+6285321881879 admin@mekarmulya.desa.id

Mekarmulya.desa.id – Cara Merawat Bunga Hand Bouquet Agar Tidak Layu Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Cara Merawat Bunga Hand Bouquet Agar Tidak Layu

Ketika sedang musim perpisahan sekolah dan universitas biasanya, hand bouquet menjadi pemberian yang wajib anda berikan kepada mereka yang lulus karena dijadikan sebagai ucapan selamat. Beberapa orang baik penjual, pembeli dan orang yang menerima hand bouquet biasanya menyimpan bunga hand bouquet.

Sayangnya, bunga hand bouquet sendiri tidak tahan apabila disimpan dalam waktu yang cukup lama. Supaya bunga hand bouquet anda awet, ada beberapa hal yang bisa disiasati bagi anda sekalian yang mencoba cara merawat bunga hand bouquet supaya tahan lama disimpan.

1. Suhu Yang Sesuai Dengan Jenis Bunga

Macam bunga hand bouquet sangat beragam dan pengaturan suhu dalam merawat bunga hand bouquet sangat penting. Beberapa jenis bunga hand bouquet ada yang bisa disimpan dalam kondisi ruangan yang teduh, dingin dan terkena sinar matahari.

Bunga yang tahan dengan kondisi suhu yang panas adalah bunga lili paris, bunga kertas, bunga kembang sepatu dan bunga tulip. Suhu yang dingin bisa membuat beberapa jenis bunga tahan seperti bunga daisy dan bunga tulip. Sama halnya bunga bouquet, cara menanam bunga daisy, bunga lili paris, bunga kertas, dan bunga kembang sepatu dipengaruhi dengan suhu lingkungannya.

2. Sinar Matahari

Sinar matahari sangat mempengaruhi kondisi bunga hand bouquet anda. Sebaiknya anda menyimpan bunga hand bouquet anda dalam ruangan teduh yang tidak terlalu banyak terkena sinar matahari. Bagi anda yang mempunyai bunga hand bouquet untuk dijual kembali anda bisa menyimpan bunga hand bouquet anda pada seember air secukupnya dan mencari tempat berdagang yang teduh sehingga anda bisa menjajakan bunga hand bouquet anda dalam keadaan segar.

3. Atur Kadar Air Pada Bunga Hand Bouquet

Atur kadar air bunga hand bouquet bisa menjadi cara ketiga anda untuk cara merawat bunga handbouquet anda. Cukup mudah sekali cara mengatur bunga hand bouquet agar tetap segar pertama dengan merendam bunga hand bouquet anda terlebih dahulu sebelum dijadikan hand bouquet. Namun perlu anda perhatikan kalau merendam bunga hand bouquet tidak boleh terlalu basah karena bunga anda akan lebih cepat layu.

4. Jenis Air Untuk Bunga Hand Bouquet

Penjual bunga hand bouquet biasanya tidak menggunakan air biasa untuk merawat bunga hand bouquetnya supaya tahan lama. Anda bisa membuat larutan air untuk bunga hand bouquet anda sendiri. Kali ini kami akan menjelaskan 2 resep untuk membuat larutan air untuk bunga hand bouquet anda. Pertama larutan bunga hand bouquet menggunakan cuka dan buah lemon. Berikut ini resep yang bisa anda ikuti.

Lautan Air Cuka

Alat dan Bahan

  • Cuka
  • Gula pasir
  • Sendok
  • Air biasa
  • Vas bunga
  • Cara membuat larutan air cuka

  • Siapkan alat dan bahan untuk membuat larutan air cuka
  • Masukkan air biasa ke dalam vas bunga anda
  • Tambahkan gula pasir dan cuka dengan perbandingan 2:3 dalam air dan aduk hingga rata 
  • Larutan Buah Lemon

    Alat dan Bahan

  • Buah Lemon 1 buah
  • Air secukupnya
  • Pisau
  • Vas bunga
  • Cara membuat larutan air buah lemon

  • Pertama siapkan alat dan bahan untuk membuat larutan air buah lemon
  • Potong buah lemon menjadi beberapa bagian
  • Masukkan air biasa ke dalam vas bunga dan potongan buah lemon
  • Kemudian masukkan bunga hand bouquet anda ke dalam vas bunga yang berisi air dengan potongan buah lemon
  • 5. Lihat Perubahan Pada Bunga Hand Bouquet

    Paling mudah anda lakukan untuk merawat bunga hand bouquet dengan memperhatikan kondisi bunga hand bouquet anda. bagian yang perlu anda perhatikan pada bunga hand bouquet anda adalah kelopak, batang dan daun bunga hand bouquet.

    Kelopak bunga hand bouquet bisa anda amati dengan cara bunga tersebut memiliki bagian kelopak bunga bagian bawah yang keras dan tidak lembab dan warna kelopak bunga cerah. Batang bunga hand bouquet memiliki batang dengan kondisi yang bersih, warna cerah dan kuat. Daun bunga hand bouquet yang bagus adalah daun yang tidak layu.

    Apabila anda mengalami kondisi bunga hand bouquet yang tidak sesuai dengan kondisi yang kami sebutkan sebelumnya, sebaiknya anda memotong bagian yang tidak segar dan melakukan beberapa treatment yang sesuai dengan keadaan bunga anda. Hanya dengan memperhatikan kondisi bunga hand bouquet, menjadi tips agar bunga buket tetap segar mudah dilakukan bukan ?.

    6. Packing Bunga Hand Bouquet

    Cara merawat bunga hand bouquet bisa anda perhatikan lewat packing bunga hand bouquet itu sendiri. Bunga hand bouquet biasanya dipacking dengan cara melilitkan kain atau kapas basah pada bagian ujung tangkai dengan air. Lalu ditutup dengan aluminium foil supaya air tidak tumpah ketika dibawa selama perjalanan. 

    7. Hindari Bunga Hand Bouquet Dari Serangga

    Setiap tanaman tentunya memiliki hama yang suka menyerangnya tersendiri. Hal ini tidak terkecuali dengan bunga yang sudah menjadi hand bouquet. Serangga serangga yang biasa anda temukan pada bunga hand bouquet adalah semut, ulat, laba laba, kutu putih dan kutu daun. Banyaknya jenis serangga yang biasa pada bunga hand bouquet ini tentunya tergantung dari jenis bunga itu sendiri karena tidak semua hama serangga menyerang jenis bunga yang sama.

    Upaya pencegahan yang bisa anda lakukan dengan menggunakan pembasmi hama buatan dan alami. Jenis pembasmi hama buatan dan alami contohnya larutan buah lemon dan larutan cuka untuk pembasmi hama alami. Sedangkan untuk jenis pembasmi hama buatan anda bisa membuat larutan insektisida sesuai dengan takaran yang tertera pada produk.

    8. Tanam Kembali

    Cara merawat bunga hand bouquet bisa anda lakukan dengan menanamnya kembali. Teknik ini terbilang mudah, apalagi anda yang sangat suka dengan jenis bunga buoquet yang diberikan dan tidak ingin membuangnya bisa mencoba cara ini. Bunga bouquet bisa anda tanam dengan cara stek bunga mawar pada bagian batang. Pertama anda bisa memotong bagian ujung batang dan kelopak bunga sehingga menghasilkan ujung yang miring menggunakan gunting stek.

    Lalu lumuri ujung batang menggunakan hormon zat pertumbuhan tanaman. Jika anda menanam bunga hand bouquet dalam jumlah yang banyak anda bisa merendamnya di air. Lalu bisa memberikan hormon zat pertumbuhan tanaman di akhirnya. Terakhir, anda bisa menanamnya di media tanam dengan perbandingan tanah dan pupuk alami 1:1.

    Penanaman kembali bunga hand bouquet yang anda lakukan ini bisa anda gunakan pada jenis bunga bouquet seperti mawar, lili, anggrek, matahari dan anyelir. Dari 8 cara merawat bunga hand bouquet ternyata tidak jauh berbeda bukan dengan cara merawat bunga mawar potong yang sudah layu. Selain anda bisa menyimpannya lebih lama, anda bisa menanamnya kembali jika anda menginginkannya.

    Setelah anda ketahui bersama cara merawat bunga hand bouquet, tidak salahnya jika anda mencoba menanaman bunga buquet jenis lainnya. Dengan demikian informasi yang bisa disampaikan dari ilmubudidaya kepada anda seputar bunga hand bouquet. Semoga dapat memberikan anda inspirasi. Salam budidaya.

    Artikel Cara Merawat Bunga Hand Bouquet Agar Tidak Layu merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

    Komentar Facebook