+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – Cara Menanam Elodea Densa dan Perawatannya yang Mudah Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Cara Menanam Elodea Densa dan Perawatannya yang Mudah

Elodea densa merupakan tanaman aquarium atau yang populer disebut aquascape. Tanaman ini ditemukan di Amerika Selatan dan Tengah dan berkembang ke seluruh dunia pada tahun 1915. Selain memiliki fungsi estetika, Elodea densa juga mampu mengoksidasi air serta menyerap kelebihan nutrisi di dalamnya.

Elodea densa sangat mudah ditanam dan mampu tumbuh di kedalaman air hingga 4 meter. Sifat hidupnya berkoloni sehingga jika sudah menyebar maka akan terlihat dengan mudah seperti hamparan karpet. Untuk menemukan tanaman ini pun tidaklah sulit, Anda dapat membelinya di toko-toko tanaman atau di tempat yang menjual peralatan aquarium.

Batang dari tanaman ini berbentuk silinder dan biasa membentuk cabang. Batang inilah yang akan tumbuh memanjang hingga mencapai permukaan air dengan bunganya yang mengambang atau muncul di atas permukaan air. Daunnya tersusun sepanjang batang membentuk lingkaran yang mengelilingi batang, sementara itu akar dari Elodea densa bisa tumbuh bebas dari kedua ujung tangkai batangnya.

Cara Menanam Elodea Densa

Teknik menanam serta perbanyakan Elodea densa dapat dilakukan melalui stek batang atau dengan memotong bagian batang atasnya. Untuk lebih detailnya, silahkan disimak langkah demi langkah cara menanam Elodea densa yang tentu saja berbeda dengan cara menanam hairgrass untuk aquascape.

1. Potong bagian batang Elodea densa lalu tancapkan pada substrate di aquarium Anda. Biarkan tanaman tumbuh dengan alami dan menghasilkan bunga yang akan menghiasi aquarium atau kolam Anda. Sebetulnya semua bagian batang dari Elodea densa dapat ditanam, namun agar tanaman terssebut dapat tumbuh dengan proporsi yang bagus, maka usahakan memotong batang pada bagian tengahnya.

2. Cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk menanam Elodea densa adalah dengan membeli bibit tanaman ini yang sudah dilengkapi dengan akar, lalu tancapkan pada substrate di aquarium.

3. Karena sifatnya yang gampang tumbuh dan berkembang biak, maka untuk mendapatkan tampilan terbaik dari Elodea densa, kita harus rajin-rajin memotong batangnya atau membentuk sesuai dengan keinginan kita.

4. Letakkan beberapa Elodea densa di aquarium, karena jika tidak diperhatikan dengan baik, maka Elodea densa akan bertumbuh liar serta menutupi permukaan aquarium Anda.

5. Demikian pula dengan tata letakknya, sebaiknyaElodea densa ditanam pada tepi atau belakang sisi aqyarium agar tidak menutupi elemen dekoratif yang lain.

Eelodea densa menyukai perairan yang hangat dan mampu tumbuh di dalam perairan yang bersuhu tinggi – meskipun dalam jangka waktu yang pendek dan proses pertumbuhannya lebih lambat. Namun bukan berarti Elodea densa tidak dapat tumbuh di daerah dengan iklim subtropikal. Faktanya, tanaman ini mampu tumbuh dengan baik di daerah beriklim dingin, bahkan dalam lingkungan yang membeku sekalipun. 

Karakteristik Pertumbuhan Elodea densa

  • Elodea densa sangat pandai beradaptasi pada lingkungan barunya. Tanaman ini mampu tumbuh di area dengan intensitas cahaya tinggi maupun rendah.
  • Saat tumbuh pada daerah berintensitas cahaya tinggi, maka batang Elodea densa akan berwarna hijau gelap dan bertumbuh dengan amat cepat dalam tempo yang singkat. Daunnya akan lebat karena ruas batang yang muncul tersusun pendek-pendek.
  • Saat tumbuh di daerah berintensitas cahaya rendah, daun serta batang akan terlihat lebih longgar, batangnya tipis, serta warna tubuhnya hanya hijau kusam.
  • Di aquarium tanaman akan menempel ada substratnya, namun tetap mempunyai kecenderungan mengapung menggapai permukaan aquarium untuk kemudian merentangkan batangnya menyerupai karpet yang bisa menjadi penghalang masuknya cahaya.
  • Kondisi yang demikian mengakibatkan Elodea densa memiliki akar adventif pada ruas-ruasnya yang tumbuh menyerupai jangkar. Anda dapat memotong akar-akar ini tanpa khawatir akan mempengaruhi pertumbuhan tanamannya.
  • Tanaman Elodea densa sangat dianjurkan bagi orang yang mulai belajar tentang aquascape. Demikian juga jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang aquascape, Anda bisa membaca cara mengatasi hama Aquascape.

    Elodea densa tidak hanya berfungsi sebagai oxygenerator, namun dapat pula menghasilkna enzim anti bakteri yang mampu menghambat pertumbuhan blue green algae / cyanobacteria.

    Sebagai tambahan, kami akan memberikan panduan serta tips agar aquarium Anda tetap terlihat jernih dan indah.

    Tips agar Aquascape Tetap Indah

    Aquascape yang indah adalah hasil dari perpaduan antara seni menata tanaman serta beberapa hardscape lainnya seperti kayu atau ornamen dekoratif yang lain. Tentu keindahannya akan terganggu jika pada permukaan aquarium Anda muncul kotoran ikan serta lumut yang menempel pada kaca.

    Untuk mengatasi masalah tersebut, lakukanlah langkah berikut ini.

  • Lakukan penambahan air yang telah menguap
  • Penguapan di dalam aquascape bisa terjadi karena suhu serta penggunaan peralatan seperti lampu aquascape dan kipas untuk mendinginkan Aquarium. Air yang hilang ini akan menyebabkan beberapa unsur seperti garam, kalsium, dan polutan semisal kotoran ikan menjadi lebih pekat. Oleh sebab itu, penambahan air yang telah menguap patut dilakukan. 

  • Gantilah air secara rutin dan bersihkan kaca
  • Penggantian air ini dilakuakn seminggu sekali sebanyak 20 – 30 % dari volume air dan pada tipa bulannya penggantian air ditingakatkan menjadi 50 – 60% dari volumenya. Jika Anda menggunakan air PDAM, maka sebaiknya air diendapkan terlebih dahulu selama semalam sebelum digunakan. Tujuannya agar bahan kimia dalam air tersebut tidak mencemari aquarium beserta penghuninya.

    Jangan lupa pula untuk membersihkan kaca dan gravel saat proses penggantian air berlangsung. Anda dapat pula mengandalkan bantuan ikan pembersih kaca atau keong tanduk untuk menjaga kaca aquarium dari lumut-lumut yang mengganggu.

  • Berikan pupuk
  • Penggunaan pupuk sangat dibutuhkan agar tanaman di dalam aquarium dapat bertumbuh subur. Untuk aquascape sendiri, ada pupuk khusus yang diberikan, biasanya kami menggunakan pupuk cair agar tidak terlalu mengotori air di dalam aquarium. Aneka pupuk cair ini bisa Anda buat dengan berbagai bahan semisal pisang, cara membuatnya bisa Anda lihat di cara membuat pupuk cair dari kulit pisang dan cara membuat pupuk cair aquascape dari ampas kopi.

  • Gunakan sistem filter
  • Filter sangat berperan penting dalam dunia aquarium. Fungsinya adalah membantu menjaga kualitas air baik secara biologis, kimiawi, maupun mekanis. Karena fungsinya tersebut, maka filter juga harus rajin-rajin dibersihkan agar tidak cepat rusak.

    Itulah cara menanam Elodea densa yang bisa Anda praktekkan dengan mudah, semoga informasi dari kami ini dapat membantu Anda dalam menghias kolam serta aquarium menggunakan tanaman cantik ini. Jika Anda berminat untuk menjalani budidaya ikan hias, maka Anda dapat mempelajarinya di cara budidaya ikan cupang di aquarium.

    Artikel Cara Menanam Elodea Densa dan Perawatannya yang Mudah merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook