+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – Cara Membuat Tanaman Darat Menjadi Tanaman Air Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Cara Membuat Tanaman Darat Menjadi Tanaman Air

Jika kita berbicara tentang cara memubat tanaman darat menjadi tanaman air, maka ini sebenarnya hal yang bisa dilakukan. Contohnya saja cara menanam hidroponik untuk pemula.

Dimana tanaman hidroponik ini bergantung pada air bukan pada tanah seperti penanaman biasa. Begitu juga dengan cara membuat tanaman darat menjadi tanaman air.

Prinsipnya adalah tidak langsung menenggelamkan atau mengisi wadah dengan air penuh hingga tanaman tenggelam didalam air. Karena tidak semua jenis tanaman ini bisa dimasukan didalam air dengan kondisi tenggelam. Namun ada beberapa tanaman yang bisa. Nah, jika penasaran, kita akan membahasnya di bawah ini:

Biasanya kita akan menggunakan akuarium untuk menanam tanaman darat dan mengubahnya menjadi tanaman air seperti cara menanam rumput fatimah. Dan menanam serta menghias tanaman di dalam akuarium dinamakan seni aquascaping. Aquascaping adalah bentuk seni yang tiada duanya.

Ini adalah penempatan batuan, batu, dan kayu apung di dalam akuarium untuk menciptakan tampilan estetis. Inspirasi bisa datang dari mana saja, dari aquascapes lain hingga hutan yang indah, air terjun dan pantai. Ketika Anda memulai aquascape pertama Anda, Anda menciptakan karya seni unik di bawah air.

Cara Membuat Tanaman Darat Menjadi Tanaman Air

Seperti cara penanaman aquaponik inilah bagaimana cara membuat tanaman darat menjadi tanaman air dengan metode aquascaping termudah :

1. Seleksi Tanaman

Pemilihan dan penempatan tanaman yang benar akan menghasilkan aquascape yang menarik. Tidak hanya itu, tetapi mereka akan berkontribusi pada kualitas air dan keseimbangan pH akuarium Anda. Apakah Anda ingin membuat aquascape yang liar dan penuh badai atau tampilan yang tenang dan damai, ada berbagai macam tanaman yang dapat digunakan untuk membuat tampilan ideal Anda.

Ketika Anda memilih tanaman di toko, ingatlah bahwa mereka dapat terlihat sangat berbeda sebagai tanaman dewasa. Hanya karena Anda telah membeli tanaman kecil, tidak berarti bahwa itu akan tetap kecil. Pastikan Anda tahu seberapa tinggi pertumbuhannya dan tanam sesuai. Ingat bahwa tidak semua tanman darat bisa ditenggelamkan sepenuhnya.

2. Kesederhanaan

Aquascaping adalah semua tentang rasa dan biasanya, lebih sedikit elemen lebih. Sangat sering orang tergoda untuk memasukkan sebanyak mungkin jenis tanaman, berpikir bahwa ini akan memastikan variasi visual yang hebat, tetapi sebagian besar waktu hasilnya adalah sebaliknya. Menjaga kesederhanaan tidak berarti hanya menggunakan satu jenis tanaman saja.

3. Tingkat Proporsi

Sangat penting untuk memberikan rasa selaras dengan tangki Anda, jadi cobalah untuk memiliki ruang terbuka sebanyak ruang yang terisi. Hindari menggunakan hanya tanaman daun besar karena mereka mengambil dari proporsi dan kedalaman aquascape Anda seperti cara menanam rumput hairgrass.  

4. Pencahayaan

Salah satu bagian terpenting peralatan aquascaping, dengan pengaruh penting terhadap kesehatan dan pertumbuhan tanaman aquascape, pencahayaan dianggap sebagai hal vital yang berfungsi dari akuarium. Jangan sampai nantinya tanaman darat yang anda coba tanam di air menjadi mati karena kurangnya pencahayaan.

5. Filter Air

Seperti namanya, tujuan dari filter air adalah untuk membuang sisa makanan, limbah ikan, bahan kimia berbahaya dan bahan organik yang membusuk di dalam akuarium. Ada tiga metode dasar Anda dapat menyaring air: mekanis, biologi dan kimia, dan sebagian besar filter air di pasaran melibatkan kombinasi dari dua di antaranya.

6. Karbon Dioksida

Sistem CO² mungkin sedikit mahal, tetapi mereka sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Tidak ada tanaman yang tumbuh tanpa karbon dioksida, titik. Mereka yang benar-benar bersemangat tentang aquascaping berpikir untuk jangka panjang dan tahu bahwa membeli sistem CO² yang baik memungkinkan mereka untuk menanam tanaman mereka secara maksimal. 

7. Pupuk cair

Pikirkan pupuk seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda untuk tetap sehat dan kuat. Tergantung pada pencahayaan dan sistem CO ² akuarium, ada dua jenis pupuk yang dapat Anda gunakan untuk menjaganya tetap sehat: macronutrien dan mikronutrien. Mereka berdua perlu diberi dosis yang tepat untuk menciptakan lingkungan akuatik yang tepat.

8. Substrat 

Tanaman Aquascape memberi makan tidak hanya melalui daun mereka, mereka juga memberi makan melalui akar mereka, yang membuat pemilihan substrat akuakultur yang benar-benar sangat penting. Tergantung pada tanaman yang Anda ingin tanam latar depan yang kecil, latar belakang tinggi dll, substrat yang tepat akan memastikan ukuran, perkembangan dan warna yang tepat.

9. Bahan hardscape (kayu apung dan batu) 

Tanaman tidak cukup untuk mengamankan estetika akuarium. Anda perlu menambahkan batu, kayu, kerikil dll, membuatnya terlihat seunik mungkin, dan mengaturnya dengan cara yang tidak biasa namun menarik. Bahan hardscape adalah elemen penting yang memastikan desain dan tata letak bagian dari keseluruhan proses aquascaping.

Menanam tanaman darat menjadi tanaman air bisa menjadi kegiatan sangat menantang, tetapi cukup menyenangkan. Pastikan Anda memulai dengan titik fokus akuarium Anda, lanjutkan dengan tanaman yang tumbuh rendah dan tumbuh di tengah dan, pada akhirnya, dengan yang lebih tinggi.

Lebih baik menanam jenis tanaman yang berbeda, semakin banyak jenisnya, semakin tinggi peluang untuk membuat akar berkembang. Gunakan tanaman dengan warna dan ukuran yang berbeda, karena akan membantu Anda menciptakan kontras dan perspektif yang mendalam seperti cara menanam flame moss.

Artikel Cara Membuat Tanaman Darat Menjadi Tanaman Air merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Komentar Facebook