+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – Cara Membuat Tanaman Gantung dari Botol Plastik Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Cara Membuat Tanaman Gantung dari Botol Plastik

Siapa yang menyangka bahwa botol plastik yang biasanya hanya menjadi sampah, bisa dijadikan media bertanam yang mudah dan murah? Ketahuilah cara membuat tanaman gantung dari botol plastik berikut ini. Seperti halnya cara pemanfaatan botol bekas untuk media tanam, cara ini mudah sekali digunakan dan dimodifikasi.

Ingin memiliki wadah tanaman gantung yang imut dan bisa dikreasikan sesuai selera? Ya, inilah tujuan dari cara membuat tanaman gantung dari botol plastik berikut ini. Jangan ragu, yuk mulai kita pelajari bagaimana caranya.

Bagaimana Cara Berkebun Menggunakan Botol Plastik?

Berkebun menggunkan botol adalah proses menanam tanaman di dalam gelas atau botol plastik. Kebun botol biasanya digunakan sebagai taman pengganti di daerah-daerah dengan sedikit atau tidak ada ruang terbuka, seperti apartemen yang bertingkat tinggi.

Jenis wadah tanaman ini mudah dibuat dan dipelihara, merupakan barang dekorasi yang menarik dan unik dan sangat ramah lingkungan. Belum lagi wadah bagus untuk menjaga agar tanaman tetap subur dan memiliki kualitas hidup yang baik seperti cara membuat kebun vertikal dari botol bekas.

Cara Membuat Tanaman Gantung Dari Botol Plastik

Berikut cara membuat tanaman gantung dari botol plastik dengan cara yang mudah. Namun sebelumnya, kita harus menyiapkan beberapa alat dan peralatan yang diperlukan dalam menjalankan metode ini, yaitu:

  • 1 buah botol plastik
  • Pinset atau sumpit
  • Arang atau sekam bakar
  • Pembuat lubang atau paku dan palu
  • Biji tanaman atau bibit
  • Kerikil
  • Tanah
  • Tali
  • Setelah semua bahan dan alat terkumpul maka kita akan lanjut dengan langkah pengerjaannya:

    Langkah 1: Pilih Botol Yang Akan Anda Gunakan

    Entah Anda membuat taman botol besar atau berencana untuk menempatkan taman Anda dalam botol plastik ukuran sedang, namun sebaiknya pilih botol yang cukup besar untuk tumbuh tanaman. Semakin besar pembukaannya, semakin mudah untuk mempertahankan kebun Anda. Jika Anda menggunakan plastik, botol 2 liter adalah ukuran yang ideal. Pastikan untuk membersihkan botol dan biarkan mengering sebelum menggunakannya.

    Langkah 2: Isi Bagian Bawah Botol Dengan Kerikil

    Tambahkan kerikil yang cukup untuk menutupi bagian bawah botol. Kerikil memberi ruang bagi air untuk dikumpulkan. Ini juga akan menjaga agar nantinya media tanaman tidak langsung terbuang ke bawah ketika kita melakukan penyiraman tanaman secara rutin seperti cara menanam pakcoy di botol.  

    Langkah 3: Tambahkan Lapisan Tipis dari Arang atau sekam Bakar dan Lumut Gambut

    Arang aktif mengurangi bau yang disebabkan oleh penguraian dalam botol dan membantu menjaganya tetap bersih. Anda biasanya dapat menemukan arang aktif di toko hewan peliharaan, toko peralatan industri atau toko komersial grosir. Tambahkan lapisan gambut tambahan tanah bergizi di atas arang.

    Lumut gambut akan menahan air dan nutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh. Semua media tanaman ini akan mudah untuk memudahkan akar tetap tumbuh subur tanpa ada halangan yang berarti. Media tanaman ini juga sangat baik bagi jenis tanaman apapun.

    Langkah 4 : Modifikasi Botol

    Anda bisa memodifikasi botol plastik yang anda gunakan memotongga menyerupai bentuk karakter atau membalutnya dnegan kertas kado atau bahkan melakukan pengecatan. Ketika cat kering dan Anda siap untuk menanam, mulailah dengan menusuk lubang di bagian bawah wadah untuk drainase. Isi setengah dengan kotoran dan tambahkan tanaman Anda.

    Kemudian buat dua lubang di setiap sisi wadah. Anda ingin lubang untuk mengikuti garis botol jadi satu lebih tinggi dari yang lain daripada menempatkan mereka berdampingan. Lalu masukan tali neon tali melalui lubang dan simpul di bagian atas. Jangan stres jika lubang Anda tidak berada di tempat yang sama di kedua sisi Anda bisa menyamakannya ketika Anda mengikat simpul di atas. 

    Langkah 4: Tanam  Tanaman Kebun Botol Gantung Anda

    Saat menanam kebun botol Anda, pilih bibit tanaman kecil dalam ruangan dan letakkan di tanah menggunakan pinset atau sumpit seperti cara menanam hidroponik dengan botol bekas. Vegetasi tropis membuat tanaman taman botol ideal karena mereka berperforma baik dalam kondisi lembab. Tanaman yang cocok meliputi:

  • Club moss: herbal hijau dengan kelompok berbentuk kerucut daun kecil.
  • Crotons: hadir dalam berbagai bentuk daun dan warna (kuning, oranye, merah, hitam).
  • Tanaman hias daun : penutup tanah yang tumbuh rendah yang daunnya cenderung melipat pada malam hari.
  • Tentu saja anda bisa menanam apa saja. Karena tidak ada pengecualian tanaman yang bisa ditanam di dalam botol tersebut asalkan media tanam cocok dan penyiraman pas dengan jenis tanaman yang dipilih. Juga perhatikan lubang drainase di bawah botol, jangan sampai air menggenang di dalam botol tersebut.

    Langkah 5: Biarkan Bibit Mulai Tumbuh

    Setelah Anda menambahkan air, gantung kembali dan letakkan di area yang mendapat sinar matahari. Karena tanaman membutuhkan udara dan kelembapan, hati-hati letakkan lubang di tutupnya dengan lubang pons atau alat tajam lainnya. Kebun botol hanya perlu disiram ketika tanah atau media tanam tidak lagi lembab.

    Nah demikianlah cara membuat tanaman gantung dari botol plastik yang mudah dan bisa dipraktekkan oleh siapa saja. Ini akan menjadi salah satu jenis penanaman tanaman yang sangat unik dna menyenangkan seperti cara menanam bawang putih di botol.

    Artikel Cara Membuat Tanaman Gantung dari Botol Plastik merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook