+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – 8 Cara Menanam Ubi Kayu di Halaman Rumah sampai Panen Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

8 Cara Menanam Ubi Kayu di Halaman Rumah sampai Panen

Singkong atau ubi kayu adalah tanaman yang mudah ditanam. jadi tidak membutuhkan beragam metode khusu untuk mempelajari cara menanam ubi kayu sebenarnya. Namun, ada beberapa hal yang akan memudahkan ubi kayu untuk cepat tumbuh dan berbuah seperti cara menanam ubi kayu.

Daun ubi kayu bewarna hijau pucat atau hijau muda hijau berbentuk kipas, dengan 5 hingga 9 lobus. Akar tanaman singkong sedikit dan dangkal dan beberapa menjadi akar penyimpanan. Ini berkerumun di sekitar pangkal tanaman dan memanjang sekitar 60 cm di semua sisi.

Untuk akar-akar ini, yang mengandung 15 hingga 40 persen pati bahwa tanaman dibudidayakan.Dalam kondisi yang menguntungkan, satu akar dapat berubah menjadi buah yang beratnya setara 4 kilogram. Jumlah akar per tanaman saat panen bervariasi dari 2 hingga 7 setiap akar panjangnya rata-rata 27,7 hingga 43,3 cm dan dari 4,5 hingga 7,4 cm.

Cara Menanam Ubi Kayu.

Berikut akan kita bahas bagaimana cara menanam ubi kayu yang baik dan benar:

1. Pemilihan Lahan

Ubi kayu adalah tanaman tropis dan subtropis. Tumbuh di daerah dengan curah hujan yang kurang lebih merata sepanjang tahun. Temperatur sekitar yang berkisar 25-300c. Pilih bidang terbuka dengan tanah lempung berpasir atau lempung lempung. Pastikan bahwa area tersebut tidak rentan terhadap penebangan air seperti cara menanam stek ubi kayu.

Harus menjadi tanah yang dikeringkan dengan baik. Juga pertimbangkan kesuburan tanah dengan kisaran pH 5,5-6,5. Singkong tumbuh subur di permukaan laut hingga 845 meter di atas permukaan laut. Tumbuh paling baik ketika ditanam di awal musim hujan.

2. Persiapan Lahan

Siapkan lahan dengan membajak dua hingga tiga kali, diikuti dengan kekasaran ketika ada cukup kelembaban tanah. Buat tonjolan dengan tinggi 15-20 cm dan jarak antara 75-100 cm di antara alur.

3. Persiapan Bahan Penanaman

Pilih hanya batang segar, matang atau sehat. Batang dinyatakan segar jika getah  keluar dalam enam detik setelah pemotongan. Batang dinyatakan dewasa jika diameter intisari atau gabus tidak lebih dari setengah diameter korteks. Sehat jika bebas hama dan diameter batang tidak kurang dari 1,5 cm.

Carilah batang dari tegakan sehat, yang setidaknya berusia delapan bulan.  Gunakan gergaji atau parang tajam untuk menyiapkan stek sepanjang 20-30 cm. Ini agar tidak melukai lebih banyak batang tanaman.

Jaga tangkai selama tidak lebih dari lima hari, di bawah naungan dalam posisi tegak. Tangani dengan hati-hati; jangan membuang stek untuk menghindari kerusakan pada node. Jangan gunakan stek yang disimpan selama lebih dari lima hari seperti cara menanam singkong dilahan sempit. 

4. Cara Menanam

Setek tanaman di alur satu meter terpisah, setiap pemotongan ditetapkan pada 0,75 hingga 1 meter terpisah antara pegunungan dan 0,50 hingga 0,75 cm di antara perbukitan. Replant kehilangan bukit 2 minggu setelah tanam seperti cara menanam singkong dengan stek batang. Tanam ubi jalar tanaman dalam waktu 2 bulan setelah tanam.

Tanam dalam posisi miring pada sudut 45 ketika tanah cukup kering, dan dalam posisi vertikal ketika penanaman dilakukan selama musim hujan, setidaknya 15 cm pemotongan harus dikubur atau ditutupi dengan tanah.

5. Pemberian Pupuk

Analisis tanah sebelum penanaman untuk menentukan jumlah dan jenis pupuk yang dibutuhkan. Rekomendasi umum untuk tanah, yang belum dianalisis, adalah delapan karung lengkap (14-14-14) pupuk per hektar. Berikan pupuk 2-6 minggu setelah penanaman pada kedalaman 5-10 cm dan 15-20 cm dari tanaman. Penggunaan kompos atau pupuk organik sangat dianjurkan.

6. Penyiangan dan Kultivasi

Setidaknya 80% gagal panen ubi kayu adalah karena penyiangan yang tidak memadai. Tanam saat gulma mulai tumbuh. Gulma tanaman dalam waktu dua bulan setelah tanam. Jika memungkinkan, lakukan penghentian dan penyiangan tempat 3-4 minggu setelah penanaman untuk mengendalikan gulma secara efektif. Kemudian tanaman gulma 4-5 minggu setelah tanam. Bukit-bukit punggung 7-8 minggu setelah tanam diikuti dengan penyiangan tempat. 

7. Pengendalian hama

Tidak ada hama serius yang menyerang tanaman singkong dan penggunaan bahan kimia tidak praktis atau ekonomis. Untuk menghindari serangan hama, lakukan rotasi tanaman atau bakar semua tanaman yang terinfeksi atau terinfeksi seperti cara membesarkan ukuran ubi jalar.

8. Cara Panen

Singkong adalah tanaman yang sangat mudah rusak. Mulai memburuk sedini satu sampai tiga hari setelah panen. Untuk memperpanjang umur cangkangnya, simpan dengan benar. Panen singkong saat jatuh tempo penuh atau 6-7 bulan setelah tanam. Panen terlalu dini menghasilkan hasil yang rendah dan kualitas makan yang buruk.

Di sisi lain, meninggalkan akar terlalu lama di tanah akan mengekspos mereka ke hama. Juga mengikat lahan yang tidak perlu dengan satu tanaman. Jangan memanen singkong segera setelah hujan lebat atau ketika tanah terlalu basah. Pada saat ini, akar memiliki air yang tinggi konten yang membuat mereka sulit untuk dijual.

Juga, partikel tanah basah akan menempel dengan mudah ke akar terutama jika tanah liat, sehingga membuat akar sulit dibersihkan. Panen singkong selama cuaca yang relatif kering sehingga Anda dapat dengan mudah menghilangkan partikel tanah dari akarnya. Berikut cara memanen yang benar :

  • Jika tanahnya padat, kendurkan dulu. Gunakan alat kayu karena ini dapat menyebabkan kerusakan akar yang lebih rendah daripada alat logam.
  • Tarik tanaman dengan lembut dan jangan menyeret akar. Menyeret dapat menyebabkan memar dan memotong ke akar, yang dapat menyebabkan deteriorasi awal.
  • Dalam memisahkan akar dari tanaman, jangan hanya mematahkannya karena metode ini juga bisa menyebabkan kerusakan akar.
  • Sebaliknya, pisahkan akar dari batang menggunakan pisau tajam atau parang. Potong masing-masing sedekat mungkin dengan batang
  • Setelah panen, jangan tinggalkan akar di bawah matahari. Terlalu banyak panas menyebabkan penurunan berat badan dan deteriorasi akar awal.
  • Demikianlah cara menanam ubi kayu yang baik dan benar. Semoga informasi ini bermanfaat.

    Artikel 8 Cara Menanam Ubi Kayu di Halaman Rumah sampai Panen merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook