+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – Cara Membuat Bonsai Bunga Bougenville – Tahapan Lengkap Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Cara Membuat Bonsai Bunga Bougenville – Tahapan Lengkap

Cara Membuat Bonsai Bunga Bougenville, menjadi topik menarik yang akan kita bahas dalam kesempatan ini. Sebagaimana kita tahu bonsai merupakan salah satu teknik yang membuat tanaman berukurn besar menjadi berukuran mini dan kecil. Dengan melakukan hal ini maka nilai estetika dan nilai jual tanaman akan semakin meningkat.

Salah satu jenis tanaman yang cukup popular dijadikan tanaman bonsai adalah bunga bougenville atau bunga kertas. Hal ini karena tanaman ini selain memiliki warna yang cerah juga memiliki warba bunga yang beragam terlebih lagi tanaman bunga kertas relative mudah dirawat dan tidak membutuhkan teknik khusus.

Keunggulan lainnya adalah bentuk batang tanaman bougenville ini memilii corak yang klasik sehingga tentunya akan semakin Nampak menarik jika dinuat bonsai. Yuk langsung saja simak mengenai Cara Membuat Bonsai Bunga Bougenville – tahapan lengkap.

Persiapkan alat dan bahan

Tahap awal untuk membuat bonsai bougenville adalah dengan menyiapkan alat dan bahan yang rekatif mudah ditemukan disekitar kita, berikut alat dan bahan yang ahrus disiapkan :

  1. Bibit bunga bougenville
  2. Media tanam (tanah liat)
  3. Pasir
  4. Pupuk kompos / kandang
  5. Kerikil
  6. Pupuk anorganik / NPK
  7. Cetok
  8. Gunting tanaman
  9. Pot yang kokoh
  10. Kawat kuningan yang kuat
  11. Rapiah
  12. Tang, dan
  13. Isolasi

Seteah a;at dan bahan siap maka dilanjutkan dengan tahapan ini yakni pembuatan bonsai

Membuat Bonsai Bunga Bougenville

Hal utama yang harus diperhatikan dalam pembuatan bonsai adalah kualitas bibit bunga bougenville yang baik. Adapun persyaratannya adalah bibit harus dalam kondisi sehat, tidak terpapar hama dan penyakit, daunnya subur ditunjukkan dengan warna hijau yang cerah.

Sebagai rekomendasi sebaiknya menggunakan bibit yang berasal dari proses pencangkokan atau stek batang dengan hal ini maka tanaman akan lebih kokoh karena memiliki  akar lateral  dan bukan akar tunggang.

Langkah selanjutnya adalah melakukan pemangkasan terhadap dahan dahan yang tidak perlu. Hal ini dilakukan untuk merapikan tanaman agar memiliki tampilan yang semakin estetik dan rapi. Selain itu fungsi dari pemangkasan ini sendiri adalah untuk mengurangi proses penguapan yang dapat menyebabkan tanaman stress dan akirnya mati seperti pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag.

Gunakan pot yang kokoh dan kuat serta tak mudah pecah. Namun sebelum dipakai pot wajib dicuci bersih agar tidka ada hma atau juga kotoran yang menempel yang dapat menyebabkan penyakit. Selain itu dapat juga dilakukan perendaman menggunakan insektisida dengan dosis 0,06-0,1% selanjutnya lakukan penjemuran selama 10-15 menit dibawah terik matahari.

Untuk media tanam sebaiknya gunakan media tanam yang baru, jangan pakai media tanam yang berasal dari tanah polibag sisa, sebab memiliki kualitas yang jelek dan mengandung banyak kontaminan. Pastikan media tanam yang dipakai adalah media tanam yang subur dan gembur serta mampu menyediakan unsur hara yang cukup.

Tambahkan juga media tanah  pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 5:3:2 kedalam pot. Sebelumnya pada bagian dasar pot ditambahkan kerikil kecil untuki menjadi pemberat dan membuat aerasi menjadi lebih baik. Kemudian masukkan bibit ke dalam wadah pot dalam posisi tegak lurus lalu kemudain masukkan media tanam kedalam pot sedikit demi sedikit hingga penuh.

Selanjutnya kemudian setalah bibit tanaman tertanam dengan baik maka dapat dilakukan penyiraman menggunakan air yang bersih. Siram secukupnya jangan sampai air menggenang namun jangan juga terlalu sedikt, yang terpenting media basah. Tambahkan juga moss agar berfungsi sebagai mulsa sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.

Proses pembuatan bonsai pada bunga bougenville dimulai dengan membuat kerangka dasar bonsai. Setlah dahan dahan yang tidak penting dipangkas kemudaian lilitkan kawat kjuningan pada cabang atau ranting sesuai dengan bentuk yang anda inginkan. Setelah lilitan Nampak sempurna anda dapat mengikatnya memakai tali rapiah agar posisinya tetap terjaga.

Pada umunya bentuk bonsai yang biasa dibuat dalam bentuk tegak lurus, berbetuk mahkota yang asimetris atau juga berliku liku dan menjulang keatas. Dapat juga berbentuk miring dan bergelantungan hal ini dapat disesuaikan dengan selera dan keinginan anda yang pastinya adalah tetap menonjolkan nilai estetika.

Selama masa proses pembentukan bonsai anda dpat memangkas dan memotong dahan dahan yang tidak penting yang tumbuhnya tidak sesuai dengan pola dan bentuk bonsai yang anda inginkan. Buang juga ranting yang posisinya tumpang tindah agar tidak merusak bentuk bonsai anda sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.

Perlu diketahui bahwa dalam proses pembuatan bonsai bunga bougenville ini tidak memerlukan bahan yang biasa digunakan untuk mengerdilkan tanamah. Hanya saja tetap harus dilakukan pemeliharan berupa penyiraman memakai botol semprot dan pemupykan memakai NPK 15:15:15 dengan dosis sebanyak 20-25 gram  yang diberikan setiap 4 bulan sekali dengan cara ditaburkan kebagian dekat perakaran sebagaimana  Ada jenis pupuk buatan yang menggunakan bahan kimia dan pupuk memiliki peranan yang penting buat tanaman.

Nah, itulah tadi penjelasan singkat mengenai  Cara Membuat Bonsai Bunga Bougenville – tahapan lengkap. Mudah bukan, semoga bermanfaat.

Artikel Cara Membuat Bonsai Bunga Bougenville – Tahapan Lengkap merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook