+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – Cara Jitu dan Mudah Budidaya Pohon Damar Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Cara Jitu dan Mudah Budidaya Pohon Damar

Menganggur di rumah ketika pekerjaan tidak mengisi kesibukan anda dan bahkan buku, handphone, laptop serta media-media penghibur lain tidak lagi dapat mengisi kekosongan waktu anda namun pergi keluar rumah terasa seperti sebuah pekerjaan yang melelahkan, kegiatan budidaya mungkin adalah jalan keluarnya.

Bahkan dengan tempat yang terbatas, hanya dengan cara berkebun di halaman rumah yang sempit yang tepat serta bermodalkan kegigihan, bahkan anda yang tidak pernah bercocok tanam dan membudidayakan tanaman, dapat sukses membuahkan hasil yang manis.

Tapi apabila anda memiliki lahan yang cukup luas yang ingin dimanfaatkan tapi bingung ingin budidaya apa serta tidak memiliki banyak pengalaman dalam dunia cocok tanam, maka tidaklah perlu berpikir terlalu jauh dan mencari hal yang terlalu rumit dan ribet, sebab salah satu jenis objek budidaya yang tidak sulit dan menghasilkan manfaat yang banyak adalah Pohon Damar! Namun sebelum kita masuk lebih dalam tentang cara budidaya pohon damar, kita harus mengetahui dan memahami apa itu budidaya.

Budidaya itu sendiri merupakan sebuah kegiatan yang dimulai dengan perencaan memelihara, menumbuhkan, dan merawat suatu makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan, yang kemudian akan membuahkan hasil bernilai ekonomis atau dimanfaatkan untuk hal-hal lain yang tidak bertentangan dengan hukum dan norma masyarakat. Jadi, para pembaca sekalian harus benar-benar menyeleksi dan mempertimbangkan apa dan dengan cara apa ingin melaksanakan kegiatan budidaya tersebut.

1. Pohon Damar Yang Tebar Manfaat

Berbicara tentang cara budidaya pohon damar tidak akan terlepas dari manfaat hasil panen pohon damar. Hal tersebut sama seperti cara mengatasi hama dan penyakit pada tumbuhan yang tidak akan dapat dipisahkan atau dihilangkan dalam kegiatan bercocok tanam. Kekhawatiran dan ketakutan bahwa pohon damar yang telah berhasil tumbuh dan dipanen pada akhirnya membuahkan hasil panen yang tidak bermanfaat adalah kekhawatiran yang bagaikan mimpi buruk yang tidak akan pernah terjadi.

Pohon yang dijuluki Raja Damar ini sesungguhnya adalah pohon yang memiliki begitu banyak manfaat hingga boleh dikatakan “menebar manfaat”. Khususnya getah atau damar yang dihasilkan serta kayu milik jenis pohon tinggi yang satu ini. Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang dapat diperoleh dari pohon damar :

  • Sarana Penghijau Kota di kota-kota besar dengan tingkat polusi udara yang begitu tinggi hingga para penduduknya terpaksa memakai masker atau pelindung tubuh lain dari polusi tersebut karena sifat fleksibel pohon damar yang bisa ditanam pada sebagian besar lokasi dan berhasil bertahan hidup di lokasi tersebut;
  • Sebagai Alternatif Obat Bagi Penderita Alzheimer. Mereka yang menderita penyakit Alzheimer atau penyakit terkait dengan ingatan tersebut dianjurkan untuk mencoba getah damar yang ternyata memiliki kemampuan memperbaiki kerusakan ingatan pada penderitanya.
  • Getah Dengan Seribu Satu Manfaat. Mulai dari pembuatan kertas, bahan bakar pengganti, lampu, cat, sebagai zat pewarna alami hingga obat pengendalian penyakit HIV, tidak heran apabila pohon tersebut mendapat julukan pohon damar dan dapat mempertahankan julukannya itu dari jenis-jenis tanaman atau pohon lain yang juga menghasilkan damar atau getah. Tidak ada pohon atau tanaman penghasil damar lain yang bisa menandingi ajaibnya dan manjurnya getah pohon penghijau ini.
  • 2. Lokasi Yang Tepat Melahirkan Pohon Yang Perkasa

    Meskipun pohon Damar termasuk pohon yang sangat fleksibel untuk ditanam dimana saja dan kapan saja, apabila memperoleh getah kualitas tinggi adalah tujuan anda membudidayakan pohon bernama latin  Agathis dammara (Lamb.) Rich. tersebut, maka memilih lokasi yang tepat merupakan langkah pertama yang sangat fatal dan vital bagi seluruh proses budidaya ini. Seseorang pernah mengatakan bahwa memilih jenis tanah cocok untuk menanam tembakau pasti melahirkan tembakau yang berkelas dan mendunia. Hal tersebut berlaku pula untuk proses budidaya pohon damar.

    Ada tiga petunjuk untuk menuntun anda memilih lokasi yang tepat dan terjamin untuk membudidayakan pohon damar. Yang pertama adalah curah hujan yang tinggi merupakan lampu hijau pertama anda menuju hasil panen pohon damar yang berlimpah dan berkualitas. Tanah yang subur dan gembur merupakan lampu hijau kedua yang membawa anda semakin dekat menuju tujuan yang dinanti.

    Sementara faktor terakhir yang perlu diperhatikan secara seksama merupakan ketinggian tanah tersebut sebab pohon damar akan memiliki pertumbuhan yang baik dan subur apabila dibudidayakan di lokasi dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Tiga hal yang tentunya tidak terlalu sulit untuk dipenuhi bagi pembudidaya antusias yang gigih. 

    3. Pembibitan, Penanaman dan Pemeliharaan Raja Damar

    Semua pohon kokoh, tidak terkecuali satu pun, berawal dari biji-biji kecil yang rentan dengan dunia luar dan tidak berdaya menghadapi makhluk hidup lain. Semua dimulai dari bibit, dan begitu pula dengan pohon damar. Biji yang digunakan untuk budidaya pohon damar itu sendiri bukan bibit sembarangan melainkan bibit yang telah berusia tua yang lolos inspeksi kecacatan dalam bentuk apa pun. Bibit tua yang sempurna.

    Penanaman harus dilakukan dengan tanah yang subur dan pupuk berkualitas yang dapat dibuat sendiri dengan cara membuat pupuk ajaib ala Haji Eng dalam sebuah polibag serta sebaiknya dilakukan pada musim hujan mengingat kebutuhan air yang cukup banyak untuk budidaya ini. Pohon Damar yang masih belia akan memerlukan sebuah naungan yang didapat dari tanaman naungan di sekitarnya, pada umumnya akasia, untuk jangka waktu yang pendek. Jangka waktu pendek tersebut selama kurang lebih dua tahun.

    Pemeliharaan pohon damar juga mudah namun memerlukan ketelatenan yang tidak mustahil untuk dilakukan, baik dengan cara menanam tanaman sela maupun dengan cara mengatasi hama codot ataupun jenis-jenis hama lainnya. Tidak lupa mengatasi tanaman-tanaman liar atau gulma-gulma yang mengganggu hidup dan bertumbuhnya pohon damar kesayangan anda. Apabila pohon damar sudah tumbuh menjadi sebuah pohon yang kokoh dan kuat, maka tidak perlu menunggu lama sebelum panen dapat dilakukan serta hasil panen dapat dimanfaatkan.

    Sekian cara budidaya pohon damar yang mudah, jitu dan patut untuk dicoba serta membuahkan sejuta manfaat. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua!

    Artikel Cara Jitu dan Mudah Budidaya Pohon Damar merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook