang juga tidak kalah penting yang harus anda baca seperti di bawah ini:

  • Cara menanam lidah buaya tanpa akar
  • Cara menanam bunga mawar putih
  • Cara menanam rumput hairgrass
  • Artikel 8 Cara Menanam Bunga Mawar di Musim Hujan merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook